mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Anies Berencana Ubah Nama Kota Tua Jakarta jadi Batavia



JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana mengubah nama kawasan Kota Tua menjadi Batavia. Dia mengatakan, Batavia merupakan nama yang digunakan pemerintah Hindia Belanda saat kali pertama menamai kawasan Kota Tua.

"Mungkin kita perlu mempertimbangkan untuk menamai kawasan ini seperti dulu dinamai. Seperti yang tertulis di belakang ini, Batavia," kata Anies dalam acara penandatanganan HOA pembentuk JV Kota Tua-Sunda Kelapa, Rabu (28/4/2021).

Anies mengusulkan perubahan nama tersebut di depan Menteri BUMN Erick Thohir dan juga Menteri Pariwisata Sandiaga Uno. Menurut dia, nama Kota Tua sudah banyak digunakan di kawasan-kawasan kota tua lainnya di daerah lain, Semarang, misalnya. Sehingga, ketika orang-orang mencari nama kawasan Kota Tua, akan banyak hasil yang berbeda di internet.

"Kalau googling nulis Kota Tua itu keluarnya banyak sekali. Karena kota tua banyak betul," ucap dia.

Untuk melanggengkan pengubahan nama Kota Tua menjadi Batavia, Anies berencana akan mengundang ahli-ahli sejarah dan ahli lainnya terkait rencana perubahan nama itu.

"Kita undang para ahli untuk memikirkan," tutur Anies.

Sehingga kelak jika orang hendak berkunjung ke kawasan tersebut cukup menulis kata Batavia saja. Dengan nama Batavia, orang tidak akan bingung letak kawasan bersejarah di Jakarta yang dulu menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda tersebut.

"Begitu nulis Batavia ketemunya satu titik ini, tidak ketemu titik-titik yang lain. inilah yang disebut Batavia," kata dia. Selain ingin mengubah nama Kota Tua menjadi Batavia, Anies juga meminta BUMD PT Jakarta Tourisindo untuk memikirkan brand khusus wisata kawasan yang membentang dari Sunda Kelapa-Kota Tua. "Kita minta nanti brand para ahli supaya mempertimbangkan seluruh kawasan ini dari Sunda Kelapa sampai ke Batavia (Kota Tua) sehingga kita punya satu karakter tersendiri," tutur Anies.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Berencana Ubah Nama Kota Tua Jakarta jadi Batavia", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/...-jadi-batavia.
Penulis : Singgih Wiryono
Editor : Irfan Maullana

1942 Jepang mengubah nama Kota Batavia jadi Djakarta
1945 Indonesia menyebut Djakarta . Belanda menyebutnya Batavia sampai diakui kemerdekaannya sama Belanda.(pertarungan nasionalisme)
emoticon-Big Grin
kakekane.cell
muhamad.hanif.2
wisudajuni
wisudajuni dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.1K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.