cintadineAvatar border
TS
cintadine
Mengenang Kembali Android Cupcake Yang Sudah Berusia 12 Tahun, Masih Ingatkah Agan?

Selamat datang kembali di thread ane gan. Kembali kita akan membahas tentang dunia Android lagi nih gan.

Seperti yang kita ketahui jika Android saat thread ini dibuat telah mencapai Android 11 yang dirilis pada September 2020 yang lalu. Usia Android sendiri sebagai sistem operasi mobile telah mencapai 13 tahun sejak muncul pertama kali pada 2008. Pada saat diluncurkan, ponsel yang pertama kali yang menggunakan Android adalah HTC Dream yang sekarang dikenang sebagai nenek moyangnya ponsel Android di seluruh dunia.

HTC Dream meluncur dengan Android versi 1.0, tanpa menggunakan nama makanan pembuka. Barulah pada April 2009, Google merilis Android 1.5 dengan nama kode Cupcake. Sejak saat itulah Android mulai dikenal secara luas.

Artinya pada 27 April 2021 kemarin, Android Cupcake telah berusia 12 tahun. Untuk mengenangnya, berikut ini adalah pembahasan tentang Android Cupcake gan.

1. Perilisan


Android Cupcake dirilis pada April 2009 sebagai pembaruan mayor pertama bagi OS Android dan menjadi tersedia secara umum setelah sebelumnya tersedia bagi HTC Dream. Adapun menurut informasi Android Cupcake dirilis bersamaan dengan diperkenalkannya HTC Magic. Perilisan ini membuat Android saat itu menjadi pusat perhatian di tengah persaingan iPhone dan Blackberry serta Nokia yang sedang asyik sendiri dengan Symbian-nya.

Beberapa bulan kemudian vendor lain mulai menggunakan Android Cupcake.

2. Seri Samsung Galaxy Lahir


Samsung menjadi raja smartphone dunia berkat jajaran seri Samsung Galaxy yang sampai saat ini terus mengeluarkan seri terbarunya yang jumlahnya sangat banyak. Namun tahukah agan apa smartphone Android pertama dari Samsung? Jawabannya adalah Samsung Galaxy original yang dirilis pada Juni 2009 dengan OS Android Cupcake. Berkat ponsel ini Samsung kemudian merilis Samsung Galaxy S setahun kemudian dan menuai kesuksesan yang besar.

3. Fitur Utama


Android Cupcake saat perilisannya membawa fitur kunci yang cukup penting yang kelak terus dipertahankan dan dikembangkan lagi di versi Android selanjutnya. Dalam Cupcake, untuk pertama kalinya pengguna dapat menginstal keyboard virtual pihak ketiga.

Kemudian untuk pertama kalinya fitur widget diperkenalkan di homescreen. Fitur ini merupakan fitur khas Android yang tidak terdapat di iOS.Dalam versi i ini juga disematkan fitur copy paste teks yang sangat berguna dan terus ada hingga sekarang. Fitur lainnya adalah rotasi layar otomatis, transisi layar animasi, dll.

4.Android Market dan Game


Google Play Store dulunya bernama Android Market. Sejak Android Cupcake Android Market mulai dijejali beragam aplikasi oleh para developer. Meski demikian, pilihan gamenya saat itu tidak sebanyak sekarang. Game yang terkenal saat itu adalah Angry Birds, Asphalt 5, Modern Combat,dll. Meski demikian,smartphone dengan Android Cupcake menawarkan fitur istimewa yang tidak ada di OS lainnya.

5. Berusia Panjang


Biasanya Google memberikan support pada versi Android dari tiga sampai empat tahun sejak perilisan. Android Oreo diluncurkan pada 2017 dan supportnya dihentikan pada 2021. Sementara itu Android Cupcake mengalami masa hidup yang cukup panjang yaitu 8 tahun. Google menghentikan support pada Android Cupcake sejak 2017. Menjadikannya sebagai versi Android dengan lifespan terpanjang.

Nah, gan. Itulah pembahasan singkatnya. Gimana nih, apakah agan pernah punya smartphone Android 1.5 Cupcake? emoticon-Big Grin

Quote:
zenzeiokta
japarina
over.power
over.power dan 32 lainnya memberi reputasi
31
8.6K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet KASKUS Official
10.8KThread8.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.