• Beranda
  • ...
  • Sista
  • Cara Menanak Nasi di Rice Cooker Agar Tidak Cepat Basi

gogopowrAvatar border
TS
gogopowr
Cara Menanak Nasi di Rice Cooker Agar Tidak Cepat Basi


Fungsi rice cooker adalah memberi kemudahan agar memasak nasi lebih cepat. Namun, jika cara memasaknya salah akan berakibat nasi menjadi cepat basi, berwarna kuning dan juga menjadi kering.

Ada beberapa cara simple agar nasi tidak cepat basi dan juga kering sewaktu di dalam rice cooker, antara lain:

Mencuci beras sampai bersih
Mencuci beras hingga bersih merupakan salah satu cara agar nasi tidak cepat basi dan kering. Cucilah beras hingga bersih sebelum dimasak agar nasi menjadi bersih dan putih. Mencuci beras dengan bersih memungkinkan nasi yang dihasilkan akan semakin enak dan tak mudah basi dan kering.

Gunakan cukup air
Peran air juga penting dalam memasak nasi dengan rice cooker. Sebelum dimasak, pastikan bahwa air dimasukkan sudah cukup untuk memasak nasi, tidak kurang dan juga tidak lebih.

Aduk nasi saat memasak
Saat sedang dimasak, jangan lupa buat mengaduk nasi agar nasi matang sempurna secara rata, tekstur nasi menjadi lebih lembut dan menjaga nutrisi nasi.

Masak untuk satu kali makan
Supaya nasi tidak cepat basi atau kering, masaklah nasi hanya untuk satu kali makan saja untuk mencegah nasi menjadi basi, menguning dan kering.

Bersihkan rice cooker setelah masak
Jangan menyimpan nasi dalam jangka waktu yang lama di dalam rice cooker. Cabutlah stop kontak rice cooker untuk menghindari nasi menjadi kering, buka tutup rice cooker dan biarkan menjadi nasi yang dingin. Jika ingin mengkonsumsi nasi, kamu tinggal panaskan nasi tersebut. Yang paling penting, jagalah kebersihan rice cooker di bagian dalam maupun luar.

Gunakan rice cooker berkualitas
Pastikan kamu menggunakan rice cooker berkualitas yang memiliki kondisi baik. Jangan sampai rice cooker yang dipakai adalah rice cooker yang rusak. Salah satu contohnya adalah panci rice cooker yang mengelupas. Jika dibiarkan sangatlah berbahaya, karena akan mengontaminasi nasi yang kamu konsumsi setiap hari.
Gunakanlah rice cooker yang berkualitas, seperti halnya Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6305, yang merupakan pelopor rice cooker anti gores di Indonesia. Dilengkapi dengan Cosmos Harmond Technology, yakni panci anti gores, tidak mengelupas, tahan lama, food grade, sehat dan mudah dibersihkan.
Rice cooker Harmond CRJ-6305 mempunyai kapasitas 2.0 liter nasi, sudah dilengkapi dengan steamer atau pengukus serba guna, sendok nasi, measuring cup (gelas ukur), dan daya masak sebesar 400 watt serta menghangatkan 70 watt.

Jadi, sangat penting untuk kamu agar menjaga beras tetap sehat dan menggunakan rice cooker yang terbebas dari zat kimia yang berbahaya.
Tetap #JagaNasiSehat ya!
cheria021
aygilagility
bedypop
bedypop dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.3K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
Sista
icon
3.9KThread7.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.