Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
59
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608a9c0ff7254313b1158724/prinsip---cara-kerja-kapal-selam
Sebelumnya, turut berbela sungkawa atas gugurnya prajurit kapal selam Naggala-402, mari berdoa bersama semoga di tempatkan pada tempat terindah di sisi Yang Maha Kuasa. Aamiin Baiklah, berdasarkan ilustrasi yang barusan saya dapat dari laman
Lapor Hansip
29-04-2021 18:44

Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Penjelasan Sederhana Cara Kerja Kapal Selam


Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam




Sebelumnya, turut berbela sungkawa atas gugurnya prajurit kapal selam Naggala-402, mari berdoa bersama semoga di tempatkan pada tempat terindah di sisi Yang Maha Kuasa. Aamiin

Baiklah, berdasarkan ilustrasi yang barusan saya dapat dari laman Facebook Kemendikbud.RI akan saya jelaskan secara ringkas, tujuannya yaitu agar lebih menarik untuk dibaca atau setidaknya menambah wawasan agan-sista. 






Quote:
Prinsip Kerja Kapal Selam


Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam

Ilustrasi Bagian dalam Kapal Selam dari Sumber



Kapal selam merupakan penerapan atau pengapdosian dari "Hukum Archimedes," yaitu suatu benda dapat melayang di dalam air apabila besar gaya apung benda sama dengan berat benda. Penerapannya secara sederhana diatur pada kerapatan kapal dengan cara mengisi air atau membuangnya pada tangki pemberat yang ada pada kapal selam sehingga sama seperti yang diinginkan. Seperti yang diketahui massa jenis udara lebih rendah dibanding massa jenis air, sehingga hal ini dimanfaatkan pada sistem naik turunnya kapal selam pada tangki pemberat.



Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam


Ilustrasi Kapal Selam ketika Mengapung dari Sumber




Secara sederhana tangki pemberat diisi air untuk menurunkan massa jenis kapal selam sehingga dapat terapung atau ke permukaan. Begitu juga sebaliknya, tangki pemberat diisi air untuk menyeimbangkan kapal selam untuk dapat melayang didalam air atau menurunkan kedalaman kapal selam sesuai yang diinginkan. Tau gak sih? Prinsip ini juga digunakan pada ikan lho, makanya ikan memiliki gelembung udara untuk bisa berenang atau mempertahankan tubuhnya agar bisa mengapung dengan menyesuaikan gelembung renang dan tubuh si ikan tersebut.

Quote:
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam

Ilustrasi Kapal Selam saat Menyelam dari Sumber


Nah, seperti yang dijelaskan di atas bukan, bahwa untuk membuat kapal selam posisi menyelam atau melayang di air maka massa jenis kapal direndahkan atau dibuat seimbang ataupun disesuaikan kebutuhan kapal selam supaya dapat menyelam di air dengan cara udara di tangki pemberat dikeluarkan melalui katup sehingga tangki terisi air hal ini menyebabkan massa jenis kapal lebih besar atau sama dengan air (intinya sesuai yg diinginkan) untuk perhitungannya sendiri TS belum tahu. 

Lalu, bagaimana untuk membuat kapal selam terapung kembali? Langsung saja, berikut ilustrasinya


Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam

Ilustrari dari Sumber


Nah, meskipun prinsipnya begitu sederhana. Namun, untuk membuat sebuah kapal selam diperlukan dan yang banyak serta memanfaatkan teknologi yang sangat mutakhir dan canggih lho. Seperti yang dikutip dari CNNharga kapal selam canggih kisaran antara 5,3 Triliun  sampai 79,6 Triliun Rupiah. 





Sekian dulu ya, kalau ada komentar atau kekurangan dalam menulis agar ditmbahkan atau dikomentari ya gan. Semoga bermanfaat....


Berikut Sumber-sumbernya :
Kemendikbud.RI
Suzuki
CNN
Diubah oleh maspir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 31 lainnya memberi reputasi
30
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
29-04-2021 20:41
Lain kali kalo mau beli kapal selam ga perlu jauh² ke jerman, beli aja ke palembang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ddddudutzzz dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
29-04-2021 21:42
Baca beginian langsung bayangin suasana di didalemnya yg dirasakan para korban huhu
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
29-04-2021 23:19
info yang mantap emoticon-Jempol

Quote:selam canggih kisaran antara 5,3 Triliun sampai 79,6 Triliun Rupiah


yang tempo hari mau patungan butuh berapa hari ngumpulin dana trilyunan gitu emoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
30-04-2021 01:15
Lumayan buat nambah pengetahuan ane nih gan 👌, ternyata begitu proses cara kerjanya kapal selam
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
30-04-2021 10:17
Iya prinsip sederhananya begitu.

Kenyataannya, kasel gak semudah itu mompa air keluar kalau udah di kedalaman tertentu.

Naik turunnya kasel di dalam lautan yah dengan sirip yang menempel dan motor penggerak...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
30-04-2021 13:48
thanks infonya bre
0 0
0
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
30-04-2021 19:15
Secara teori emang sederhana.. tp penerapan hukum fisika secara langsung yg rumit..
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
02-05-2021 16:07
sepertinya gampang, tapi gak banyak negara yg bisa bikin emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
02-05-2021 16:14
baru tahu bree emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
02-05-2021 16:17
Sendirian di dlm lautan, bnyk yg gelap2 an pula.....dlm ruangan serba tertutup rapat n sempit bngt..... Serem bngt, gan..... emoticon-Takut
Diubah oleh yoseful
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
02-05-2021 16:18
wahhh... begitu to caranya ya gansis. ane baru mengetahuinya nihh... keliatan sederhana, tapi bagi ane ini luar biasa dan juga berisiko .. hikss.. apalagi kalau ada kesalahan saat menutup dan membuka katup. hal ini sangat berisiko. tapi makasih ya gansiss. threadnya membuka pengetahuan ane..
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
02-05-2021 16:19
Kalo tangki kompresi kosong, ga bisa naik lagi kah? Pertanyaan ane yg awam.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
02-05-2021 16:20
ane masih kagak bisa bayangin ya entu para prajurit. apakah dimakan oleh hewan laut? hikss. kasian.. semoga arwahnya diterima di surga..


oohh. pakai hukum archimedes to.. ane baru mengetahuinya gansiss.kerenkeren..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nazwa.shop dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
02-05-2021 16:20
Pengen tau, kalo nyelam berapa lama samaa butuh berapa oksigen
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
02-05-2021 16:50
Mantap infonya tapi ane mau tanya, saat menyelam dan mau mengapung, itu air dibuang ke luar kapal melalui apa?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
02-05-2021 16:52
Setiap objek memiliki prinsip yang sama ketika berada di dalam air, baik itu scuba diver, ROV, AUV, kapal selam, ikan laut, atau bahkan batu. Mereka pasti terkena gaya apung (buoyancy) dari air.

Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam

Ada tiga skenario berdasarkan gambar di atas.
1. Buoyancy positif
Jika gaya apung air lebih besar dari berat objek, objek akan terapung.

2. Buoyancy negatif
Jika gaya apung air lebih kecil dari berat objek, objek akan tenggelam.

3. Buoyancy netral
Jika gaya apung air setara dengan berat objek, objek akan melayang di dalam air.

Prinsip yang digunakan ikan, kapal selam, atau scuba diver adalah buoyancy netral, tidak tenggelam dan tidak terapung. Hal ini memungkinkan mereka bisa bergerak di dalam air.

Dalam kasus kapal selam, ruang udara tidak akan diisi air secara penuh karena kapal selam justru akan tenggelam (buoyancy negatif). Sisa udara bakal tetap ada sehingga kapal selam bisa beroperasi di dalam air tanpa takut tenggelam. Dan jika kapal selam ingin ke permukaan, mereka akan mengandalkan baling-baling kapal. Ruang udara akan diisi begitu kapal selam sampai di permukaan sehingga tercapai buoyancy positif.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
icecool87 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
02-05-2021 17:05
Wuih, submarine keren memang
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1 0
1
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
02-05-2021 17:31
Jadi ada gambaran cara kerja kapal selam,terimakasih inponya gan emoticon-Cendol Gan
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1 0
1
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
02-05-2021 18:11
Hebat ye koki kapal selam masak enak dengan bahan terbatas
profile-picture
profile-picture
Ariea dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Prinsip / Cara Kerja Kapal Selam
02-05-2021 18:19
Bahan bakan nya solar atau apa ane kurang paham
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia