News
Batal
KATEGORI
link has been copied
215
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608b58e63ad37f6efb3b028f/menkes-era-sby-kuliti-efektivitas-vaksin-sinovac-begini-pemaparannya
Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari dan pakar epidemiologi dr Tifauzia Tyassuma kompak menguliti efektivitas vaksin Sinovac. Dokter cantik yang akrab disapa dr Tifa ini mentatakan ada tiga hal yang harus diperhatikan sebelum memilih dan menggunakan vaksin.
Lapor Hansip
30-04-2021 08:09

Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya

Past Hot Thread
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya


MANADOPOST.ID– Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari dan pakar epidemiologi dr Tifauzia Tyassuma kompak menguliti efektivitas vaksin Sinovac.

Dokter cantik yang akrab disapa dr Tifa ini mentatakan ada tiga hal yang harus diperhatikan sebelum memilih dan menggunakan vaksin.

“Yang pertama tentu saja soal keamanan atau safety, kemudian yang kedua adalah efektivitas, kemudian yang ketiga adalah imunogenitas,” ucap dr Tifa di kanal YouTube Siti Fadilah Supari Channel.

Imunogenitas, kata dr Tifa, artinya bagaimana vaksin ini berhasil membangun anti bodi yang diperlukan untuk mencegah infeksi virus.

Tiga hal ini, menurut dr Tifa, kurang disosialisasikan oleh pemerintah kepada masyarakat. Padahal, kata dia, safety, efektivitas dan imunogenitas hanya bisa didapatkan dari uji klinis fase tiga.

Dikatakan dr Tifa, vaksin yang digunakan di Indonesia, termasuk vaksin Sinovac, belum selesai uji klinis fase tiga.

“Seharusnya nih kalau kita mau ambil vaksin untuk kita pilih, kita harus memilih vaksin mana yang sudah selesai uji klinis fase tiganya,” ucapnya.

“Dan pemerintah kalau mau belanja juga harus belanja vaksin yang sudah selesai fase tiganya,” sambungnya.

Dr Tifa menegaskan dirinya bukan menolak vaksin. Tapi panduannya tetap harus diikuti sebelum menggunakan vaksin.

Dia mengaku senang sekali dengan adanya vaksin karena hal itu merupakan salah satu stratgei untuk mempercepat pelandaian pandemiCovid-19. “Tetapi dalam memilih vaksin, seharusnya diketahui hasil uji klinis fase tiga,” ucapnya.

Kalau pun belum ada hasil uji klinis fase tiga, maka bisa meminjam uji klinis fase tiga negara lain dengan vaksin yang sama.

“Untuk diketahui vaksin pertama yang dibeli pemerintah, yaitu Sinovac, itu kan belum selesai uji klinis fase tiganya,” ucapnya.

Artinya, kalau mau pakai vaksin Sinovac, maka harus meminjam uji klinis yang sudah selesai di negara lain.

Dr Tifa juga menyoroti uji klinis vaksin Sinonac di Indonesia yang jumlah sampelnya sangat kecil, hanya 1.620 orang.

Itu pun mayoritas sampelnya hanya ada di satu provinsi, yakni Jawa Barat. Padahal jumlah penduduk Indonesia 270 juta jiwa lebih.

Di negara lain, kata dia, sampel uji klinis cukup representatif dan menyebar ke semua provinsi.

Di Turki misalnya, jumlah sampelnya sebanyak 10.000 lebih. Padahal jumlah penduduknya hanya 82 juta jiwa, jauh lebih kecil dibandingkan Indonesia.

Di Brazil, sampel uji klinis vaksin Sinovac sebanyak 13.000 ribu dengan jumlah penduduk 211 juta jiwa lebih.

“Di Brazil sebanyak 13.000 relawan uji klinis. Itu cukup representatif. Dan efektivitasnya hanya 54 persen,” kata dr Tifa.

“Artinya, akan ada orang sebanyak 50,4 persen yang terbentuk anti bodinya, ada yang tidak,” tambahnya.

Rendahnya efektivitas vaksin Sinovac dikritisi mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari. Dengan rendahnya efektivitas Sinovac, maka orang divaksin atau tidak hasilnya sama saja, bisa juga tidak.

“Kan ada batasnya kapan disebut efektif, yaitu kalau efektivitasnya di atas 50 persen. Tapi kalau di atasnya cuma 53 atau 54, berarti podo wae. Divaksin sama gak divaksin sama saja fifty-fifty bisa kena,” cetus Siti Fadilah.

Dr Tifauzia Tyassuma alias dr Tifa mengatakan, semua vaksin Covid-19 yang digunakan Indonesia tercatat di WHO sebagai fase 4.

“Di WHO itu, dalam listingnya itu ditulis masuk di dalam fase 4. Nah harus tahu ini apa maksudnya fase 4,” ucap dr Tifa.

Siti Fadilah lantas menjawab bahwa yang masuk fase 4 itu adalah orang yang sudah divaksin.

“Kita-kita ini, yang disuntik masuk fase 4. Makanya perlu sekali pencatatan bahwa KTP-nya mana, ininya mana, karena nanti diikutin, apakah ada site effeck (efek samping), apakah terus mati, matinya berapa, yang catat berapa, waduh,” cetus Siti Fadilah.

“Itulah yang namanya human challenge atau human experimental,” kata dr Tifa menimpali ucapan Siti Fadilah.(pojoksatu/fajar)


sumber


dr. yang teriak-teriak lockdown-lockdown
terus kabur begitu perumahannya inisiatif lockdown. emoticon-Ngakak (S)

Ini dikira kondisi normal kali ya
kalo kita nunggu setelah uji klinis 3 selesai baru nyari vaksin
ya udah gak kebagian, semua negara nyari, barang terbatas
kalau pemerintah gak bisa nyediain vaksin atau nyediainnya cuman dikit,
ane menebak si dokter ini bakal teriak: pemerintah lamban, tidak mengutamakan kesehatan. emoticon-Ngakak (S)


ini mantan menteri kesehatan juga ngaco,
mungkin kebanyakan makan teori konspirasi.

Quote:Kan ada batasnya kapan disebut efektif, yaitu kalau efektivitasnya di atas 50 persen. Tapi kalau di atasnya cuma 53 atau 54, berarti podo wae. Divaksin sama gak divaksin sama saja fifty-fifty bisa kena

bisa kontradiksi begitu pernyataannya:
efektif jika di atas 50%,
53-54% dibilang sama saja dengan gak divaksin.
Logikanya bijimana itu emoticon-Hammer

Efektivitas 50 persen
bisa kita bilang:
Jika 100 orang divaksin, maka ada 50 orang potensi terjangkit covid.

Keliatannya kok kecil? Ya coba dibandingkan dengan
Jika ada 100 orang tidak divaksin, yang punya potensi terjangkit covid berapa? 100 juga.

Karena rumusnya adalah = (Tidak divaksin tertular - Divaksin tertular) / Tidak divaksin tertular x 100% = (100-50)/100 x 100% = 50%.

Artinya pernyataan bu mantan menkes yang ini "Divaksin sama gak divaksin sama saja fifty-fifty bisa kena" jelas ngaco. Dengan efektivitas 50% ya yang divaksin berkurang risiko kenanya 50% dibanding yang tidak divaksin.


Bu Siti ini dulu bisa dibilang beruntung karena flu burung lenyap dengan sendirinya karena gak muncul infeksi dari manusia ke manusia yang sustainable,
kalo model menkes kek gini kebetulan menjabat saat 2020 kemarin,
ane kira kita bakal jauh lebih hancur2an ketimbang menkes dijabat Teracloud.
Jadi anggap aja menkesnya Teracloud kita masih agak beruntung.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suteragordyn dan 54 lainnya memberi reputasi
49
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 09:38
Kalau begitu, kenapa kita mau ambil AstraZeneca? Bukannya nggak masuk fase 3 tes di Indonesia sama sekali? Apalagi Pfizer?

Kalau efikasi, memang bermasalah sih, hanya 54%, tapi WHO sudah bilang di atas 50% boleh lah. Mau cari vaksin dari mana lagi sekarang? Dunia lagi pada rebutan vaksin. AZ lagi diberhentikan India.
Au ah gelap.
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan kakidal27 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 09:47
Sekali lagi omongan duo kadrunwati ini hanya bikin resah

Skipp.....
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan dayat.ayman memberi reputasi
2 0
2
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 09:53
ah biasanya bikin vaksin bisa 10 taon, ini 1 taon digeber,


jadi ya biasalah, kejar2an sama waktu
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 10:05
nih ibu gak konsisten, bilang vaksin sinovac belum lulus uji fase 3 tapi rela disuntik vaksin nUSAntara yang uji tahap satu aja belum lulus, wajar nih orang masuk bui kena kasus korupsi etc
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 10:09
kalian cuma tau masalah vaksin dsb itu cuma dari online online, lha bu siti itu ahli beneran, bukan cuma baca2 trus beres, dia emang belajar beneran, bajer paok sok tau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
febrimaru13 dan 3 lainnya memberi reputasi
1 3
-2
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 10:09
Kalo mau main aman dan pilih vaksin yg paling efektif dan minim efek samping, ya nunggu aja 10tahun lagi emoticon-Malu (S)
Diubah oleh kakidal27
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan siapika memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 10:21
Yang anti Microsoft.
0 0
0
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 10:40
semenjak masuk bui jd banyak kemakan teori konspirasi
emoticon-Hammer2
profile-picture
siapika memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 11:27
Indonesia udah gagal di pengendalian covid.

Jadi gw rasa emang percepatan vaksin ini salah satu jalan keluarnya.

Kalau masalah korban ya pasti ada aja.

Tapi harga nyawa di negara ini dari dulu emang murah2 aja kok.

Gak karena vaksin covid pun, ribuan orang dah mati tiap tahun karena TBC, demam berdarah dan penyakit2 lainnya yg kalau di negara maju udah gak ada.

Jadi lebih baik mati 1000 orang daripada mati 2000 orang..

Simpel aja toh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 11:40
efek kagak hapal nama menteri-menteri nih ane
jadi kagak ngeh kalo dia dulu menkes di era SBY emoticon-Cape d...
0 0
0
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 11:42

Penjelsan ini paling enak seh

Untuk masalah efficacy vaksin dll ini penjelasan sejauh ini yang paling masuk akal menurut gw sejauh yang gw cari seh, dan di US sana aja ada pemimpin yang modelan kayak di sini juga, jadi nggak heran seh gw

0 0
0
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 11:51
Teorinya tidak dapat diterapkan dalam kondisi emergency saat ini

#tepokjidat
0 0
0
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 11:58
TS Sok pintar....kapasitas Lo komentar apa..???...
Dokter bukan...ilmuan bukan...asal komentar aja Congor ente
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldean1605 dan 4 lainnya memberi reputasi
0 5
-5
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 11:59
Flu burung itu ilang sendiri waktu jaman dia, lagu2an nuduh amerika konspirasi.

Entah jaman sekarang model2 org bahas basis konspirasi laku bener, macem mardigu, dan siti ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rachmacool dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 12:20
Klo mnrt agan2 yang udah pernah kena covid dan sudah ada antibodi apa perlu vaksin lagi ya ? Logika ane mrasa ga perlu lagi deh, dan rasanya akan lebih aman antibodi alami yang dibentuk tubuh sndiri,

Cuma kan ada ktnya penyintas covid bisa divaksin lagi.. supaya apa ya ?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 12:21
Bused sekelas mantan mentri ga ngerti beda efikasi dan efektifitas emoticon-Leh Uga emoticon-Wakaka

Pertanyaan nya gini aja, berapa persen yg sudah vaksin tapi kena covid?
*Ini beda2 tiap negara tapi di brazil 50%an, ini efikasi

Pertanyaan kedua, berapa banyak yg setelah divaksin sinovac itu meninggal karena covid?
*Masih 0% setahu gw, ini berarti efektifitasnya bukan 50% karena si vaksin berhasil nurunin efek virus sehingga ga fatal. Bayangin kalau semua sudah divaksin dan efek covid cuman sebatas bersin atau batuk2 doang, ga sengeri sekarang kan? Jadi ya statement 50% tidak terbentuk antibodi itu juga salah total, setahu gw sih hasilnya 95-99%an ya kalau antibodi terbentuk atau ngga emoticon-Hammer2




Dan seperti biasa please cmiiw kalau ada berita sanggahan emoticon-Jempol
Diubah oleh handratas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 12:22
ini tuh acara untuk membandingkan sinovac dgn nusantara ya? biar dikata sama2 belum lengkap uji klinisnya jadi boleh di suntikkan, kenapa harus mantan menkes yg ngomong? emang dia yg bikin sinovac? kecuali dia ikut dalam penelitian sinovac, omongannya bisa dianggap berbobot, iya ane tau itu ibu sudah suntik nusantara
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 12:28
Barisan sakit hati, sampe ngorbanin integritas nya
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 12:30
setelah jadi robot gegera dalam bodynyah di tanem microcip vaksin, si ibu mantan napi jadi bertambah smart dan visioner..emoticon-Ngakak
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Menkes Era SBY Kuliti Efektivitas Vaksin Sinovac, Begini Pemaparannya
30-04-2021 12:32
setelah divaksin, belum tentu kebal, ayo prokes nya gan
0 0
0
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia