• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Merindu Pondok Pesantren Al Falah Krui Pesisir Barat, Tempat Teristimewa di Lampung

masnukho
TS
masnukho 
Merindu Pondok Pesantren Al Falah Krui Pesisir Barat, Tempat Teristimewa di Lampung
Merindu penjara suci, Pesantren Al Falah tempat menuntut ilmu agama yang telah lama tak ane sambangi


Lebaran idul fithri 1442 hijriah sudah di depan mata, kurang lebih sepekan lagi kita semua akan menemui hari kemenangan bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia.

Setelah satu bulan penuh kita semua berpuasa di ramadhan, tibalah waktu dimana hati kembali suci, terlepas atas segala dosa sebagaima bayi yang baru dilahirkan.
Tentu saja perasaan sedih dan bahagia bercampur baur di dalam hati, apa lagi lebaran tahun ini masih ada di masa pandemi covid-19 dan kita semua dilarang untuk mudik lebaran karena dikhawatirkan akan memaparkan virus ke kampung halaman.

Mau tidak mau dan suka tidak suka kita semua harus rela untuk #EnggaMudikDulutahun ini, demi keselamatan diri sendiri dan keluarga di kampung pastinya!

Membahas tentang mudik lebaran ke kampung halaman, pasti selalu ada saja hal-hal yang dirindukan.
Entah itu masakan ibu di rumah yang hanya ada di hari lebaran, saling silaturahmi antar sanak saudara, atau juga berkunjung ke tempat-tempat istimewa yang selalu membuat kangen saat kita lama tidak singgah untuk melihatnya.




Begitupun dengan ane GanSis, di masa pandemi yang menuntut semua orang untuk tidak mudik terlebih dahulu ane juga merindu ingin pulang ke kampung halaman tempat abah ane tinggal dulu.
Tempat di mana ane menuntut ilmu agama di Pesantren Al Falah Krui Pesisir Barat.
Di tempat ini ane belajar mengaji dari iqro' sampai Al-Qur'an, belajar dari Abah Kyai, ustaz, ustazah dan semua teman-teman yang setiap hari selalu berjuang untuk setor hapalan dan roan membersihkan lingkungan pondok sembari bermain dan bersenda gurau.

Tempat inilah yang paling ane rindukan saat tidak dapat mudik lebaran tahun ini.
Biasanya setiap lebaran ane selalu singgah ke Pesantren Al Falah Krui Pesisir Barat, Lampung.
Mengunjungi Abah dan Ibu Nyai, sowan dan silaturahmi di hari yang suci untuk meminta maaf jika selama ane dulu nyantridi sini sering salah, nakal dan suka melanggar larangan pondok!




Tidak luput saat singgah ke pondok pesantren ane selalu menengok ruang-ruang belajar mengaji, gotakantempat tidur para santri yang satu kamar diisi 7 orang, dan melihat-lihat masjid dan aula tempat yang paling sering dikunjungi entah itu untuk ibadah shalat wajib atau kegiatan harian pondok.

Tempat-tempat ini selalu terkenang, selalu dirindukan meski sejauh apapun ane telah pergi dan lama tidak kembali karena ada udzhur atau halangan yang tidak memperbolehkan untuk saat ini tidak sambang terlebih dahulu.

Mungkin tahun depan saat pandemi sudah benar-benar berakhir dan keadaan memang memungkinkan untuk sowan ke pondok Al Falah Krui, ane kembali dengan segunung kerinduan yang akan tumpah ruah saat sungkeman di rumah ndalem Abah yai.

Saat ini kita semua harus menahan kerinduan kita terlebih dahulu, demi keselamatan banyak orang dan demi diri kita sendiri pastinya GanSis.

Oke, itulah tadi GanSis salah satu tempat yang ane rindukan saat tidak dapat mudik pulang ke kampung halaman!

Mungkin Agan dan Sista ada yang mempunyai tempat teristimewa untuk dikunjungi?
Silakan bagikan kisahnya dengan ikut event #KaskuserBerbagiTHR.

Terima kasih untuk GanSis yang sudah mau menyimak cerita ane, sampai jumpa di thread yang lain



Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar: Dokumen pribadi
ElviHusnamuyasylutfigilang01
lutfigilang01 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
1.5K
15
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.