• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 6 Kapal Selam Termahal (Termasuk Nanggala 402) yang Harganya Bikin Pening Kepala

iskrim
TS
iskrim
6 Kapal Selam Termahal (Termasuk Nanggala 402) yang Harganya Bikin Pening Kepala


[ HT# 730 ]

Sebelumnya saya turut berduka cita sedalam-dalamnya atas musibah tenggelamnya salah satu kapal selam kebanggaan Indonesia milik TNI AL, KRI Nanggala 402 di sekitar perairan Selat Bali dimana menurut media ada 53 orang prajurit yang ikut gugur di dalamnya dan belum ditemukan jasadnya.

Nanggala 402 menjadi kapal selam pertama (semoga juga yang terakhir) atas peristiwa ini dalam sejarah kelautan Indonesia. Sesungguhnya pun kapal selam Nanggala 402 memiliki kelebihan dan ketangguhan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Tapi sayangnya takdir berkata lain.

Tentu saja dari keuntungan yang dimiliki oleh kapal selam Nanggala 402 harganya pun kalau kita hitung sendiri bakalan bikin pusing karena harganya mencapai triliunan per unitnya.


Kapal selam Nanggala 402 tentu tidaklah sendiri, ada banyak lagi kapal-kapal selam lain yang memiliki kecanggihan dan harganya puluhan triliun per runitnya.

Nah, dari beberapa sumber berikut saya sertakan beberapa kapal selam yang pernah ada dengan harga yang fantastis. Yuk, kita kepoin di bawah ini.



Kapal Selam Kelas Changbogo



Di buat atas kerjasama Indonesia, BUMN Indonesia, PT Pal Indonesia (Persero) dengan Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd (DSME).  Kapal selam ini memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan lebih kurang 21 knot di bawah udara dan mampu berlayar lebih dari 50 hari. Dan harga untuk bisa memiliki kapal selam ini adalah Rp 330 juta dolar AS atau Rp 4,79 triliun per unit.


Kapal Selam Sekelas KRI Nanggala 402



Kapal selam Nanggala 402 bertipe U-209 adalah buatan asli Jerman yang di buat pada tahun 1979 dan diterima TNI AL pada 1981. Mengingat usia pakainya kita sendiri dengan mudah menebaknya kalau Nanggala 402 sudah termasuk uzur masa pakainya. Masih menjadi misteri kenapa Naggala 402 bisa karam dan terbelah menjadi tiga di kedalaman 800 meter apakah faktor usia kapal selam itu sendiri atau akibat kesalahan dari manusianya. Harga per unitnya adalah Rp 8 triliun.


Kapal Selam Kelas Virginia



Memiliki tenaga penggerak dari nuklir dengan ukuran jumbo memiliki panjang 37 kaki atau sekitar 115 meter ini juga dilengkapi hulu ledak nuklir. Kapal selam ini rata-rata dimiliki oleh negara adidaya seperti Amerika. Harga per unitnya adalah Rp 49,35 triliun.


Kapal Selam Kelas Vanguard



Semenjak penonaktifan bom nuklir jatuh bebas, RAF WE. 177 maka kapal selam kelas Vanguard ini kini menjadi salah satu senjata mutakhir andalan Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Dengan kecanggihan dan fitur kekinian yang tersemat pada kapal selam ini maka harga Rp 75,6 triliun per unitnya memang bikin lawannya berfikir ulang untuk menghadapinya.


Kapal Selam Kelas Seawolf



Seawolf menjadi salah satu kapal selam siluman tercanggih milik Amerika karena memiliki 8 tabung torpedo 660mm, radar canggih, tugas tambahan untuk memburu sekaligus penghacur musuh seperti kapal selam kelas Akula, Typhoon miliknya Uni Soviet. Harganya pun bikin geleng-geleng kepala, yakni Rp 50,7 triliun pe runitnya.


Kapal Selam Kelas Astute



Kapal selam kelas Astute adalah kelas terbaru dari kapal selam armada bertenaga nuklir ( SSN ) yang dilengkapi dengan 6 tabung torpedo 533 mm, mampu meluncurkan torpeda Spearfish, rudal anti kapal Sub Harpoon dan rudal jelajah Tomahawk yang memiliki jangkauan hingga 1.700 km. Untuk harga kamu bisa membelinya jika tabunganmu sudah mencapai Rp 36,5 triliun.




Referensi. TKPeh!
Img.google img





Copyright © 2016 - 2021 iskrim™
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Diubah oleh iskrim 04-05-2021 11:20
asamboiganbabicupukimha420
kimha420 dan 32 lainnya memberi reputasi
31
15.2K
134
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.