trifatoyahAvatar border
TS
trifatoyah
Ngabuburit Penuh Hikmah Dan Manfaat di Masjid Raya Sumatera Barat


Assalamu'alaikum wr.wb

Marhaban ya Ramadhan

Selamat datang bulan suci Ramadhan, bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim sedunia.

Apa kabar Agan sista semuanya semoga Ramadhan kali ini membawa berkah, menambah keimaban dan menjadikan kita sebagai orang-orang yang tetap bersabar, Amin ya rabbal alamin.

Berbicara soal puasa momen berbuka pastilah yang ditunggu-tunggu. Bagaimana Agan Sista nenunggu waktu saat berbuka? Berbagai kegiatan ngabuburit dari anak-anak, remaja bahkan orang tua, mengisi waktu ngabuburit dengan cara yang berbeda, ada yang dengan membaca buku, membaca Alqur'an, merawat tanaman, ada pula yang dengan jalan-jalan sore dengan santai. Menurut Ane ngabuburit ke masjid itu luar biasa, banyak hikmah dan pahala yang akan kita dapatkan, tidak hanya sekedar jalan-jalan menghabiskan waktu untuk menunggu waktu berbuka, tapi bisa juga menambah ilmu pengetahuan. Mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

Kalau Agan Sista pas berada di Minangkabau, ngabuburit ke Masjid Raya Sumatra Barat bisa menjadi pilihan. Bangunan masjid yang sangat megah, elok nian di pandang. Serasa adem saat menunggu berbuka berdiam diri di Masjid, dengan mentadzaburi Al-Qur'an.

Masjid Raya Sumatera Barat terdiri dari tiga lantai. Lantai yang pertama digunakan sebagai tempat wudu dan tempat tambahan jika pada lantai utama para jemaah sudah penuh. Karena tempat shalat berada pada lantai tiga.

Tidak terlihatnya bentuk kubah pada masjid ini menjadi salah satu hal yang paling mencolok bagi pendatang. Hal ini merupakan representasi wujud falsafah Basandi,

Syarak-Syarak Basandi Kitabullah yang berarti adat yang didasarkan, ditopang oleh syariat agama Islam berdasarkan Alquran dan Hadis.


Oleh sebab itu, bentuk atap pada masjid ini berbentuk seperti Rumah Gadang, khas Minang.



Masjid Raya Sumatra Barat (Jawi: مسجد راي سومترا بارت) adalah masjid terbesar di Sumatra Barat yang terletak di Jalan Chatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Diawali peletakan batu pertama pada 21 Desember 2007, pembangunannya tuntas pada 4 Januari 2019 dengan total biaya sekitar Rp325–330 miliar, sebagian besar berasal dari APBD Sumatra Barat.

Selain mentazdaburi Al-Qur'an, sebelum kumandang Azan Magrib, di Masjid-masjid besar biasanya ada kuliah senja, begitupun dengan Masjid Raya Sumatra Barat.
Tidak hanya itu saja, Agan Sista juga bisa berselfi ria di depan masjid, karena pemandangan yang sangat indah di depannya.



Gemerlap lampu menambah keindahan sebuah bangunan nan megah, hati serasa adem dan tentram, ngabuburit di tempat-tempat religi seperti di masjid.

Di Masjid Raya Sumatra Barat juga mengadakan takjil dan buka puasa gratis, yang dananya berasal dari infak para dermawan. Jadi siapapun bisa berbuka puasa di masjid ini.

Banyak hikmah yang bisa kita ambil, misalnya mengikuti kajian-kajian di Masjid, selain itu perasaan jadi rileks setelah seharian beraktivitas, menambah wawasan, pengetahuan tentang agama, sambil menunggu waktu untuk berbuka puasa, takjilpun selalu tersedia di Masjid Raya Sumatra Barat.

Quote:

Bebagai kegiatan positif dapat kita lakukan, sembari menunggu datangnya bedug magrib dan suara Azan berkumandang. Ngabuburit asyik di Masjid Raya Sumatra Barat, bisa menjadi rekomend Agan Sista semuanya, bila bingung mau ngabuburit ke mana, memanfaatkan waktu sebaik mungkin sembari menunggu Azan berkumandang adalah cara menghibur diri, serta mendekatkan diri pada Illahi Rabbi.

Sekian Thread dari Ane semoga puasa Agan Sista semuanya lancar tanpa halangan suatu apapun sampai akhir 30 hari nanti.
Aamin ya rabbal alamin.

Opini pribadi
Sumber
klik
Klik
klik
Screenshot IG
Diubah oleh trifatoyah 26-04-2021 04:31
motherparker699
madjoeki
vikamujiadi
vikamujiadi dan 14 lainnya memberi reputasi
15
1.9K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Minangkabau
MinangkabauKASKUS Official
363Thread389Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.