Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
65
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608aa3db4182c4364d0341fa/benarkah-teori-bumi-datar-berasal-dari-abad-pertengahan
Ada sebuah mitos populer yang menyebutkan kalau pelayaran Christopher Columbus pada tahun 1492 bertujuan untuk membuktikan kalau Bumi itu bulat. Bagaimanapun, mitos ini berkaitan dengan miskonsepsi sejarah lainnya tentang orang-orang Abad Pertengahan yang dianggap “kurang berpendidikan” daripada orang-orang yang hidup pada masa Renaisans.
Lapor Hansip
29-04-2021 19:17

Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?

Past Hot Thread
Ada sebuah mitos populer yang menyebutkan kalau pelayaran Christopher Columbus pada tahun 1492 bertujuan untuk membuktikan kalau Bumi itu bulat. Bagaimanapun, mitos ini berkaitan dengan miskonsepsi sejarah lainnya tentang orang-orang Abad Pertengahan yang dianggap “kurang berpendidikan” daripada orang-orang yang hidup pada masa Renaisans.

Pada kenyataannya, orang Yunani, Romawi, dan Eropa Abad Pertengahan yang terpelajar tahu kalau Bumi itu bulat. Penulis Kristen Abad Pertengahan menjelaskan kalau Bumi itu seperti bola. Bahkan, para pelaut yang buta huruf pun tidak percaya kalau Bumi itu datar karena alasan yang sederhana. Lantas, dari mana asalnya mitos tersebut?

Artikel ini akan membahas salah satu miskonsepsi terkenal ini. Berikut penjelasannya.

1. Pertama-tama, Columbus tidak membuktikan kalau Bumi itu bulat

Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
cocoweb.com

Selama berabad-abad, para ilmuwan dan ahli matematika sudah tahu kalau bentuk Bumi itu bulat. Mereka melakukan eksperimen berdasarkan panjang bayangan, naik turunnya matahari, dan titik hilang kapal. Pada 1492, atau selama puncak Renaisans, orang-orang terpelajar sangat yakin kalau Bumi itu bulat.

Jadi, Christopher Columbus tidak pernah berusaha untuk menyangkal teori Bumi datar. Faktanya, seperti dijelaskan oleh History, Columbus lebih tertarik pada harta yang ada di Dunia Baru alih-alih membuat sebuah “penelitian ilmiah” sepanjang perjalanannya.

Pada 1492, tahun yang sama ketika Columbus sampai ke Amerika Tengah, seorang ahli geografi Jerman bernama Martin Behaim menciptakan sebuah globe yang menggambarkan bentuk Bumi. Disebut Erdapfel atau “Apel Bumi,” globe buatan Behaim telah menampilkan benua Eropa, Asia, dan Afrika yang dikelilingi lautan.

Bahkan secara historis, Behaim bukanlah orang pertama yang membuat globe. Globe atau bola dunia pertama diketahui berasal dari abad ke-2 SM, yang dibuat oleh seorang filsuf Yunani bernama Crates of Mallus.

2. Ptolemy menulis “Geographia” berdasarkan bentuk Bumi yang bulat

Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
researchgate.net

Pada abad ke-2 M, Ptolemy menulis Geographia, sebuah karya ilmiah yang dibuat atas ilmu pengetahuan Yunani yang menyebutkan kalau Bumi itu bulat. Satu-satunya masalah besar yang harus ditangani Ptolemeus adalah cara untuk menggambarkan bentuk Bumi yang bulat di atas kertas yang datar.

Ptolemy pun mempopulerkan penggunaan lintang dan bujur sebagai metode untuk mematok beberapa titik di permukaan Bumi yang bulat. Pada masa itu, dia telah menggunakan sistem proyeksi berbasis matematika untuk membuat peta dunia. Karya Ptolemy tetap populer selama berabad-abad hingga Zaman Penjelajahan.

3. Setiap pemikir penting di Abad Pertengahan menyatakan kalau Bumi itu bulat

Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
adoremus.org

Orang Yunani yang hidup selama abad ke-6 SM tahu kalau Bumi itu bulat. Filsuf seperti Pythagoras, Aristoteles, dan Euclid juga menulis kalau Bumi itu bulat. Beberapa sarjana Abad Pertengahan bahkan menulis kalau Bumi adalah sebuah bola. Klaim ini tertulis jelas pada buku Johannes de Sacrobosco yang berjudul De Sphaera Mundi atau “Bola Dunia.”

Tak hanya para astronom di akhir Abad Pertengahan, para penulis Kristen awal juga menggambarkan Bumi layaknya sebuah bola. Dalam tulisannya, St. Venerable Bede menyatakan kalau bentuk Bumi adalah bulat dan klaim itu dibenarkan oleh kitab suci.

Namun, bentuk Bumi tidak menjadi perhatian utama dari banyak penulis Kristen awal. St. Augustine misalnya, yang menganggap kalau perdebatan tentang bentuk Bumi bukanlah sebuah perbincangan yang kritis. Bagi Augustine, tidak ada untungnya membicarakan topik semacam itu, terutama bagi mereka yang fokus mencari kebahagiaan.

4. Eratosthenes sudah menghitung keliling Bumi pada abad ke-3 SM


Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
armeehistoire.fr

Fakta yang mengejutkan adalah bahwa orang Eropa sudah mengetahui kalau Bumi itu bulat sejak ribuan tahun yang lalu. Mengutip dari National Geographic, pada tahun 240 SM seorang ilmuwan Yunani bernama Eratosthenes dari Kirene mengukur keliling Bumi menggunakan sudut bayangan pada jam matahari di kota Alexandria, Mesir.

Berdasarkan pengukurannya, Eratosthenes memperkirakan kalau Bumi memiliki keliling sekitar 28.968 mil. Perhitungan Eratosthenes sangat dekat dengan jarak sebenarnya yang diukur di zaman modern, yaitu 24.902 mil atau 40.075 km.

5. Sebuah peta dari Abad ke-15 menunjukkan bentuk Bumi yang bulat

Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
atlasobscura.com

Sejarawan Jeffrey Burton Russell membahas mitos Bumi datar di Abad Pertengahan dalam bukunya yang terbit di tahun 1997. Dalam karyanya, Russell mencatat, “Dengan sedikit pengecualian yang luar biasa, tidak ada orang terpelajar dalam sejarah Peradaban Barat, dari abad ke-3 SM dan seterusnya, yang percaya kalau Bumi itu datar.”

Setelah para pemikir Yunani kuno menetapkan bentuk Bumi yang bulat, pengetahuan itu menyebar dan diterima oleh semua orang Yunani dan Romawi yang terpelajar. Pengetahuan itu terus bertahan sepanjang Abad Pertengahan.

Pada tahun 1450-an, seorang biarawan Venesia bernama Fra Mauro membuat peta dunia yang memadukan pengetahuan Ptolemeus dan laporan perjalanan dari para pedagang. Peta Fra Mauro menggambarkan Bumi sebagai bola. Dia bahkan menunjukkan posisi Bumi di alam semesta yang, menurutnya, berbentuk bulat juga.

6. Karya-karya astronom Muslim pada Abad Pertengahan dibangun di atas “Geographia”

Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
themaydan.com

Selama Zaman Keemasan Islam, para filsuf Muslim mulai menghidupkan kembali ilmu pengetahuan Yunani kuno yang “ditinggalkan” oleh orang-orang Eropa. Sejak abad ke-8, para astronom Muslim sudah mengamati bintang-bintang dan membuat perhitungan dari observatorium Baghdad.

Menurut majalah Astronomy, para astronom Muslim memakai karya Ptolemeus, Geographia, untuk menghitung presesi Bumi. Jelas sekali kalau mereka sudah tahu kalau bentuk Bumi itu bulat berdasarkan pengamatan mereka pada saat itu.

7. Bahkan, para pelaut yang buta huruf tahu kalau Bumi itu bulat

Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
about-history.com

Semua orang Eropa Abad Pertengahan yang terpelajar tahu kalau Bumi itu bulat. Namun, bagaimana dengan orang yang tidak mengenyam pendidikan? Nyatanya, para pedagang dan pelaut yang buta huruf juga mengetahui bentuk Bumi yang bulat.

Pada saat itu, para pelaut selalu melihat kapal yang mendekat dari menara pengintai. Saat kapal akan berlayar ke laut lepas, lambung kapal akan tenggelam lebih dulu. Mungkin orang pertama yang mengetahui bentuk Bumi adalah para pelaut kuno, yang melihat kalau Bumi itu bulat jauh sebelum para filsuf Yunani kuno membuat teori mereka.

8. Pencipta mitos Bumi datar adalah orang yang menciptakan kisah “Penunggang Kuda Tanpa Kepala”

Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
thoughtco.com

Washington Irving, yang terkenal lewat karyanya The Legend of Sleepy Hollow, menyebutkan bahwa Columbus telah membuktikan kalau Bumi itu tidak datar. Pada tahun 1828, Irving menerbitkan sebuah buku berjudul The Life and Voyages of Christopher Columbus.

Dalam buku itu, Irving menggambarkan Columbus sebagai sosok heroik yang percaya kalau bentuk Bumi itu bulat. Dalam ceritanya, Irving membuat seorang ahli geografi Katolik berseru, “Adakah orang yang begitu bodoh, sampai percaya [pada] orang yang berjalan dengan tumit ke atas, dan kepala menunduk?”

Faktanya, setiap ahli geografi di abad ke-15 tahu kalau Bumi itu bulat. Sayangnya, klaim fiksi buatan Irving terus bertahan dan dipercaya sampai saat ini.

9. Antoine-Jean Letronne menyebut teori Bumi datar berasal dari Abad Pertengahan untuk mendiskreditkan Gereja Katolik

Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
churchlifejournal.nd.edu

Pada abad ke-19, Antoine-Jean Letronne menghembuskan desas-desus kalau orang Eropa Abad Pertengahan mengira kalau bentuk Bumi itu datar. Sebagai akademisi Prancis, Letronne adalah seorang anti-clericalis yang selalu menyerang Gereja Katolik dalam tulisan-tulisannya.

Dalam On the Cosmological Opinions of the Church Fathers, sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 1834, Letronne menyatakan kalau orang-orang Abad Pertengahan percaya pada teori Bumi datar karena penindasan Gereja Katolik terhadap sains. Klaim ini pun semakin memperkuat miskonsepsi tentang Abad Pertengahan sebagai “Zaman Kegelapan.”

Setelah membaca artikel di atas, semakin jelas kan kalau teori Bumi datar itu tidak berasal dari Abad Pertengahan. Faktanya, teori yang sering diperdebatkan pada Abad Pertengahan adalah heliosentrisme, mengingat orang-orang Eropa pada saat itu percaya dengan geosentrisme yang menempatkan Bumi sebagai pusat dari alam semesta.

sumber : yukcaritau.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bedypop dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
02-05-2021 18:46
Emang cuman tahu doang ye yang bulet mah emoticon-Hammer2
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
02-05-2021 18:48
Kalo saya sih percaya bumi itu bulat #timbumibulat
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
02-05-2021 18:48
bumi entu bulat gansiss. bumi kalau datar kayak mana dong .. kagak ada ujungnya dong ya . hehehe, duhduh, kalau ane mah percaaya kalau bumi itu bulat....`
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
02-05-2021 19:35
Para ahli cuman bisa memperkirakan

Cuman gue yang tau apakah yang bulat itu...





































TAHU

0 0
0
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
02-05-2021 19:39
TT aja bulat, 😁😁😁
0 0
0
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
02-05-2021 20:01
Nomer 7 mempertegas nomer 1 wkwkwk. Tapi semenjak spanyol melewati pilar helkules mungkin menjadi breaktrought
0 0
0
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
02-05-2021 20:10
Matahari bulat, bulan bulat, planet2 lain juga bulat. Gak masuk akal kalo bumi tiba2 berbentuk dataremoticon-Leh Uga
0 0
0
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
02-05-2021 20:25
Apakah ini bisa dibilang teori konspirasi
0 0
0
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
02-05-2021 20:26
Ternyata gitu ya
0 0
0
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
02-05-2021 21:49
gw bingung sampe skrg, masih ada percaya klo bumi itu datar.. emoticon-Cape d...
0 0
0
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
02-05-2021 22:11
terlalu susah bagi ane untuk percaya bahwa bumi kita ini datar emoticon-linux2
0 0
0
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
02-05-2021 22:26
Sudah sejak dulu dibuktikannya 😌
0 0
0
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
02-05-2021 22:31
Penganut nya agama apa gan? emoticon-Ngakak
0 0
0
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
03-05-2021 00:44
Canggih juga org jaman dulu udah bisa bikin teori bumi bulat, bahkan mengkuru keliling bumi. Tapi ada juga yg berusaha memunculkan teori bumi datat
0 0
0
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
03-05-2021 01:31
no comment

saya penganut bumi lonjong
emoticon-Cool
0 0
0
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
03-05-2021 02:53
jadi sebenernye datar apa rata
0 0
0
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
03-05-2021 03:37
bumi itu datar
ditopang ama 4 gajah gedhe yang berdiri diatas penyu ruang angkasa emoticon-Leh Uga
0 0
0
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
03-05-2021 04:26
Jangan sembatangan, Teori bumi datar udah dari jaman purba gaes
Yg nyetusin homo darlingus prengus nenek moyang si darling, mangkanya otak keturunan darlingus prengus otak jaman purba

emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
03-05-2021 06:10
Ane baru kenal teori bumi datar waktu boomingnya tahun 2016
gara2 video boss darling.
semenjak itu sering banget ane pantau teori2 bumi lempeng, yg ane heran kok banyak juga ya yg kena doktrin di era informasi yg luas ini?

emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Benarkah Teori Bumi Datar Berasal dari Abad Pertengahan?
03-05-2021 07:18
Alaaah... Kalian gk tau aja... Bumi itu bentuk nya kubus
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia