• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Inilah 2 Alasan Mengapa Truk Dan Bus Ban Belakangnya Double, Tak Seperti Mobil Biasa!

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Inilah 2 Alasan Mengapa Truk Dan Bus Ban Belakangnya Double, Tak Seperti Mobil Biasa!
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas alasan mengapa truk dan bus ban belakangnya double, tak seperti mobil biasa.




Jika melihat secara teliti sebuah truk atau bus, pasti Gansis akan menemukan bahwa truk dan bus dominan memiliki ban belakang double. Tak seperti mobil biasa yang semahal apapun tetap single.

Mungkin, hal tersebut menimbulkan rasa penasaran yang besar. Oleh karena ingin menjawab rasa penasaran Agan dan Sista tentang fakta tersebut, ane akan menjawabnya di thread ini.

1. Daya Angkut




Kalau ditanya faktor utama, pasti ane akan menjawab daya angkutnya. Sebab, daya angkut dari ban double pasti dua kali lipat lebih besar atau bahkan lebih dari dua kali lipat lebih besar ketimbang ban yang hanya single saja.

Alasannya tentu karena ban memiliki daya angkutnya masing-masing. Jika truk dengan ban single dipaksakan, mungkin dalam muatan kosong its okay lah. tapi kalo dalam muatan penuh bahkan overload, ban sangat berpotensi meledak oleh sebab muatan yang terlalu berat, dan itu sangat berbahaya serta sangat mengerikan apabila terjadi.




Tak hanya itu saja. Coba bandingkan dengan menusukkan ujung tusuk sate dengan ujung sendok yang tumpul di sebuah ayam. Tentunya, lebih gampang menusukkan tusuk sate kan? Nah, ibarat truk, jika hanya memiliki 4 roda dengan ukuran sama, dengan G.V.W yang mencapai 15 ton, tentu jalanan akan sangat berpotensi rusak berat karena titik kontak ke aspal sempit, ibarat menusukkan tusuk sate seperti contoh diatas. Dengan menggunakan ban belakang double, resiko jalanan rusak akan bisa diminimalisir dan pihak negara akan mengirit trilyunan tiap tahunnyaemoticon-Big Grin.

2. Safety & Durability






Gansis pernah melihat ban mobil yang pecah saat berjalan? Sudah hampir dipastikan mobil tersebut akan oleng. Apalagi, bila berjalan dengan kecepatan tinggi, ban pecah tersebut akan sangat berbahaya.

Dengan ban double, resiko oleng dan kecelakaan akan bisa diminimalisir. Terlebih, apabila membawa muatan berat. Tentu, ketika ban pecah, masih ada ban tambahan yang menopang.




Ban double juga memiliki durabilitas yang lebih tinggi. Sebab, ketika ban bocor, masih ada ban yang bisa menopang jadi masih mudah untuk pergi ke bengkel. Di jalanan rusak juga ban double lebih durable dan tangguh dibanding ban single, karena lebih lebar (CMIIW).

Itu dia nih alasan mengapa ban truk dan bus memakai ban double, tak sembarangan ya Gansis, dan tentu sangat berbeda dibanding ban mobil biasa. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 12
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bermaksud untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

indrag057
nderek.langkung
pulaukapok
pulaukapok dan 24 lainnya memberi reputasi
25
8.7K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread14.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.