yurikeadeAvatar border
TS
yurikeade
Penampakan Kartu Pas Pensiunan Dispar DKI Tersangka Mafia Karantina


Jakarta - WNI berinisial JD yang baru pulang dari India lolos masuk Jakarta via Bandara Soekarno-Hatta tanpa prosedur karantina selama 14 hari. Belakangan terungkap, tersangka JD lolos atas bantuan tersangka S alias Sunarso yang merupakan pensiunan Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menjelaskan S mengatur hingga menjemput JD di Bandara Soekarno-Hatta setibanya di Tanah Air. S bisa mondar-mandir di Bandara Soetta karena memiliki kartu pas.

"Kita dalami semua termasuk adanya kartu pas yang memang saudara S yang mengatur mulai dari menjemput, ini memiliki kartu pas. Dia dulu mantan pegawai, pensiunan dari Pariwisata DKI, sudah pensiun," kata Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Polisi sebelumnya memang menemukan kartu pas Dinas Pariwisata DKI Jakarta pada dua tersangka S dan RW. Berbekal kartu tersebut, kedua tersangka bisa melenggang bebas di Bandara Soekarno-Hatta.

"Tahu seluk-beluk bandara bahkan bisa keluar. Kami masih dalami kartu pas-nya termasuk anaknya sendiri si RW sama bisa ada kartu pas keluar masuk bandara kita dalami," ungkap Yusri.



detikcom mendapatkan foto kartu pas atas nama tersangka S alias Sunarso dan RW alias Raga Wicaksono. Dari foto yang diterima detikcom, terlihat kartu pas tersebut berwarna kuning. Dalam kartu pas itu tertera keterangan tanggal 23 Des 2021.

Foto dari tersangka S atas nama Sunarso pun terpampang dalam kartu pas tersebut. Di bawahnya terdapat keterangan Dinas Pariwisata DKI.

Hal serupa terdapat pada kartu pas milik tersangka RW atau atas nama Raga Wicaksono. Selain itu detikcom juga menerima salinan keterangan dari Dinas Pariwisata DKI Jakarta perihal surat keterangan kerja dari tersangka S dan RW.

Dalam surat tersebut diketahui tersangka S dan RW diizinkan untuk bertugas sebagai tenaga perbantuan untuk melayani para pejabat beserta tamu pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Bandara Soetta masing-masing sejak tahun 1997 dan 2018 sampai sekarang.

Polisi telah menetapkan empat tersangka dari kasus lolosnya JD, WNI dari India yang kembali ke Indonesia via Bandara Soetta tanpa melewati prosedur karantina kesehatan. Selain JD, polisi telah menetapkan S, RW, dan GC sebagai tersangka. Kepada polisi, JD mengaku membayar S sebesar Rp 6,5 juta. S dan RW pun mengaku sebagai pegawai Bandara Soetta dalam melakukan aksinya.

Pemprov DKI Jakarta membantah bahwa tersangka S, mafia karantina di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), adalah pensiunan Dinas Pariwisata (Dispar) DKI Jakarta. Pemprov menyatakan S tak terdaftar dalam database pegawai Dispar DKI. Namun polisi memiliki dokumen bukti bahwa mereka adalah pegawai Dispar DKI.

"Kami juga di sini kaget karena kami sama sekali tidak punya nama beliau di database maupun dari... yang kami tahu memang mereka bukan pegawai dinas," kata Kepala Seksi Pengawasan Disprekraf DKI Jakarta, Iffan, saat dimintai konfirmasi, Rabu (28/4/2021).



Iffan mengatakan pihaknya tengah melakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan dari mana S mendapatkan kartu pas tersebut. Padahal, sebutnya, keluar-masuk area Bandara Soetta dijaga ketat oleh otoritas setempat.

"Kami masih melakukan pendalaman sampai dia dapat itu dari mana. Otoritasnya kan kewenangan pihak bandara," jelasnya.

Iffan menegaskan kedua tersangka bukan bagian dari staf, penyedia jasa layanan perorangan (PJLP), ataupun ASN Dinas Pariwisata. Dia menepis pegawainya tidak ada yang terlibat kasus mafia karantina ini.

"Bukan. Seperti statement sebelumnya, keduanya ini kita nggak kenal sama sekali," tegasnya.


Sumber https://news.detik.com/berita/d-5550...ntina?single=1
samuderaindia
sudarmadji-oye
sudarmadji-oye dan samuderaindia memberi reputasi
2
961
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.