powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
Ternyata Kode Buah di Supermarket Ada Artinya Loh Gan


Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Jika kita pergi berbelanja ke supermarket atau minimarket yang menyediakan buah impor, kita akan menjumpai kode - kode yang biasanya berupa deretan angka ditempelkan pada buah menggunakan kertas stiker. Meski mayoritas pengunjung atau pembeli tidak tahu arti dari kode - kode tersebut dan cenderung tidak mempedulikannya, sebenarnya kode - kode pada buah tersebut mengandung arti dan kegunaan yang penting untuk diketahui pembeli.

Mungkin ada yang menganggap deretan angka tersebut adalah kode produksi layaknya produk buatan pabrik. Atau ada juga yang mengira kode - kode tersebut adalah kode untuk menandai buah tersebut berasal dari negara tertentu. Namun ternyata anggapan tersebut tidak tepat. Kode angka yang ada pada buah tersebut sebenarnya adalah kode PLU (Price Look Up)yang fungsinya untuk menyimpan data penting mengenai buah. Bukan hanya sekedar deret kode yang tak memiliki arti.

Nah, sebenarnya apa saja sih arti dari kode - kode yang ada pada buah impor? Yuk mari cekidot disimak.



1. 5 Digit Dan Diawali Dengan Angka 9

IDN Times

Bila kita menemukan buah impor dengan stiker berkode 5 digit angka yang angka depannya diawali dengan angka 9, itu artinya buah tersebut dikembangkan dengan sistem organik dan tanpa rekayasa genetik. Karena seperti yang kita tahu, saat ini banyak buah yang cara penanamannya sudah menggunakan teknologi rekayasa genetik agar hasil buahnya lebih cepat dan bagus. Nah, buah dengan kode 5 digit angka dan diawali dengan angka 9 termasuk buah yang masih alami tanpa rekayasa genetik.



2. 5 Digit Dan Diawali Dengan Angka 8

Nyata

Jika buah dengan kode 5 angka dan diawali dengan angka 9 merupakan buah organik dan tanpa rekayasa genetik, hal sebaliknya untuk buah yang memiliki kode 5 digit angka dan diawali dengan angka 8. Buah dengan kode ini merupakan buah hasil dari rekayasa genetika. Sebagai contoh pisang berkode 84011 adalah pisang yang telah mengalami persilangan pada saat proses pembuahannya. Selain pisang; pepaya, tomat dan melon adalah beberapa jenis buah yang seringkali mengalami rekayasa genetika pada saat proses pembuahannya.



3. 4 Digit Dan Diawali Dengan Angka 3 Atau 4

kabarnesia

Buah impor dengan kode yang terdiri dari 4 digit angka merupakan buah yang ditanam dengan menggunakan teknik agronomik, yaitu teknik menanam menggunakan pupuk dan pestisida. Waduh, bahaya dong? Tentu tidak, secara penggunaan pestisidanya hanya dalam jumlah kecil. Yang penting buat kita perhatikan sih, kalau mengkonsumsi buah dengan kode ini, pastikan kita sudah mencuci dengan bersih sebelum dikonsumsi, supaya kandungan pestisida yang menempel pada kulit buah menjadi hilang dan saat kita konsumsi kita tidak terkena residu dari pestisidanya.



4. Kalau Tanpa Kode?

IDNTimes

Secara aturan sih, semua buah impor diwajibkan untuk ditempel dengan label PLU seperti yang ane jelaskan diatas. Namun kenyataannya dilapangan, ada aja buah impor yang tidak ada tempelan stiker penandanya. Lalu gimana sih kalau kita menemukan buah impor tanpa kode? Apakah aman buat dikonsumsi? Karena tidak ada penanda yang memberikan informasi tentang bagaimana buah itu dikembangkan, sebaiknya buah impor tanpa kode dihindari.



Nah, dari semua jenis buah yang ada diatas, buah dengan kode manakah yang paling baik buat kita konsumsi? Buah dengan kode 5 digit dan diawali dengan angka 9 adalah jenis buah paling baik untuk kita makan. Kenapa? Karena ditanam secara organik tanpa menggunakan pestisida sehingga buah dengan kode ini paling aman untuk dikonsumsi. Meski, bisa saja buah dengan kode ini secara tampilan fisik memang kurang menarik jika dibanding dengan buah yang ditanam menggunakan pestisida.



Nah, berbicara soal buah impor, selain buah segar yang kita temui di supermarket, ada juga loh buah impor asal Korea Selatan yang rasanya segar. Tapi buah ini cukup unik karena kesegaran buahnya bisa kita temukan dalam rokok Esse Punch Pop. Esse Punch Pop ini merupakan rokok rasa mangga pertama di dunia untuk kategori kretek. Bukan hanya segar, rokok satu ini punya kandungan fitur Mango Capsule yang dapat menciptakan aroma harum saat rokok dinyalakan. Produk ini sekarang sudah bisa kita temukan di supermarket maupun minimarket area Jabodetabek dan warung-warung di beberapa kota di Indonesia.

Sekarang jadi tau kan, kalau ternyata stiker angka yang menempel pada buah yang dijual di supermarket ada fungsinya. Bukan cuma sekedar stiker yang kadang kita abaikan dan dianggap "mengganggu" saat akan makan. Nah, setelah sekarang tau, Gansis mau pilih buah dengan kode yang mana nih buat menemani buka puasa nanti? Yuk boleh dishare jawabannya dikolom komentar ya..





Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini




Spoiler for :


herihartawan88
zanelukman03
PutraHadikusumo
PutraHadikusumo dan 13 lainnya memberi reputasi
14
3.4K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.