Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
183
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6081a437be53ca1d334a5f70/benarkah-indonesia-akan-jadi-negara-maju-jika-tidak-dijajah
Hai agan sista semua yang masih setia ngekaskus pagi siang dan malam. Kalau gak ada kalian para kaskuser mungkin thread ane bakalan sepi dan gak ada yang baca. Oke gan, ane mau bikin thread lagi nih, kali ini ngebahas masalah Indonesia dan penjajahan zaman dulu.
Lapor Hansip
22-04-2021 23:28

Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
Hai agan sista semua yang masih setia ngekaskus pagi siang dan malam. Kalau gak ada kalian para kaskuser mungkin thread ane bakalan sepi dan gak ada yang baca.

Oke gan, ane mau bikin thread lagi nih, kali ini ngebahas masalah Indonesia dan penjajahan zaman dulu.

Tadi siang ane kedatangan temen ane yang ngedadak jadi kritis dan nasionalis setelah dia nonton channel sejarah di YouTube.

Terus dia bilang ke ane, “Jika seandainya Indonesia gak dijajah, mungkin sekarang Indonesia akan jadi Negara maju!”

Ane sebelumnya setuju dengan pemikiran teman ane ini, tapi ane rasa setelah ane Googling dan membaca sedikit artikel sejarah zaman penjajahan dulu, maka disini ane mulai gak setuju gan dengan pemikiran temen ane ini.

Apakah benar Indonesia akan lebih maju dari sekarang jika dulunya tidak dijajah?

Berdasarkan opini ane, ane rasa tidak gan.
Karena jika kita flashback ke zaman dulu, sebenarnya Indonesia itu bisa ada dari sabang sampai Merauke karena adanya penjajahan.

Sebab pada awalnya juga, sebelum bangsa eropa menjajah Indonesia sebenarnya bangsa Eropa sudah lama menginjakkan kaki di bumi Nusantara ini, namun dulu belum ada Indonesia dan masih zaman kerajaan.

Nah benar kan.

Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?

Lahirnya Indonesia sendiri pasti agan sista semua juga sudah tau, yaitu setelah beberapa kerajaan di Nusantara runtuh, lalu bertahun-tahun lamanya dijajah sampai akhirnya Jepang menyerah kepada sekutu dan pada saat itu kemerdekaan Indonesia mulai di proklamasi kan.

Jadi sederhananya gini gan, kalau gak dijajah mungkin Indonesia gak bakalan ada. Tapi yang ada mungkin adalah beberapa kerajaan di Nusantara ini yang membentuk sebuah negara kerajaan seperti Majapahit, Sriwijaya, Mataram, dan lain sebagainya.
Tapi karena adanya penjajahan yang dilakukan oleh pihak Belanda selama lebih dari seratus tahun lamanya dan sampai kerajaan yang di Nusantara runtuh, akhirnya bangsa ini yang dulunya saling bertengkar karena adu domba pun bersatu dalam satu bahasa yang sama, cita-cita yang sama, keinginan untuk terbebas dari penjajah dan lahirlah Indonesia.

Kalau Indonesia tidak dijajah, mungkin negara ini tidak akan semaju ini. Sebab nantinya Indonesia akan tertinggal dari segi teknologi informasi dan sistem pemerintahan.

Ini ane bukannya mau meremehkan orang asia tenggara, tapi jika tidak dijajah mungkin yang akan jadi negara maju hanya kerajaan besar Nusantara saja yang akan maju, misalnya Majapahit dan Sriwijaya yang sudah terkenal kerajaan besar dan sering melakukan penjelajahan samudra ke kerajaan lain.
Hal ini dikarenakan sudah adanya sistem pemerintahan yang baik di kerajaan besar yang ada di Nusantara. Selain itu, dalam segi ekonomi dan teknologi juga sudah maju karena adanya pengaruh dari bangsa lain seperti bangsa Arab, India, dan China gan.

Tapi jika kita bandingkan dengan bangsa eropa, maka bangsa Eropa sudah jauh lebih maju dari orang-orang yang ada hidup di asia tenggara.

Ya ini wajarlah gan, yang dilalui oleh bangsa Eropa sudah beragam gan. Mulai dari awal peradaban Yunani kuno, sampai Eropa juga pernah mengalami kemunduran pada abad dark age.

Karena adanya penjajahan di Indonesia juga, maka kita bisa semaju ini.

Mulai dari sistem pemerintahan, pendidikan, demokrasi, sampai militer juga awal konsepnya itu dari adanya penjajahan Belanda dan Jepang gan.

Ini sih menurut ane gan, kalau menurut agan gimana ?





profile-picture
profile-picture
profile-picture
zander13 dan 31 lainnya memberi reputasi
32
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 6
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 15:56
Ane suka sama pemikiran TS.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 15:57
Tidak ada Indonesia tidak ada bank Indonesia.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 16:03
Namanya kerajaan di mana2 bakal ancur dan digantikan dgn yg baru. Biasanya lemah krn perang saudara perebutan kekuasaan dulu kemudian diancurin sama kerajaan lain. Itu yg terjadi sama kerajaan2 besar ky Majapahit, Demak, dll.

Kl menurut ane sih maju engganya tetep tergantung manusianya. Bisa aja penjajahan bikin "bodoh" masyarakat krn mrk tidak disekolahkan dan dijadikan pekerja kasar ky kerja rodi dan romusha. Di jaman Belanda yg punya pendidikan tinggi adl org2 golongan bangsawan yg bs lanjut sekolah bahkan sampai ke Belanda.

Tp kl ga dijajah, bisa aja ada kerajaan yg kuat trus menyatukan Nusantara ky Majapahit, bisa jg maju krn persaingan dgn kerajaan lain, ga tau dah. Susah kalo berandai2. Jadinya halu.
0 0
0
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 16:14
gk ada indonesia....setiap pulau ato provinsi jadi negara.....gk ada orang sumatra jawa numplek di satu kota cari duit kek jakarta
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 16:22
klo Indonesia ga dijajah mungkin semua masih pake kain kemben dan ke mana2 pake gerobak kuda di tahun 2021, intinya Indonesia ga bakal eksis..... emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 16:23
menurut ente gimna gan
????.....
bisa jadi iya
0 0
0
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 16:26
Menurut ane penjajahan itu berdampak dengan mental kita gan
0 0
0
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 16:29
Dijajah gak di jajah Indonesia gak akan pernah jadi negara maju. Karena waktu kemerdekaan Korsel juga gak beda dengan Indonesia dan keadaan ekonomi waktu merdeka juga hampir sama tapi sekarang coba lihat perbedaannya kayak langit dan bumi bikin malu aja. Di sini gak bisa maju karena kebanyakan mabuk agama di Korsel kebanyakan orang apatis soal agama (bukan atheis tapi masa bodoh dengan agama) yang ada dipikiran mereka hanya kerja kerja dan kerja itu adalah pengamatan gw selama tinggal di korsel.
0 0
0
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 16:40
Kalau ga pernah dijajah luar g aka ada indonesia juga emoticon-Leh Uga
0 0
0
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 16:52
Dijajah ga dijajah ga pengaruh kalo rakyatnya otaknya bagus ya bagus aja negaranya sm kayak anak baik mau disuruh atau ga kalo dr dasarnya niat belajar mah belajar aja mau di gebukin atau ga kalo anaknya bandel ya tetap aja main game dan bolos begitu juga rakyat ini kalo rakyatnya bersatu padu ga mikirin agama pake otak yg penting orangnya baik dan berguna bagi bangsa...rakyatnya jujur dan aparatnya melaksanakan hukum seadil dan ga tumpul ke atas pemimpinnya punya visi misa yg jelas dan beneran mewujudkannya ga asal ngoceh biar terpilih ASN nya bekerja sesuai aturan dan bekerja keras dg niat demi negara Indonesia pengusahanya ga ada yg curangin pajak bayar pajak sesuai aslinya dan petugas pajak ga menilep kayak gayus tambunan para pelajar dan mahasiswanya belajar demi kemajuan bangsa dan beneran mengejar prestasi dosen dan peneliti bekerja dg niat mengabdikan ilmu...para pro gamers berjuang di dunia game buat nama Indonesia harum bukan cuma demi konten toxic di youtube...para youtubers mengajari penontonnya yg bagus bagus bukan cuma pamer paha dada dan ketoxicannya....semua petani peternak berjuang buat memberi yg terbaik bagi negara kalo perlu di export dan ngasih devisa...para tki bmi kerja yg bener di luar dan pulang membangun negaranya dan para agent tki memilih bos yg bener supaya sesama saudara sebangsanya ga kena aniaya atau ga dibayar di negara orang....setiap orang tua di negara ini menjadi orang tua yg bener kalo punya anak dipikirin biaya hidup dan pendidikan anaknya bukan asal punya anak sisanya rejeki Tuhan itu sama aja bikin beban negara
seandainya semua orang rakyat Indonesia melaksanakan kewajibannya dg benar dan pemimpin negara memberi hak setiap warga negara sesuai Undang Undang Dasar 1945 gue rasa Indonsia akan super maju dan jadi contoh negara lainemoticon-Menang
profile-picture
isu152 memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 16:54
Satu yang ane tau kemungkinan besar TS dan temannya bakalan gak ada di dunia ini kalau Indonesia tidak dijajahemoticon-Blue Guy Peace
Diubah oleh primechief
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 17:24
Maju tidaknya sebuah negara atau kita cari yang paling kecil saja seseorang itu tergantung mentalnya. Harus tangguh dulu mental warganya sebelum memilih untuk maju
0 0
0
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 17:32
menurut gw, kalo gak dijajah indonesia akan maju dengan bentuk negara kerajaan seperti inggris, belanda, malaysia, jepang dll

tapi mungkin luasnya gak seperti sekarang, kecuali yang berkuasa kerajaan majapahit. luasnya mencapai filipina, malaysia, sebagian thailand, dan cambodia.

saat itu kerajaannya akan bernama NUSANTARA penguasa Asia Tenggara.
0 0
0
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 17:38
Udah suratan nasibnya begitu...
0 0
0
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 18:01
Temen ente autis gan paling tipikal tukang coli pake kartun jepang tipikal bocil idiot
0 0
0
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 18:04
tidak akan ada Indonesia jika tidak dijajah asing. mungkin akan ada puluhan negara/kerajaan yg saling bermusuhan
0 0
0
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 18:22
menarik sih, bisa aja Indonesia jadi negara yang lebih sejahtera.. tapi ada kemungkinan kita gak mengenal Indonesia seperti sekarang dan terbagi-bagi jadi negara kecil kayak di Oceania emoticon-Bingung
0 0
0
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 18:24
Kalao nggaj di Jajah ya nggak akan pernah ada Indonesia , adanya negara Jawa , negara Bali , dll
0 0
0
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 18:26
Liat aja negara ASEAN lain mana Ada yg maju

Apalagi Indonesia yg kulitnya lebih gelap

Tipikal kulit gelap itu malas bodoh dan Miskin

Paling g jauh beda dgn timtim dan Papua nugini

Paling banter level Laos atau kamboja
profile-picture
isu152 memberi reputasi
0 1
-1
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 18:26
maju, tapi terpetak petak oleh wilayah kerajaan kerajaan
profile-picture
diperkosaarab memberi reputasi
0 1
-1
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia