News
Batal
KATEGORI
link has been copied
37
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608a2018f2326369147e77a1/baku-tembak-di-kabupaten-puncak-papua-2-polisi-terluka-1-gugur
Baku tembak antara kelompok kriminal bersenjata (KKB) dengan Satuan Tugas (Satgas) gabungan TNI-Polri kembali terjadi Kabupaten Puncak, Papua. Satu anggota brimob gugur, dan dua lainnya terluka. Juru bicara Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, mengatakan baku tembak itu terjadi di sekitar Markas Lumawi, Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua, sekitar pukul 08.00 WIT,
Lapor Hansip
29-04-2021 09:55

Baku Tembak di Kabupaten Puncak Papua, 2 Polisi Terluka, 1 Gugur

Baku Tembak di Kabupaten Puncak Papua, 2 Polisi Terluka, 1 Gugur

Baku tembak antara kelompok kriminal bersenjata (KKB) dengan Satuan Tugas (Satgas) gabungan TNI-Polri kembali terjadi Kabupaten Puncak, Papua. Satu anggota brimob gugur, dan dua lainnya terluka.

Juru bicara Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, mengatakan baku tembak itu terjadi di sekitar Markas Lumawi, Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua, sekitar pukul 08.00 WIT, Selasa (27/4). Baku tembak itu melibatkan Satgas gabungan TNI-Polri dengan KKB pimpinan Lekagak Telenggen.

"Akibat kejadian tersebut, tiga personel Brimob terkena tembakan," kata Kamal dalam keterangan tertulisnya.

Kamal menjelaskan, tiga personel brimob yang terkena tembakan yakni Ipda Anton Tonapa, dan Bripka M. Syaifudin mengalami luka tembak, sedangkan Bharada Komang gugur dalam kejadian itu. Kemudian, tiga personel itu pada pukul 14.21 WIT dievakuasi dari Bandara Aminggaru, Ilaga, menuju Bandara Mozes Kilangin, Timika, menggunakan helikopter milik Polri.

"Jenazah Bharada Komang saat ini disemayamkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika. Sementara untuk dua korban lainnya dalam keadaan sadar dan telah mendapatkan perawatan medis di RSUD Mimika," jelasnya.

Saat ini Satgas gabungan TNI-Polri masih melakukan pengejaran terhadap KKB pimpinan Lekagak Telenggen tersebut.

Sementara itu, Kepala Penerangan Kogabwilhan III, Kol CZI IGN Suristiawa, menuturkan aparat gabungan TNI-Polri akan terus melakukan tindakan tegas kepada KKB.

“TNI-Polri tidak akan gentar menghadapi KKB meskipun nyawa taruhannya. Ini menjadi wujud pengabdian yang tidak main-main dari prajurit TNI-Polri terhadap saudara-saudara kita di Papua,” ucapnya kepada VOA.

TPNPB-OPM Mengaku Bertanggung Jawab

Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Sambom, mengatakan baku tembak yang membuat satu anggota brimob gugur memang dilakukan pihaknya di bawah komando Lekagak Telenggen. Baku tembak antara pihaknya dengan Satgas TNI-Polri telah berlangsung sejak Senin (26/4) malam hingga (27/4).

"Kami bertanggung jawab atas serangan di Ilaga pada tanggal 26 dan 27 April 2021," kata Sebby kepada VOA.

Lanjut Sebby, pada hari yang sama baku tembak juga terjadi di Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua. Namun, dia belum bisa memastikan apakah ada korban dalam baku tembak yang terjadi di Distrik Gome.

"Di Distrik Gome juga anggota baku tembak dengan aparat TNI-Polri mulai dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIT. Kami akan laporkan setelah cek di Distrik Gome," pungkasnya.

Selang 2 Hari Setelah Ditembaknya Kabinda Papua

Insiden ini hanya berselang dua hari dari kontak tembak di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, yang menewaskan Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Puti Danny Karya Nugraha pada hari Minggu (25/4).

Presiden Joko Widodo hari Senin (26/4) telah memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri untuk mengejar dan menangkap seluruh anggota kelompok bersenjata itu. Sementara Badan Intelijen Negara kini melabeli kelompok separatis bersenjata di Papua itu sebagai kelompok teroris.

https://www.voaindonesia.com/amp/bak...r/5868670.html

Berarti KKB nembak dari atas dan menyergap rombongan polisi dan tentara ya? Ngeri banget mirip kaya ISIS di irak yg tempo hari menyergap rombongan konvoi tentara dan menembak membabi buta sehingga puluhan tentara tewas. Agak diuntungkan sebenarnya KKB, karena mereka menguasai medan hutan, satu satunya cara adalah pakai helikopter lalu tembak rudal yang banyak sehingga mereka gak bisa lari kemana mana, CMIIW.
Diubah oleh KS06
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
5
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Baku Tembak di Kabupaten Puncak Papua, 2 Polisi Terluka, 1 Gugur
29-04-2021 12:12
Palestine merdeka Papua juga merdeka emoticon-Cool
profile-picture
747.400 memberi reputasi
1 0
1
Baku Tembak di Kabupaten Puncak Papua, 2 Polisi Terluka, 1 Gugur
29-04-2021 12:45
udah pki sunyi senyap aj buat gerombolan2 ini tumpas habis..emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
747.400 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Baku Tembak di Kabupaten Puncak Papua, 2 Polisi Terluka, 1 Gugur
29-04-2021 13:48
seng ngajari monyet KKB latihan tembak siapa sih kok titis bgt nembaknya,,,
0 0
0
Baku Tembak di Kabupaten Puncak Papua, 2 Polisi Terluka, 1 Gugur
29-04-2021 17:33
selalu hal yang menyedihkan ketika ada yg gugur emoticon-Frown ini harus segera diselesaikan
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia