Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Apple Diretas "REvil a.k.a Sodinokibi" Hacker Asal Rusia Curi Konsep MacBook
gambar ilustrasi sistem quanta (Apple) diretas | gadgetan.com

Laporan mengabarkan jika data dan informasi Apple telah diretas dan dicuri, kemudian para peretas mempublikasikan data tersebut secara publik. Tindakan kejahatan siber ini dilakukan oleh kelompok hacker asal Rusia yang melakukan serangan dengan menggunakan ransomware yang disebut "REvil", atau juga dikenal sebagai Sodinokibi.

Grup tersebut mengonfirmasi bahwa mereka berhasil menembus sistem keamanan server perusahaan Taiwan Quanta, yang merupakan pemasok utama Apple, yang berperan untuk memproduksi Macbook.

Para Hacker mengatakan dalam sebuah postingan di forum darkwebbahwa mereka telah meretas jaringan komputer Quanta, sebuah perusahaan Taiwan, dan mencuri rencana Apple untuk produk terbaru mereka.

gambar ilustrasi sistem quanta (Apple) diretas | edgy.app

REvil telah menerbitkan blueprintsuntuk laptop baru Apple dan juga termasuk 15 foto yang tampak seperti MacBook yang sudah launching pada bulan Maret 2021. Gambar tersebut menyertakan nomor seri, ukuran, dan kemampuan spesifik dari komponen tersebut, yang merinci banyak bagian yang berfungsi dari laptop Apple. Salah satu gambar tersebut ditandatangani oleh seorang desainer Apple, John Andreadis dan bertanggal 9 Maret 2021.

Perusahaan Quanta mengakui serangan itu, tanpa mengklarifikasi apakah datanya dicuri atau tidak, dan mengatakan dalam sebuah pernyataan: Tim keamanan informasi kami bekerja dengan pakar TI eksternal untuk menanggapi serangan dunia maya di sejumlah kecil server kami.

gambar ilustrasi sistem quanta (Apple) diretas | cyberthread.id

Grup peretas REvil sekarang mencoba memeras perusahaan "Apple" untuk mengambil keuntungan dari data yang dicuri, dan meminta produsen ponsel iPhone untuk membayar uang tebusan pada tanggal 1 Mei, dan REvil mengatakan bahwa pihaknya akan terus menerbitkan file baru setiap hari jika pihak Apple tidak menyanggupi permintaan mereka secara cepat.

REvil juga berusaha melibatkan Quanta dalam negosiasi tebusan minggu lalu di dalam ruang obrolan di halaman darkweb. Peretas REvil memulai interaksi dengan mengklaim telah mencuri dan mengenkripsi "semua data jaringan lokal" sambil menuntut $ 50 juta dolar AS atau sekitar 726 miliaran rupiah untuk kunci dekripsi untuk membuka kunci sistem mereka.


Referensi: bloomberg.com - Apple Ditargetkan dalam Peretasan Ransomware $ 50 Juta dari Pemasok Quanta
indramamoth
richardus96
viqririatra
viqririatra dan 18 lainnya memberi reputasi
19
8.4K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet KASKUS Official
10.8KThread8.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.