Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
512
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6088130a41801a7874699155/trend-saat-ini-mengaku-atheis-sebenarnya-malas-ibadah
“Satu-satunya keinginanku adalah.......mentransformasi teman-teman Allah menjadi teman-teman manusia, orang-orang percaya menjadi para pemikir, yang tekun berdoa menjadi tekun bekerja, para kandidat untuk hidup yang akan datang menjadi para murid dunia ini, orang-orang kristen yang, oleh prosesi dan admisi mereka, adalah ‘setengah binatang, setengah malaikat’ menjadi pribadi-pribad
Lapor Hansip
27-04-2021 20:35

Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah


 
Quote:     “Satu-satunya keinginanku adalah.......mentransformasi teman-teman Allah menjadi teman-teman manusia, orang-orang percaya menjadi para pemikir, yang tekun berdoa menjadi tekun bekerja, para kandidat untuk hidup yang akan datang menjadi para murid dunia ini, orang-orang kristen yang, oleh prosesi dan admisi mereka, adalah ‘setengah binatang, setengah malaikat’ menjadi pribadi-pribadi, menjadi pribadi-pribadi keseluruhan.” 



Kutipan di atas mungkin tidak lebih terkenal dari kutipan yang berbunyi “Die religion ..ist das opium des volkes” atau berarti agama adalah opium bagi masyarakat yang berasal dari salah satu karya tokoh kiri yaitu Karl Marx dalam A Contribution to the Critique of Hegel’s Plilosophy of Right pada tahun 1843. Terlepas sebagai bahan untuk menyerang Karl Marx, kutipan tersebut seakan menjadi kebanggaan bagi mereka yang merasa sok agnostik atau bahkan yang mengaku atheis tanpa memahami konteks dan maksudnya.

Di samping agama-agama besar didunia nyatanya jumlah mereka yang tidak beragama atau yang termasuk dalam golongan deisme, agnostik, atheisme, skeptisme atau yang serupa setiap tahunnya meningkat terkhusus dinegara-negara sosialis, komunis dan sekuler. Salah satu pertanyaan yang akan timbul yaitu “apakah hal tersebut sesuatu yang salah?” tentu saja tidak khususnya bagi mereka yang menganggap agama atau kepercayaan adalah sesuatu yang bersifat pribadi. Tetapi lebih tepatnya yang menjadi perhatian dan pertanyaan adalah apakah atheisme millenials masa kini merupakan penolakan terhadap “Tuhan” yang didasari rasionalitas dan dalil-dalil pengetahuan?

Salah satu dasar pokok pemikiran Atheisme dapat kita telusuri dari pemikiran bapak Atheisme,Ludwig Feuerbach.  Secara garis besar pokok pemikiran Feu erbach yaitu kritik terhadap agama dan kepastian indra sebagai titik tolak kebenaran atau disebut materialisme. Kritiknya terhadap agama menegaskan bahwa bukan Allah yang menciptakan manusia, tetapi Allah yang diciptakan manusia. Pemikiran Feuerbach yang demikian berasal dari tiga tahap yaitu: pertama, manusia mengalami pertanyaan yang terus menerus tak terhingga. Kedua, tidak terhinggaan tersebut ditentukan dalam diri manusia itu sendiri, kemudian karena ditempatkan sebagai sesuatu yang berdiri sendiri, maka tidak terhinggan itu ditempatkan di luar manusia dan disebut Allah. Ketiga, maka dengan demikian Allah adalah ciptaan manusia.

Dengan demikian menurut Feuerbach manusia harus mengerti kekeliruannya yang selama ini menguasai dirinya sendiri, yaitu bahwa Allah menciptakan manusia.

Kembali kepada persoalan awal di atas apakah atheisme millenials masa kini merupakan penolakan terhadap “Tuhan” yang didasari rasionalitas dan dalil-dalil pengetahuan?Seperti halnya  Ludwig Feuerbach, Karl Marx dengan materialisme historis, dan tokoh-tokoh lainnya. Di samping ada tidaknya mereka yang bersandar pada rasionalisme, pemikiran mendalam atau dalil ilmu pengetahuan, nyatanya ada mengaku dan mengatakan dirinya atheis yang hanya didasari hal receh bahkan sebenarnya tidak masuk akal untuk hal demikian. Di antaranya yaitu: pertama, cari perhatian. Dengan beralinya dari era masyarakat tradisional  kepada era post-modernisme logika berpikir pun demikian. Di mana masyarakat lebih fokus kepada manipulasi penanda sosial. Meningkatnya atensi atau perhatian yang didapat merupakan kebanggaan tersendiri bagi mereka, tidak terkecuali untuk mempermainkan agama. Kedua, malas dalam beribadah. Bagi mereka yang menempatkan agama sebagai landasan dogmatik atau dasar maka perintah yang ada dalam agama tersebut merupakan sebuah keharusan. Terkhusus ibadah, yang bagi beberapa atau seluruh agama merupakan bentuk pengagungan kepada Tuhan. Namun banyak dari mereka yang menolak atau enggan beribadah dengan alasan malas atau membuang waktu menutupinya dengan mengaku atheis. Ketiga, kekecewaan terhadap agama. Mengenai hal tersebut, dapat kita lihat dari dua sudut yang berbeda yaitu kekecewaan langsung terhadap agama seperti membandingkan ketidak adilan dari Tuhan, doa yang dianggap tidak kunjung dikabul dan sejenisnya yang kemudian diperparah dalam dangkalnya memahami konsepnya sendiri. Atau kekecewaan terhadap secara tidak langsung, seperti menilai perilaku buruk seseorang sebagai sebuah ajaran agama.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
anson85 dan 38 lainnya memberi reputasi
33
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 7
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 14:52
Mayoritas atheis adalah idiot.
Mayoritas theis adalah bodoh.

Seperti di sekolah, hanya segelintir yg pinter dan cerdas.
Jadi biasa saja, semakin banyak penganut, jumlah yg bodoh juga meningkat.
profile-picture
antarabelahan memberi reputasi
1 0
1
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 14:56
Yaa sama aja kaya bnyak orang mengaku introvert biar dikira cool dan misterius. Padahal klo udh ktmu sma orang yg sehobi ato satu server ya ember jg..
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 14:59
Jgn sibuk ngurusin urusan orang lain, urus diri mu dan keluargamu dulu hingga benar, baru sibuk ngurusin orang lain.

Saling menghormati, nga menganggu orang, berbagi dan ber amal baik dr rejeki maupun ilmu kepada sesama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maria.olivia dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 14:59
kalo menurut gue bukan banyak atheis tapi agnostik deh...manusia percaya sm Tuhan tapi ya cuma percaya aja sm kayak manusia percaya adanya shakeshaper dan buku romeo juliet di baca tapi ya udah ga penting juga...kalo gue menganggap manusia ada dua jenis beragama dan beriman...kalo loe beragama cuma ktp aja kalo loe beriman hati dan jiwa loe ga akan berani berbuat jahat loe akan mikir ntar Tuhan marah ga ya?ntar dapet karma jelek..menjalankan perintah Tuhan dg hati senang karna loe mau ketemu Tuhan mau loe ketemu cuma sekali seminggu atau 5 kali sehari hati loe akan bahagia sama seperti loe ketemu pacar yg loe cintai...beriman itu mungkin mirip loe bucin sm Tuhan
0 0
0
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 14:59
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah

menurut ane pribadi sih ya..
kadang yang jadi polemik urusan agama (atau pemicu seseorang untuk akhirnya memilih sebagai atheis) itu adalah manusia sendiri yang jadi oknum perusak ajaran suatu agama sendiri gan. bukan Tuhan nya.

pada dasarnya agama adalah suatu aturan yang mengatur manusia agar bisa menjalankan hidupnya secara beradab. tidak liar, sadis, atau hal yang tidak manusiawi seperti binatang atau mahluk lain yang derajatnya tidak setara dengan manusia.

nah pada evolusinya, sesuai perkembangan peradaban manusia, perkembangan teknologi dan ilmu. manusia kadang memodifikasi atau meng-kustomisasi ajaran suatu agama sesuai dengan kebutuhannya, sesuai dengan keserakahannya. sebut saja dalam perkembangannya beberapa aturan di beberapa ajaran agama sudah disesuaikan/ dimodifikasi sesuai kepentingan dengan tujuan akhir :
- kekuatan massa (kekuatan politik)
- kekuatan ekonomi
- dsb

contohnya? banyak, salahsatunya yang sering dikenal masyarakat :

- lihat saja apa slogan penjajah dulu? Gold - Glory - Gospel
- lihat saja bagaimana fatwa-fatwa dikeluarkan dan bisa dikustomisasi sesuai dengan keadaan, bahkan ada fatwa mengharamkan (contoh) main game PUBG, dsb.
- fenomena adanya teroris dengan mengidentikkan diri dengan suatu agama tertentu, dengan alasan membela Tuhan. klaim jaminan masuk surga, dll. ini konyol sih menurut ane.
- kekecewaan suatu pengikut/ umat agama tertentu dan pindah ke agama lain, dengan alasan (motif) instrumental. contoh karena tidak suka akan pemuka agamanya. atau karena tidak suka merasa dipaksa untuk suatu aturan perpuluhan yang sifatnya wajib.

coba amati lagi deh gan, semua itu bukankah dari faktor manusianya? bukan Tuhan nya kan?
termasuk urusan perkembangan atheis saat ini. kenapa kok keliatannya makin luas dan banyak?
mungkin karena semakin banyak manusia yang muak akan kondisi tsb. dimana manusia yang sering disebut oknum (karena jumlahnya "sebagian dari") mulai berani mengacaukan prinsip dasar suatu ajaran agama, yaitu kebaikan.

toh semua manusia setuju bahwa tidak ada satu ajaran agama pun yg mengajarkan keburukan/ kejahatan kan?
toh tidak ada suatu penganut ajaran agama apapun yang terima jika ajaran agamanya dianggap paling jahat atau paling buruk kan?

jika semua manusia sadar akan hal mendasar tsb. mungkin tidak ada orang-orang yang dengan mudahnya dicuci otaknya dimasuki paham-paham radikal dan semacamnya,
termasuk paham atheis juga tidak akan berkembang dengan pesat.

jadi atheis atau tidak, menurut ane itu karena dampak buruk penilaian manusia itu sendiri terhadap kondisi dunia yang sudah tidak bisa diharapkan. jadi mending mereka (para penganut atheis) tidak berTuhan.
banyak juga ane perhatikan sekeliling ane yang jelas-jelas terang-terangan mereka mengaku atheis tapi menjalankan hidupnya teratur dan baik-baik saja, juga bersosial dengan masyarakat, bahkan cenderung lebih dermawan terhadap sesama jika dibandingkan para crazy rich yang ngakunya ber-Tuhan tapi kelakuannya mungkin kadang kebalikannya.

emoticon-Ngakak emoticon-Cool

Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
Diubah oleh proficiat
0 0
0
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 15:01
Mereka malas ibadah, mungkin karena merasa ibadah ga ada manfaatnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 15:02
Ada 1 lagi pake jilbab goyang2 ngomongnya saru
0 0
0
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 15:04
Januari lalu ada netijen fb yang bikin ribut ngrendahin karya orang dan dengan bangganya bragging kalau dia Atheist dan skizofrenia. Dahayu siapa gitu usernamenya.

Era sosmed ini ada segelintir anak muda narsisistik yang ingin terlihat lebih tahu segalanya dengan mengklaim bahwa mereka 'non believer'
Diubah oleh lonelyboy13
0 0
0
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 15:05
mending jadi atheis karbitan daripada jadi pemabok agama sampe meleduk
0 0
0
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 15:05
Atheis kok setengah-setengah!
Malu lah.
0 0
0
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 15:06
Kalau malas yah gak masalah toh bilang atheist? emoticon-Bingung (S)
apa harus ada pengisian formulir dan ketentuannya kah untuk jadi atheist?

mungkin dikepala ts dan orang-orang di page one berpikir atheism itu harus bermember kek MLM kah? emoticon-Belo
Ato jangan jangan proletariat dan pekerja baru bisa dibilang sebagai proletariat jika harus jalanin ujian quiz tentang marx proudhon wolf smith gramsci hingga lenin?

ente punya membershipnya kah? apa membershipnya membuat ente berhak bilang ente lebih pinter dari lainnya? emoticon-Belo
@ventisca @comrade.frias
profile-picture
angeni22. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 15:09
Kisah yang menarik
0 0
0
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 15:12
Gak percaya Tuhan tapi percaya zodiak.

Tapi bilangnya pake logika.

Bentar bentar...
profile-picture
kazuraba memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 15:18
ane bukan ateis cuma ga pernah beribadah ajaemoticon-Leh Uga

ane percaya tuhan dan alienemoticon-Cool

makanya siap bikin komunitas di marsemoticon-Big Grin
bersaing dengan elon
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
Diubah oleh MrJeffBezos
0 0
0
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 15:22
Dunia oh dunia emoticon-Big Grin
0 0
0
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 15:25
ngakunya atheis pas ditanya calon mertua agamanya apa......langsung goblok....jadi ngakunya beragama...

atheis cap lontong
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 15:30
Sebenarnya pilihan menjadi atheis adalah hal yang wajar.
Bilamana manusia memang ada Tuhan yang mengatur, dimanakan Tuhan sekarang ?

Di era keterbukaan informasi dan teknologi seperti sekarang mengapa Tuhan tiba2 diam membisu ?

Kenapa Tuhan hanya berkomunikasi dengan manusia manusia tertentu yang notabene merupakan sama sama ciptaanNya ?

Kenapa Tuhan membeda bedakan sesama ciptaanNya sendiri ?

Kenapa Tuhan menyuruh manusia ciptaanNya menyembahNya ?
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 15:36
Dari dulu ane udah bilang negara ini bakal jadi sekuler kayak barat karna udah banyak yg gerah sama yg ngaku beragama emoticon-Cool
profile-picture
maria.olivia memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 15:36
Bisa aja sih dan mereke berlindung dibalik atheist sih kebanyakan
0 0
0
Trend Saat Ini: Mengaku Atheis, Sebenarnya Malas Ibadah
30-04-2021 15:45
gampang aja bedain org ateis sama males ibadah itu
sama setan takut ga? kalo masih takut mah sama aja bukan ateis 😂
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 3 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia