Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
10 Negara Paling Hijau di Dunia, Spesial "Earth Day" 2020


Kawasan hijau merupakan bagian penting untuk meningkatkan kualitas udara, proses penentuan negara hijau dilakukan berdasarkan 25 indikator setiap tahunnya selama pertemuan World Economic Forum. Dalam proses penilaian lebih dari 100 negara dinilai.

Para peneliti di Universitas Yale dan Columbia, bersama dengan Forum Ekonomi Dunia, telah membuat Indeks Kinerja Lingkungan (IKL), yang direvisi setiap dua tahun selama 15 tahun terakhir. Laporan tersebut memberikan peringkat global kinerja lingkungan untuk 180 negara dan tindakan mereka untuk melindungi ekosistem alam bagi kesehatan manusia. Berikut 10 negara paling hijau di Dunia


10. Jerman

Foto: yuktravel.com

Jerman adalah negara yang cukup hijau dengan pemandangan dan tanaman yang indah, Jerman memiliki hutan luas, Jerman juga dikenal sebagai negara pengagas paru-paru dunia yang menerapkan penghijauan di setiap negara agraris termasuk Indonesia. Jerman memiliki Indeks Kinerja Lingkungan 77,2 dan merupakan salah satu negara paling hijau di dunia.


9. Norwegia

Foto: romanroams.com

Norwegia merupakan salah satu kawasan di Eropa yang memiliki lingkungan hijau yang khas, Norwegia memiliki Indeks Perlindungan Lingkungan 77,7. Norwegia telah memastikan bahwa fasilitas perumahan dan komersialnya tidak mengeluarkan gas rumah kaca disetiap lingkungan. Seperti negara lain, Norwegia telah memastikan bahwa seluruh negara menggunakan sumber energi yang ramah lingkungan dan terbarukan untuk mengurangi polusi dan produksi karbon.

Pada tahun 2030, Norwegia menerapkan strategi pembangunan berkelanjutan dan undang-undang lingkungan untuk membantu menerapkan negara netral karbon.

Swedia adalah salah satu negara terhijau di dunia dengan indeks perlindungan lingkungan 86,0. Negara tersebut berencana untuk menghilangkan penggunaan bahan bakar fosil pada tahun 2020. Langkah tersebut untuk mencegah pencemaran lingkungan. Terlebih lagi, mereka telah merangkul penggunaan energi terbarukan yang ramah lingkungan untuk menjadikan lingkungan alami dan aman dari polusi.


8. Swedia

Foto: planetware.com

Swedia juga sangat memperhatikan penggunaan sumber energi ramah lingkungan, yang memberikan kontribusi yang signifikan untuk mengurangi emisi karbon di udara dan dengan demikian menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan lebih aman. Swedia memiliki Indeks Kinerja Lingkungan 78,7.

Swedia mengambil tanggung jawab untuk melindungi "Laut Baltik" dan melindungi ekosistem secara keseluruhan. Otoritas Pengelolaan Lingkungan di Swedia termasuk yang terbaik, dan telah berkontribusi pada pelestarian lingkungan di Swedia.

7. Finlandia

Foto: kompas.com

Finlandia adalah negara terhijau ke-7 di dunia untuk tahun 2020, dengan skor 78,9. Pada tahun 80-an, Finlandia dikenal dengan emisi nitrogennya yang tinggi dan aktivitas lain yang merusak lingkungan. Udara di Finlandia sangatlah sempurna untuk kualitas udara dan sumber daya air bersih.


6. Austria

Foto: holidayme.com

Austria memiliki Indeks Kinerja Lingkungan 79,6, dimana negara Austria juga berupaya untuk menjaga kesehatan kondisi alam di lingkungannya. Tindakan utama Austria perlindungan lingkungan dalam agenda kebijakan sosial dan ekonominya.

Austria juga telah bekerja keras di sektor-sektor seperti pengelolaan limbah dan kimia serta polusi udara untuk mencegah pencemaran lingkungan dari polutan ini. Austria juga telah mengintegrasikan pengetahuan lingkungan ke dalam pertanian untuk mencegah polusi. Hal tersebut terjadi dengan penurunan penggunaan pestisida, langkah-langkah untuk melindungi dan mengekang deforestasi juga telah diterapkan.


5. Prancis
Foto: planetware.com

Kontribusi Nicolas Sarkozy telah memainkan peran penting dalam menjadikan Prancis salah satu negara paling hijau di dunia. Dia memperkenalkan undang-undang yang membuat Prancis berkewajiban untuk terlibat dalam negara yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Prancis memiliki Indeks Kinerja Lingkungan 80, Prancis memiliki tanah yang sangat subur dan merupakan salah satu pengekspor pangan utama. Ini juga alasan mengapa Prancis menjadi salah satu pembuat anggur berkat kebun anggur yang luas.

Negara ini memiliki lebih sedikit industri dibandingkan negara lain, yang berkontribusi dalam mengurangi polusi udara. Selama bertahun-tahun, Prancis telah berupaya menghilangkan industrialisasi yang merupakan sebuah langkah yang telah melihat perbaikan kondisi lingkungan negara itu, karena polusi air telah menurun secara dramatis. Selain itu, Prancis berjanji akan mengubah penggunaan sumber daya dan metode produksi untuk menjaga lingkungan yang sehat.


4. Amerika Serikat

Foto: mldspot.com

Amerika Serikat juga dikenal dengan pemandangan yang menakjubkan dan menarik karena lingkungannya yang hijau dibeberapa belahan negaranya. Amerika Serikat memiliki Indeks Perlindungan Lingkungan 81,3. Amerika Serikat telah mengambil langkah-langkah yang ketat untuk mencegah polusi udara dan yakin akan mencapai lingkungan bebas karbon pada tahun 2025.

Warga negara kawasan Amerika Serikat telah mulai menggunakan energi terbarukan untuk menghindari polusi udara. Amerika Serikat berharap menjadi negara yang bebas karbon pertama di dunia yang terus berusaha untuk mewujudkannya.


3. Swiss

Foto: lovepik.com

Swiss adalah negara terhijau kedua di dunia dengan Indeks Kinerja Lingkungan 81,5. Berbagai tindakan telah dilakukan Swiss untuk memastikan bahwa lingkungan tetap bersih dan berkelanjutan. Swiss membudidayakan pohon alpine yang merupakan salah satu langkah untuk penghijauan.

Selain itu, negara ini berfokus pada produksi sumber daya dengan menggunakan sumber energi bebas polusi. Swiss mengeluarkan undang-undang agraris untuk mengembangkannya dan mencegah mereka untuk mengembangkan penghijauan dan mencegah penebangan hutan. Dan Swiss juga masuk kedalam daftar negara dengan polusi terendah di dunia.

2. Luxembourg

Foto: culturetrip.com

Luxembourg adalah sebuah negara yang terletak di benua Eropa, negara ini telah memainkan peran penting dalam melestarikan lingkungan sekitarnya. Luxembourg memiliki Indeks Kinerja Lingkungan 82,3. Luxembourg adalah negara yang telah berjuang untuk melindungi alam dan hutan dan menetapkan undang-undang perlindungan yang mengurangi tingkat polusi sekaligus meningkatkan perlindungan lingkungan hidup.


1. Denmark

Foto: traveller.com.au

Denmark adalah salah satu negara yang sangat memperhatikan lingkungannya dan selalu melakukan penghijauan secara keberlanjutan. Dan Denmark menjadi salah satu negara paling hijau di dunia saat ini versi 2019-2021. Selain itu, Denmark juga merupakan garda terdepan dalam penerapan program ramah lingkungan.

Denmark memiliki Indeks Kinerja Lingkungan 82,5, negara ini berfokus pada peralatan listrik. Denmark juga memainkan peran penting dalam menjaga pencemaran laut, mereka yakin bahwa air akan tetap bersih karena penangkapan ikan diawasi dengan undang-undang perlindungan lingkungan.


Referensi: 1. visualcapitalist.com - Mapped: The Greenest Countries in the World

2. Forbes.co - 10 Most Green Countries In World In Europe, US Ranks 24 On Environment
Diubah oleh Sambelterasi052 23-04-2021 18:52
nugrahanoy
rony25
Daniswara92
Daniswara92 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
8K
146
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.