Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
224
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6087731c3d27f0721f43a74a/mengenal-bibliosmia-aroma-khas-yang-dimiliki-buku
Biasanya aroma buku baru cenderung memiliki aroma kimia yang menguar dari kertas dan tinta yang digunakan saat mencetak buku. Sedangkan jika telah berusia lanjut, bau khas buku lama tercium beda dari buku baru. Aroma buku atau bau buku ini disebut bibliosmia, GanSist. Aroma yang dihasilkan tiap buku juga berbeda tergantung jenis kertas dan bahan kimia yang digunakan.
Lapor Hansip
27-04-2021 09:12

Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
Hai hai Agan dan Sista, selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

Buku adalah jendela dunia. Buku yang kita kenal dulu mempunyai penampakan beberapa lembaran kertas, tapi saat ini peran kertas telah tergantikan oleh media elektronik. Bukan hanya buku fisik yang dapat dinikmati pembaca, tapi sekarang banyak buku berbentuk elektronik yang dapat dinikmati secara gratis. Namun, peminat buku fisik hingga hari ini tetap tidak ada matinya.

Peran buku fisik masih begitu penting dalam kehidupan, misalnya dunia pendidikan. Buku yang dibiarkan bertumpuk-tumpuk terlalu lama di dalam lemari memiliki aroma yang khas. Bukan hanya buku lama aja sih, GanSist, aroma buku baru pun berbeda.

Biasanya aroma buku baru cenderung memiliki aroma kimia yang menguar dari kertas dan tinta yang digunakan saat mencetak buku. Sedangkan jika telah berusia lanjut, bau khas buku lama tercium beda dari buku baru. Aroma buku atau bau buku ini disebut bibliosmia, GanSist. Aroma yang dihasilkan tiap buku juga berbeda tergantung jenis kertas dan bahan kimia yang digunakan.
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
Kata bibliosmia diambil dari bahasa Yunani, yang memiliki arti buku dan bau. Mereka yang menyukai bahkan kecanduan dengan bau buku ini pastinya juga menyukai buku. Orang yang menyukai aroma buku ini disebut Book Sniffer. Aroma buku ini telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai aroma warisan tak benda.

Bibliosmia sendiri terjadi karena pada kertas yang berasal dari kayu mengandung senyawa alami yaitu cellulose dan lignin pada sel batang pohon kayu. Selain itu kertas juga mempunyai bahan kimia lainnya seperti benzaldehida, vanillin, ethyl hexanol, toluene, dan ethyl benzene. Semakin lama usia sebuah buku, maka akan ada proses penuaan atau kerusakaan pada zat-zat yang tersebut tadi.

Untuk warna kertas yang seiring waktu ikut berubah warna, itu disebabkan oleh zat lignin yang mulai bereaksi. Makanya semakin lama usia buku, maka bau atau aroma yang dihasilkan akan semakin menyengat. Ini dikarenakan proses penuaan oleh zat-zat yang terkandung di dalam kertas.

Bagi seorang book sniffer, bau buku adalah aroma yang membuat candu. Mungkin GanSist pernah melihat seorang teman ketika membeli sebuah buku, membuka segel, lalu membaui buku yang baru dibelinya. Bukan hanya buku baru saja, seorang book sniffer juga suka membaui buku-buku lama.

Namun, ada bahaya yang mengintai jika terlalu sering membaui buku-buku lawas, apalagi jika tempat penyimpanan buku tidak terawat. Bahaya dari jamur atau parasit yang menempel pada buku lawas, apabila tercium akan masuk ke dalam sistem pernapasan. Hal inilah yang harus dijauhi, dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan.

Ane pamit undur diri, sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Sehat dan bahagia selalu.

Sumber gambar dan referensi : 1, 2, 3, 4

profile-picture
profile-picture
profile-picture
DianAhmadKaskus dan 39 lainnya memberi reputasi
40
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
27-04-2021 12:53
Wah tercyduk...
Buku baru - buka plastiknya - cek covernya depan belakang - cek per lembar ada yang nempel atau engga - cium aroma kertasnya emoticon-2 Jempol

Tapi aroma kertas/buku yang pernah kerendam air ga enak...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
27-04-2021 13:27
emoticon-Wow lebih suka aroma duwit baru ngaB emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abcdewa dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
27-04-2021 13:46
Buku tabungan lebih enak baunyaemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
27-04-2021 13:57
Tetep aroma khas yang satu itu yang ga ada kembaran nya emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
wanpantau dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
27-04-2021 16:00
ya bener gan...ada beberapa buku yang wangi
kl komik conan ane wangi...ane kasih minyak wangi emoticon-Big Grin
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
27-04-2021 18:22
emang enak sih bau buku-buku lama yang udah disimpen di lemari atau buku-buku baru yang baru dibuka plastiknya.
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
27-04-2021 18:42
kalo gue malah seneng cium aroma barang elektronik yg baru di kluarin dari kardusnya, baunya gimana gitu kek ada kepuasan tersendiriemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
27-04-2021 20:40
Waah iyanih ane suka bau buku yg lama gituuu, kayak khas bgttt apek apek gimana gitu
profile-picture
profile-picture
wanpantau dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
28-04-2021 03:14
And suka cium aroma buku tapi ga suka baca buku wkwkwk aneh
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
28-04-2021 04:08
baunya khas banget.. salah satu kelebihan yang gak dimiloki e-book hahaha emoticon-Ngakak
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
28-04-2021 11:19
sama gan ane juga suka bau buku yang baru dibuka segelnya apalagi buku yang udah lama baunya bikin ketagihan
0 0
0
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
28-04-2021 12:34
Jadi inget di kelas dulu diketawain temen gegara sibuk nyiumin aroma buku yang baru ane beli🤣
0 0
0
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
28-04-2021 12:47
Buku baru enak baunya...emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
28-04-2021 13:20
Woalah ternyata ada namanya juga yah bau buku ini gan 😁, ane suka bau buku yg masih baru di buka segelnya gan 😅
0 0
0
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
29-04-2021 00:49
emoticon-Jempol baru tau ane. selama ini gak pernah kepikiran soal aroma buku
0 0
0
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
29-04-2021 00:56
oooh jadi namanya blibiosma..
nice info gan.. :cendol
profile-picture
krupuksehat memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
29-04-2021 03:12
Ane punya buku usianya lebih dari seabad. Cetakan tahun 1912 karya Ki Padmasoesastra. Aksara yang dipake aksara Jawa dan aksara Latin dengan bahasa Belanda. Ane kagak bisa baca tu buku emoticon-Wakaka

Ane suka baunya. Sedap-sedap bagaimana begitu.

Mau ane jual ke kolektor, tapi sayang. Sekarang masih ada di rak, lumayan terjaga.

Meski baunya itu buku ane suka, tapi ane masih lebih suka bau-bau THR. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
ss78 dan lupis.manis memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
29-04-2021 03:15
Buku-buku baru yang pake book paper kuning itu nggak enak meski nyaman di mata ketika baca. Kalu buku fotocopian pake kertas HVS itu baunya agak pesing bikin kepala pening. emoticon-Matabelo
0 0
0
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
29-04-2021 09:05
aroma duit baru > aroma buku baru emoticon-Ngakak
0 0
0
Mengenal Bibliosmia, Aroma Khas yang Dimiliki Buku
29-04-2021 09:05
Baru kenal
0 0
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia