putunoviyanti
TS
putunoviyanti
MANFAATKAN LIDAH BUAYA DIPEKARANGAN MENJADI SABUN RAMAH LINGKUNGAN
Punya tanaman lidah buaya yang melimpah dipekarangan? Yuk kita olah menjadi sabun yang ramah lingkungan



Sebenarnya kita bisa membuat sabun sendiri di rumah lo. Sabun kan hanya hasil reaksi antara air, minyak dan alkali. Reaksi ini disebut dengan reaksi saponifikasi.

Nah loh memang air dan minyak bisa bersatu?

BEGINILAH TUTORIAL UNTUK MEMANFAATKAN LIDAH BUAYA DIPEKARANGANMU MENJADI SABUN

Tahap Pertama
Jika kalian tidak memiliki lidah buaya kalian tetap bisa membuat sabun dari air, minyak dan alkali. Alkali yang biasa dipakai adalah Natrium Hidroksida atau soda api.

Berbahaya ngga nih?
Tidak asal takarannya tepat ya kalian bisa mendapatkan formula yang tepat dengan menggunakan lye calculator.

Pada tutorial ini kami akan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya yang fresh hilangkan dulu getahnya kemudian ambil dagingnya lalu blender. Hasil blenderan ini lah yang kita akan bekukan, kalian bisa gunakan cetakan apapun untuk membekukannya. Kalau kalian hanya pakai air, airnya dibekukan juga ya.



Tahap Kedua
Setelah larutan lidah buaya membeku, keluarkan dari cetakan dan kita siap mereaksikan dengan alkali atau disini kita menggunakan Natrium Hidroksida. Tujuan dari membekukan bahan yang akan direaksikan dengan Natrium Hidroksida adalah agar panas yang dihasilkan bisa ditekan dan tidak menimbulkan gas yang banyak. Jika tanpa dibekukan maka akan terjadi peningkatan suhu dan muncul gas yang relatif banyak akibat reaksi dengan Natrium Hidroksida.

Tambahkan NaOH secara bertahap sesuai dengan perhitungan hingga seluruh larutan lidah buaya mencair. Ketika menggunakan lidah buaya kalian akan menemukan sesuatu seperti gel setelah semuanya mencair, itu tidak masalah kalian bisa tetap gunakan atau tidak.

Tahap Ketiga
Mencampur larutan dengan minyak yang sudah dipersiapkan. Kalian bisa menggunakan minyak nabati apa saja sesuai dengan yang kalian punya seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak kanola, minyak sawit, dan minyak nabati lainnya. Setiap minyak akan memberikan karakter yang berbeda pada sabun yang dihasilkan itulah sebabnya kalian bisa menyesuaikan sabun yang kalian ingin buat melalui minyak.

Jika kalian akan mengaduk secara manual menggunakan pengaduk kayu atau plastik akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan handmixer. Namun tidak membuat hasilnya berbeda. Ketika kalian menggunakan spatula hanya perlu mengaduk 1-2 menit kemudian mengistirahatkan 10 menit, lalu dilanjutkan kembali mengaduk 1-2 menit sampai tekstur campuran mengental dengan meninggalkan jejak. Apabila kalian menggunakan handmixer maka proses pencampuran hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja hingga diperoleh tekstur yang diinginkan. Kalian bisa menambahkan pewangi ataupun essential oil ya untuk memberikan aroma pada sabun kalian sesuai selera.



Tahap Keempat
Cetaklah sabun dengan cetakan yang kalian punya. Jika sabun hanya untuk penggunaan pribadi tidak ada aturan yang mengekang ya bahwa harus dicetak menggunakan cetakan silikon. Kalian bisa memanfaatkan media berbentuk dan memberi lapisan plastik lalu memasukkan sabun yang siap di cetak. Biarkan sabun ini selama semalam

Tahap Kelima
Setelah semalam maka sabun siap untuk dipotong sesuai selera kalian. Sabun ini belum bisa langsung dipakai karena butuh didiamkan selama kurang lebih 4-6 minggu untuk siap digunakan. Sabun seperti ini sudah setara sabun kastil atau sabun organik yang berbahan dasar minyak zaitun, air dan alkali. Namun tentu bukan untuk diperjualbelikan secara umum ya, ingat selalu setiap produk yg diperjualbelikan apalagi kosmetik harus ada ijin dari pihak yang memiliki hak untuk mengeluarkan ijinnya. Jadi sabun seperti ini untuk penggunaan pribadi dan terbatas ya mungkin untuk souvenir juga bisa.



Begitulah cara membuat sabun skala rumah tangga dengan memanfaatkan lidah buaya dipekarangan. Sabun ini alami dan ramah lingkungan. Semoga tutorial ini bermanfaat.
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Pic : me
byan1209indramamothPapa.T.Bob
Papa.T.Bob dan 47 lainnya memberi reputasi
48
9.2K
133
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green Lifestyle
icon
3KThread3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.