News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
22
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608656a53d046b34230a06f2/curhat-warga-pandeglang-harus-tandu-ibu-hamil-4-km-akibat-jalan-rusak
Pandeglang - Lina Karlina (25), ibu hamil asal Kampung Lebak Jeruk, Desa Pasir Lancar, Kecamatan Sindangresmi, Pandeglang, Banten harus ditandu sejauh 4 kilometer saat hendak melahirkan ke Puskesmas. Ibu muda tersebut terpaksa dibawa menggunakan sarung yang diikat ke sebatang bambu oleh warga lantaran kondisi jalan di sana rusak parah dan tidak bisa dilalui kendaraan. Cerita pilu Lina ini pertama
Lapor Hansip
26-04-2021 12:59

Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan Rusak

Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan RusakPandeglang - Lina Karlina (25), ibu hamil asal Kampung Lebak Jeruk, Desa Pasir Lancar, Kecamatan Sindangresmi, Pandeglang, Banten harus ditandu sejauh 4 kilometer saat hendak melahirkan ke Puskesmas. Ibu muda tersebut terpaksa dibawa menggunakan sarung yang diikat ke sebatang bambu oleh warga lantaran kondisi jalan di sana rusak parah dan tidak bisa dilalui kendaraan.

Cerita pilu Lina ini pertama kali dibagikan oleh warga bernama Muhtadin di akun medsosnya. Kepada detikcom, Muhtadin mengaku ikut mengantarkan Lina ke puskesmas setempat setelah ibu muda tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda akan melahirkan padahal sudah mengalami kontraksi selama 2 hari.

"Jadi, kejadiannya itu pas minggu kemarin (20/4/2021) kang. Keluarganya panik karena si ibu ini udah dua hari mules tapi enggak ada tanda-tanda, ya udah akhirnya warga inisiatif bawa si ibunya itu pakai tandu ke puskesmas karena jalannya juga rusak parah," katanya saat dihubungi wartawan di Pandeglang, Banten, Senin (26/4/2021).

Muhtadin menyebut, ia dan belasan warga saat itu harus menempuh perjalanan sekira dua jam untuk sampai di puskesmas. Medan jalan yang mereka lalui pun mayoritas hanya berupa hamparan tanah, ditambah saat itu jalanan berubah menjadi berlumpur setelah malamnya wilayah Sindangresmi dilanda hujan deras. Untungnya setelah tiba ke Puskesmas, Lina langsung mendapat perawatan dari bidan untuk proses persalinan.Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan Rusak"Masuk ke puskesmas itu jam 10 pagi, Alhamdulillah persalinannya lancar dan bayinya perempuan lahir pas jam 11 malam. Si ibunya juga selamat kang pas melahirkan," ungkapnya.

Meski berhasil membantu melewati proses persalinan, Muhtadin mengaku tindakannya itu sempat ditentang oleh dari bidan desa setempat. Pasalnya, ia dan warga lainnya disebut tidak berkoordinasi dulu dengan bidan desa saat membawa Lina ke puskesmas.

"Sebetulnya pas dibawa itu kami memang enggak bilang lagi sama bidan desa. Soalnya kan udah darurat kang, udah pada panik keluarganya juga, makanya sama kami langsung ditandu ke puskesmas. Eh enggak tahunya ternyata kena denda," ucapnya.

Meski demikian, Muhtadin dan warga lainnya tidak terlalu ambil pusing dengan kondisi waktu itu. Ia pun lalu meminta izin kepada Duloh, suami Lina, agar bisa membagikan cerita ibu hamil ditandu ini ke media sosial miliknya.

Alasannya, karena Muhtadin menginginkan akses jalan di desanya bisa mendapat perhatian dari pemerintah. Sebab sejak kecil, akses jalan di wilayahnya itu belum pernah tersentuh pembangunan hingga sekarang.

"Saya berani posting karena sudah dapat izin dari keluarganya, justru saya posting di medsos supaya pejabat bisa tahu kondisi di desa saya itu bagaimana. Soalnya mungkin itu jalan dari zaman Belanda belum pernah dibangun kang, aspal juga sama sekali belum masuk ke sana," keluh Muhtadin.

"Intinya, warga di sini enggak mau ada apa-apa pas lihat tetangga mau melahirkan. Soalnya banyak kejadian kang, si bayinya itu enggak bisa ketolong karena jalannya yang rusak pas mau dibawa ke puskesmas. Jadi mending kami dimarahin sama bidan yang penting semuanya bisa selamat," tambahnya

Cerita ibu hamil harus ditandu saat hendak melahirkan juga datang dari wilayah Karang Bolong, Kecamatan Cigeulis, Pandeglang, Banten. Sama seperti Lina, ibu hamil bernama Anis ini turut ditandu menggunakan sarung yang diikat ke sebatang bambu ke puskesmas pembatu (Pustu) setempat yang jaraknya harus ditempuh sejauh 3 kilometer.Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan Rusak

Saat itu, Anis terpaksa ditandu oleh warga lantaran akses jalan dari rumahnya sama sekali tidak bisa dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua. Insiden memilukan ini diketahui terjadi pada Jumat (16/4/2021) silam.

"Iyaa, akses jalannya tidak layak. Makanya pasien yang mau melahirkan itu ditandu oleh warga dengan menggunakan kain sarung," Marinah, warga yang ikut mengantar Lina ketika ditandu ke pustu setempat saat dikonfirmasi wartawan.

Meski harus ditandu, Marinah menyebut kondisi ibu dan bayinya selamat setelah melewati proses persalinan. Marinah pun mengaku sudah meminta izin ke pihak keluarga sang ibu untuk memposting kisah tersebut ke akun media sosial miliknya supaya bisa diperhatikan oleh pemerintah.

"Intinya begitu. Saya posting informasi ini juga biar semuanya tahu, mudah-mudahan kan bisa didengar terus ditindaklanjuti," harapnya.

https://news.detik.com/berita-jawa-b...from=wpm_nhl_8

Kader2 parte pekok kemana ini emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan Rusak
26-04-2021 13:01
Gubernurnya ngapain aja?

Jangan sekitaran BSD doang yang dibangun! emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan Rusak
26-04-2021 13:07
itu propinsi dekat DKI jakarta ya ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan Rusak
26-04-2021 13:08
Woi Banten nih
Dinasti siapa yang berkuasa skrg tolong betulin jalannya😡
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masfuad2015 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan Rusak
26-04-2021 13:15
Jawara mah enteng
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan Rusak
26-04-2021 13:15
Lah, dana desanya kmana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan Rusak
26-04-2021 13:37
Bukannya ada pustu atau bidan desa?

















emoticon-Cool



profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan Rusak
26-04-2021 13:44
Salah satu daerah paling terpencil di dunia jadi wajar lah...terlalu jauh pula dr pusat pemerintahan

Perlu pesawat charter khusus kalo mau kesana, biayanya juga sangat2 mahal

Salah warganya ngapain betah dsitu ngapain pake brojol, hidup udah susah kok gak mau pindah, makan sndiri susah kok mau punya anak












emoticon-No Hope
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh elefana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan Rusak
26-04-2021 14:01
banten yg maju cuman daerah yg ada developernya kayak tangsel, tangerang, n kab tangerang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan Rusak
26-04-2021 14:04
Waw, kayak di pilem2 cinak jadul ya ditandu begitu emoticon-Belo












































































emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan Rusak
26-04-2021 14:14
Kalo kata kadron...

Kita ga makan jalan...

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan Rusak
26-04-2021 14:16
Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan Rusak

becareful!!
do not curhat soal jalan rusak in sosmed
entar diperkarakan by pejabat setempat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan Rusak
26-04-2021 15:20
Ya Allah Ya Rabb, ini masih Jawa Barat, pada ke mana ya dinas PU-nya?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan Rusak
26-04-2021 23:26
Di pulau jawa saja begini..banten lagi yang dekat jakarta..apalagi di pelosok timur indonesia. Pejabatnya kerja apa ya kok sampe tahunan mereka tdk dibuatin jalan,trus pas mo pemilu apa gak ada calon yang minta suara kesn..
ini lagi bidan desa kenapa hrs marah" ..situasi darurat mau gimana lagi. Kalo memang ga boleh digotong ya patroli dong ke masyarakat,bidan kan harusnya punya data ibu inu hamil di desa itu,kira" yg prediksi brojolnya dekat kan harus dipantau terus.
0 0
0
Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan Rusak
26-04-2021 23:33
kalau gk tau harus ngapain untuk memberdayakan masyarakat dengan dana desa,

setidaknya duitnya pake buat bangun akses lah,
minimal mereka bisa gerak kemana2 dengan mudah

terus, jawaranya ngapain aja tuh :amazed
profile-picture
snoopze memberi reputasi
1 0
1
Curhat Warga Pandeglang Harus Tandu Ibu Hamil 4 Km Akibat Jalan Rusak
27-04-2021 11:49
gak percaya sama bidan desanya

0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia