Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
210
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60671f009dadc80ca64ebb83/bagaimana-eksekusi-mati-dilakukan-saat-akhir-kehidupan-telah-diketahui-kepastiannya
Menjadi seorang yang sisa hidupnya harus berakhir dalam eksekusi hukuman mati tentu bukanlah sesuatu yang diinginkan narapidana manapun. Walau terkadang kejahatan yang dilakukannya pantas untuk divonis hukuman berat tersebut. Namun, bagaimana pun mereka adalah manusia yang memiliki rasa khawatir akan sebuah kematian. Vonis hukuman mati yang dijatuhkan oleh hakim rasanya seperti lebih dis
Lapor Hansip
02-04-2021 20:41

Bagaimana Eksekusi Mati Dilakukan, Saat Akhir Kehidupan Telah Diketahui Kepastiannya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Bagaimana Eksekusi Mati Dilakukan, Saat Akhir Kehidupan Telah Diketahui Kepastiannya

gambar

Menjadi seorang yang sisa hidupnya harus berakhir dalam eksekusi hukuman mati tentu bukanlah sesuatu yang diinginkan narapidana manapun. Walau terkadang kejahatan yang dilakukannya pantas untuk divonis hukuman berat tersebut. Namun, bagaimana pun mereka adalah manusia yang memiliki rasa khawatir akan sebuah kematian. Vonis hukuman mati yang dijatuhkan oleh hakim rasanya seperti lebih disambar petir. Karena setelah itu, otomatis hidupnya hanya tinggal menghitung hari.

Kali ini, ane ingin mengajak GanSis membayangkan bagaimana jika sisa-sisa hidup sudah diketahui kapan tibanya. Menjalani aktivitas yang setiap detiknya terasa sekali berkurang. Menantikan eksekusi dilakukan, saat ketidak berdayaan melawan hukum yang telah ditetapkan.

Bagaimana Eksekusi Mati Dilakukan, Saat Akhir Kehidupan Telah Diketahui Kepastiannya

gambar

Terpidana hukuman mati akan diberitahu oleh pihak kejaksaan 3 hari sebelum eksekusi dilakukan. GanSis, biasanya pihak kejaksaan akan mengabulkan seluruh permintaan terakhir narapidana ini. Mereka yang sudah akan dieksekusi diberikan hak-haknya terlebih dahulu. Jika di antara mereka ingin bertemu keluarganya, maka itu harus disanggupi oleh pihak lapas atau kejaksaan. Permintaan inilah yang biasanya diinginkan oleh para narapidana.

Detik berganti menjadi menit, menit berubah menjadi jam, waktu terus melaju, eksekusi kian dekat menghampiri. Terpidana mati akan banyak menghabiskan waktunya bercengkerama dengan keluarga, di sela-sela ibadahnya. Menatap mata sang ibu yang sebentar lagi tak akan bisa dipandang lagi, memandang wajah ketegaran seorang ayah yang dulu banting tulang mencari nafkah. Menyaksikan kerabat keluarga yang pernah menjadi bagian dari cerita hidup.

Bagaimana Eksekusi Mati Dilakukan, Saat Akhir Kehidupan Telah Diketahui Kepastiannya

gambar

Waktu terus melaju, 2 jam menuju eksekusi. Pihak keluarga diminta untuk meninggalkan sang narapidana. Pelukan hangat tak ingin dilepaskan, derai air mata tak bisa ditahan, ucapan terakhir dari keluarga menjadi penguat menghadapi kenyataan. Jeruji besi kini lagi-lagi menjadi pembatas. Kemelut dalam pikiran berkecamuk, penyesalan atas perbuatan yang telah dilakukan seolah bukanlah alasan, eksekusi itu akan segera dilaksanakan.

60 menit sebelum eksekusi, narapidana dibawa ke tempat hukuman mati akan dilangsungkan. Tangan terikat, mata tertutup. Suasana hening dalam gelapnya malam. Tiang eksekusi telah menanti. Baju putih sengaja dikenakan agar terlihat kontras dengan situasi yang gelap. Regu penembak sudah siap, senapan berisi beberapa peluru siap ditembakkan. Sementara itu, sang narapidana terus diberikan nasehat oleh ustadz, rohaniawan, atau pemuka agama sesuai kepercayaan yang dianut.

Bagaimana Eksekusi Mati Dilakukan, Saat Akhir Kehidupan Telah Diketahui Kepastiannya

gambar

Narapidana boleh memilih posisi untuk dieksekusi, berdiri, duduk, atau berlutut dengan tangan terikat di tiang eksekusi, kemudian sebuah kertas berwarna hitam ditempel tepat di sekitar jantung. Sniper mengarahkan senapannya ke arah titik hitam itu. Aba-aba mulai diberikan oleh pemimpin eksekusi. Dalam hitungan detik, peluru melesat cepat ke arah jantung tempat di mana kehidupan itu harus berhenti. Tenaga medis segera memeriksa sang narapidana, memastikan bahwa eksekusi itu berhasil. Narapidana harus mati. Itu saja. Jika dalam 1 menit belum juga menghembuskan napas terakhirnya, maka para algojo diminta kembali untuk menembak dengan sasaran kepala tepatnya di bagian atas telinga. Ya, sang penerima eksekusi memang harus segera mati, agar tidak merasa tersiksa.

Di tempat lain, keluarga tengah cemas menantikan kabar tentang eksekusi tersebut. Setelah menunggu beberapa jam, kabar telah didapatkan. Menyatakan bahwa eksekusi telah dilaksanakan, tak ada tangis setelah keikhlasan. Sebuah peti mati diserahkan ke keluarga, di dalamnya sudah terbujur kaku seseorang yang beberapa jam sebelum itu masih nampak sekilas senyumnya.

Bagaimana Eksekusi Mati Dilakukan, Saat Akhir Kehidupan Telah Diketahui Kepastiannya

gambar

Ya, begitulah kira-kira proses eksekusi hukuman mati dilakukan. Membayangkan pun tak mampu, apalagi harus menjalaninya. Semoga thread ini bermanfaat, dan kita bisa menghindari segala macam kejahatan. Karena kelak akhirnya hanyalah penyesalan.

Di Indonesia sendiri, Pulau Nusakambangan menjadi pilihan tempat untuk dijadikan eksekusi bagi terpidana mati.

Sumber :

Opini pribadi
Diubah oleh hvzalf
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Negrod dan 45 lainnya memberi reputasi
44
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 5
Bagaimana Eksekusi Mati Dilakukan, Saat Akhir Kehidupan Telah Diketahui Kepastiannya
06-04-2021 08:26
makanya jangan macem2
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimana Eksekusi Mati Dilakukan, Saat Akhir Kehidupan Telah Diketahui Kepastiannya
06-04-2021 15:39
ane bacanya sedih banget, ga kebayang harus jadi bagian yang di eksekusi atau yang mengeksekusi... beban moral emoticon-Frown
0 0
0
Bagaimana Eksekusi Mati Dilakukan, Saat Akhir Kehidupan Telah Diketahui Kepastiannya
06-04-2021 19:30
duuuh miris banget ane bacanya gan
jadi sebuah peringatan ini, untuk tidak bertindak yang melanggar hukum
apalagi tindak kriminal berat, apayang dilakuin ada konsekuensinya yang bakal diterima
0 0
0
Bagaimana Eksekusi Mati Dilakukan, Saat Akhir Kehidupan Telah Diketahui Kepastiannya
06-04-2021 21:30
Tp yaudah pasrah.. dan nyesel pasti
0 0
0
Bagaimana Eksekusi Mati Dilakukan, Saat Akhir Kehidupan Telah Diketahui Kepastiannya
07-04-2021 12:34
Mirip mirip Kek di pilem valkyrie yaa pas eksekusi nya langsung dorr emoticon-Hammer


emoticon-army
0 0
0
Bagaimana Eksekusi Mati Dilakukan, Saat Akhir Kehidupan Telah Diketahui Kepastiannya
07-04-2021 15:43
ga ada ampun, hukum mati koruptor
emoticon-Lempar Bata
0 0
0
Bagaimana Eksekusi Mati Dilakukan, Saat Akhir Kehidupan Telah Diketahui Kepastiannya
07-04-2021 22:00
Gak bisa ngebayangin hal ini, matinya kaya udah dijadwalin gitu, pasti tiap malem ga bisa tidur
0 0
0
Bagaimana Eksekusi Mati Dilakukan, Saat Akhir Kehidupan Telah Diketahui Kepastiannya
08-04-2021 17:22
Menetes air mata ini membaca dan membayangkan.....
0 0
0
Bagaimana Eksekusi Mati Dilakukan, Saat Akhir Kehidupan Telah Diketahui Kepastiannya
27-04-2021 03:31
Tinggal pasrah dan menunggu waktu, sambil bertaubat
0 0
0
Bagaimana Eksekusi Mati Dilakukan, Saat Akhir Kehidupan Telah Diketahui Kepastiannya
30-04-2021 08:07
coba tonton film GREEN MILE nya Tom Hanks
regu eksekutor (komandan regu nya tom hanks) dipaksa menghukum mati si narapidana yg di vonis mati
regu tembak nya udah tau kalo dia sebenarnya gak bersalah
karena kondisi rasis kulit hitam kala itu yg emang parah aja yg bikin dia jadi terdakwa tanpa pengusutan lanjutan lagi
pas ending nya, sebelum eksekusi, regu eksekutor nya pada nangis gak tega, tapi tugas tetap tugas, akhirnya narapidana mati di kursi listrik
dan itu menjadi tugas terakhir tom hanks di lapas itu, karena setelah itu dia gak kuat dan akhirnya resign
penderitaan belum berakhir, Tuhan menghukum Tom Hanks, diberi karunia umur panjang hanya utk melihat semua teman2 dekat dan istri nya meninggal satu per satu karena usia
asli keren banget tuh film, bikin ane jadi mikir apakah hukuman mati itu tetap diperlukan atau tidak

Bagaimana Eksekusi Mati Dilakukan, Saat Akhir Kehidupan Telah Diketahui Kepastiannya
0 0
0
Halaman 5 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia