c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Suka Selfie!! Ponsel Dengan Kamera Model Pop Up, Apa Sudah Tak Laku Lagi?





Model kamera di dunia smartphone banyak banget deh jenisnya, terutama bagi kamu yang suka selfie tentu kamera depan punya banyak sekali model di tiap series dari smartphone.

Walau sebenarnya kamera pada smartphone jadul lebih banyak digunakan pada saat itu hanya dibelakang saja, bahkan dahulu pixelnya sangat kurang perlahan namun pasti kamera smartphone sekarang dapat bersaing dengan kamera digital.



Karena banyak orang suka selfie, maka penggunaan kamera depan pun ditambahkan. Dan benar sekali sosial mediapun dipenuhi dengan foto-foto selfie, apalagi sekarang ada applikasi tik tok kamera depan juga berguna untuk sarana berjoget ria.

Namun tahukah kamu ada berapa banyak sih model kamera depan ini? Tentu saja dengan perkembangan zaman bentuk dan model kamera pada smartphone juga berubah.



Pada awalnya kamera depan di taruh di atas pojok dekat dengan speaker, lebih banyak model lawas seperti ini ditemukan pada smartphone yang lawas juga.

Kemudian inovasi mulai berkembang, tepatnya tahun 2018 ada brand ternama iPhone yang menjadi pioneer terbentuknya "Notch Pony" yang disematkan pada iPhone X, bisa dibilang letak kamera depan saat itu menjadi anti-mainstream. Kemudian banyak di ikuti oleh produsen ponsel lainnya seperti Xiaomi Mi 8, OnePlus 6, Huawei P20 Pro, Honor 10, dan masih banyak yang lainnya



Kemudian di tahun 2019, ada lagi inovasi yang bernama "Water Drop, Dew Drop, atau Tear Drop" model ini memberikan kesan layar lebih lebar dan sensor, speaker dipindahkan menyisakan satu kamera ditutup oleh layar yang lebih luas. Model seperti ini dipakai oleh Oppo F9 Pro, Vivo 11 Pro, Realme 2 Pro, Xiaomi Mi 9, Oppo R17 Pro, dan diikuti banyak produsen ponsel lainnya.



Kemudian inovasi pun berlanjut, model kamera depan menjadi "Pop Up" agar layar bersih dari notch. Layar terlihat lebih lebar dan lebih luas, karena kamera disembunyikan dibagian atas ponsel. Model ini sangat mahal di masanya, karena kamera akan keluar otonatis ketika kita mengaktifkan model selfie. Sebuah terobosan teknologi yang keren, namun hal ini punya banyak kelemahan.

Karena gerakan dari kamera model Pop Up / Slider Camera, itu bergerak secara otomatis maka bila dipakai dalam jangka waktu yang panjang akan sangat rawan rusak, apalagi lebih mudah kemasukan air dan debu.



Karena kelemahannya itulah banyak orang berfikir untuk tidak membeli ponsel jenis ini, walau dinilai canggih dan layar terlihat lebih luas. Jenis smartphone yang menggunakan kamera pop up adalah Oppo Find X, Oppo F11 Pro, Realme X, Vivo V15 Pro, Xiaomi Mi Mix 3, Vivo V17 Pro, Mi 9T, Oppo Reno dan masih banyak yang lainnya.

Sedangkan Samsung untuk mengakali kamera pop up dari bawah yang rawan rusak mereka membuat model kamera depan dengan sistem pop up Rotating Slider, model ini kalau kamu ingat mirip dengan Nokia 3250 dan Nokia N90.



Jadi kamera belakang akan berputar otomatis menjadi kamera depan, otomatis masalah debu dan cipratan air dapat dikondisikan walau sistem gerakan otomatis walau terlihat canggih resiko kerusakannya juga lebih tinggi. Model ini disematkan pada Samsung Galaxy A80, yang rilis April 2019 dan jarang produksi smartphone yang mengikuti langkahnya karena biaya untuk membuat seperti itu cukup mahal, dan harga yang dilepas ke konsumen juga pasti akan tinggi.



Mereka lebih memilih berinovasi ke model yang lain, dinamakan "Punch Hole Camera" tipe kamera ini dinilai lebih aman dibandingkan jenis pop up, bahkan bisa mendapat sertifikat IP 68 anti air dan debu, karena model ini tertutup rapat portnya.

Bahkan jenis flagship dari banyak brand lebih memilih tipe camera seperti ini, yang diadopsi ke smartphone jenis mid range. Hingga di tahun 2021 jenis kamera tipe seperti ini lebih banyak disukai konsumen, awal kamera punch hole disematkan pada smartphone Samsung Galaxy S10 & S10+, Samsung Galaxy A8s, dan Huawei V20 Pro. Tapi kini hampir semua vendor smartphone mengeluarkan model kamera ini untuk produk terbarunya.



Kalau dilihat inovasi kamera selfie jenis pop up memang lebih futuristik, keren dan juga penuh dengan gaya. Tapi kenapa saat ini produsen ponsel tidak ingin mengeluarkan jenis ini lagi, apakah karena rawan rusak maka kamera tipe pop up tidak laku dipasaran?

Yang jelas banyak pemakai ponsel jenis kamera pop up tidak mengalami kendala sama sekali, atau banyak orang enggan beli karena kalau mau selfie pasti ketahuan karena kameranya tiba-tiba nongol tidak bisa selfie sembunyi-sembunyi.







Entahlah apa alasannya, namun yang pasti produsen smartphone mulai meninggalkan jenis kamera pop up.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





Diubah oleh c4punk1950... 30-04-2021 18:04
aygilagility
orgbekasi67
reza220
reza220 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
3.6K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.8KThread8.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.