• Beranda
  • ...
  • Health
  • Waspadai Fibromialgia, Nyeri Pada Otot Dan Tulang Yang Kebanyakan Menyerang Wanita

monicameyAvatar border
TS
monicamey
Waspadai Fibromialgia, Nyeri Pada Otot Dan Tulang Yang Kebanyakan Menyerang Wanita


Hai GanSis, apa kabar? Kembali lagi bersama saya di sini. Kali ini saya ingin berbagi thread mengenai kesehatan. Menelisik ke belakang sekitar beberapa bulan lalu, saya pernah mengantarkan sahabat ke dokter. Ia mengeluhkan jika dirinya merasa cepat lelah dan sakit di tubuhnya.

Akhirnya kami ke dokter bagian penyakit dalam, saya ikut masuk dan ingin tahu ada apa dengan kondisi sahabat saya. Setelah melakukan pemeriksaan lebih jauh, kami mengetahui jika sahabat saya ini didiagnosa memiliki penyakit Fibromialgia. Meskipun tidak membahayakan nyawa, tetapi penyakit ini membuat penderitanya mengalami kesakitan. Oh, ya penyanyi terkenal Lady Gaga pernah menderita ini, GanSis.

Nah, karena itulah saya ingin berbagi mengenai penyakit ini, karena jarang diketahui oleh beberapa orang. Yuk, kita bahas satu persatu di bawah ini.

Fibromialgia atau Sindrom Fibromialgia adalah penyakit yang membuat para penderitanya merasakan nyeri, kaku pada otot, tendon dan sendi. Memang sih penyakit ini tidak akan mengancam nyawa dan tidak menyebabkan kerusakan pada kerusakan tubuh, kelainan ataupun cedera organ tubuh internal ( baca : hati, usus, lambung, otak, paru, jantung dll )

Spoiler for Fibromialgia:


Fibromialgia sejatinya berasal dari bahasa latin yaitu Fibro yang artinya jaringan. Myo dalam bahasa Yunani memiliki arti otot dan Algia yang artinya nyeri. Karena itulah sahabat saya ini sering merasakan nyeri di sekujur tubuhnya terutama ketika ia bangun tidur di pagi hari.

Kondisi sahabat saya ini sebelum tahu adanya Fibromialgia, ia sering merasa lelah, susah waktu tidur dan merasa cemas sehingga ia terhambat melakukan kegiatan ataupun beraktifitas sehari-hari.

Siapa saja yang memiliki penyakit/sindrom ini?

Tak menutup kemungkinan jika anak-anak juga bisa terkena penyakit ini, tetapi 80% penderitanya adalah perempuan sedangkan sisanya adalah kaum pria atau anak-anak. Usia rata-rata penderita kisaran antara 30- an hingga usia 55-an tahun.

Lalu apa penyebab penderita mengalami Fibromialgia? Sejauh ini belum ada kepastian secara menyeluruh apa penyebabnya, akan tetapi diduga karena adanya faktor pemicunya yaitu :

° Rentang usia antara 30 tahun - 50 tahun

° Jenis kelamin. Perempuan lebih rentan mengalami penyakit ini

° Faktor keturunan

° Adanya trauma fisik atau emosional

° Senyawa kimia yang tidak seimbang di dalam otak

° Adanya penyakit yang memiliki hubungan dengan sendi, otot dan tulang. Misalnya nih penyakit lupus atau rematik arthritis.

Apa ada gejalanya? Semua penyakit pastinya ada gejala, Fibromialgia juga memiliki gejalanya tersendiri, GanSis. Yuk kita simak apa saja di bawah ini :

1. Tubuh sensitif terhadap rasa sakit. Memang seperti apa, sih itu? Rasa sakit ini dapat berupa nyeri yang tumpul, sensasi terbakar atau seperti tubuh kita ditusuk-tusuk benda tajam.

Di bagian tubuh mana sih itu? Beberapa di antaranya itu terdapat di area siku, bahu, lutut, pinggul, belakang kepala, lengan, punggung atas dan dada.

2. Otot terasa kaku, sulit digerakkan. Ini seperti sahabat saya di mana ia mengalami kaku otot di waktu bangun tidur.

3. Susah tidur meski mengantuk, mudah lelah.

4. Sakit kepala, pusing.

5. Sulit berkonsentrasi

6. Depresi

7. Kecemasan yang berlebihan

8. Kram perut

9. Mudah marah, emosi
Gejala-gejala itu dapat terjadi hilang timbul ya, GanSis. Hanya penderitanya yang bisa merasakan gejala tersebut. Ada baiknya GanSis segera konsultasi ke dokter jika menemui gejala di atas.

Adakah pengobatannya?

Menurut dokter yang menangani sahabat saya ini, memang penyakit Fibromialgia termasuk kondisi di mana bisa dikatakan kronis dan tidak dapat disembuhkan. Jadi dokter tersebut hanya memberikan obat-obatan saja untuk meringankan gejalanya saja agar para penderita bisa beraktifitas kembali. Selain obat-obatan juga ada penanganan lainnya di antaranya yaitu :

* Terapi Psikologis seperti mengurangi stres. Dukungan keluarga juga dibutuhkan ya, GanSis. Terkadang nih faktor lingkungan juga bisa mempengaruhi seperti kebisingan ataupun cuaca.

* Terapi fisik, melakukan fisioterapi

* Olah raga ringan seperti kita melakukan olah raga ringan. Contohnya berenang, berjalan kaki atau bisa juga bersepeda

* Pola makan yang sehat.

Lalu bagaimana Fibromialgia didiagnosa?

Sejauh ini tidak ada tes darah atau X-Ray, tetapi para dokter akan melakukan tes titik lunak. Dalam mendiagnosis, dokter akan menekan 18 titik lunak khusus selama lima menit yang berada di kedua pundak, leher, leher bagian belakang, belakang lutut, kedua siku dan di bawah pinggang.

Sampai saat ini sahabat saya melakukan terapi fisioterapi, meminum obat dan melakukan pola hidup sehat. Meski terkadang ia masih merasakan nyeri, tetapi sudah tidak seperti dulu lagi.

Itu GanSis sedikit pengetahuan yang bisa saya bagikan ke kalian mengenai penyakit sahabat saya. Jika ada kekurangan mohon dimaafkan dan kalian bisa membaca lebih detail mengenai penyakit tersebut melalui sumber di bawah ini ya.

1. Informasi 1

2. Informasi 2

3. Informasi 3

Yuk berikan emoticon-Cendol Ganemoticon-Repostbigkiss

Sekian thread saya kali ini. Semoga bermanfaat ya, GanSis.

=Selesai=

Surabaya, 29 April 2021
doobey
insaniherbal
saldydoank
saldydoank dan 5 lainnya memberi reputasi
4
1.7K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.