News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
31
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6082d0c2286c6d58d4662c47/corona-india-terkini-ibu-kota-lockdown-dan-seratus-warganya-masuk-indonesia
Jakarta - Corona di India yang melonjak secara drastis dalam beberapa hari belakangan, membuat pasokan suplai oksigen di sana tidak dapat mendukung fasilitas kesehatan di negara tersebut. Terlebih lagi, letusan jumlah pasien COVID-19 di India kini lebih didominasi oleh rentang usia muda, dibandingkan keompok rentang lansia. Lonjakan kasus tersebut rupanya memicu ratusan warga negara India lari ke
Lapor Hansip
23-04-2021 20:50

Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia

Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk IndonesiaJakarta - Corona di India yang melonjak secara drastis dalam beberapa hari belakangan, membuat pasokan suplai oksigen di sana tidak dapat mendukung fasilitas kesehatan di negara tersebut.
Terlebih lagi, letusan jumlah pasien COVID-19 di India kini lebih didominasi oleh rentang usia muda, dibandingkan keompok rentang lansia.

Lonjakan kasus tersebut rupanya memicu ratusan warga negara India lari ke Indonesia dan pada akhirnya menuai gelombang protes dari netizen Twitter Indonesia.

Sebagian besar netizen tersebut mencuitkan tanda tanya, mengapa ratusan warga negara India boleh memasuki Indonesia.

Rata-rata cuitan dari netizen juga mengeluhkan tidak diperbolehkannya mudik lebaran tahun ini, sementara banyak warga negara India yang diperbolehkan memasuki Indonesia.

Total dari warga negara India yang memasuki Indonesia tersebut sejumlah 127 orang dan 12 orang di antaranya terbukti positif COVID-19.

Adapun kronologi bagaimana akhirnya ke-127 WN India akhirnya berhasil masuk Indonesia, dimulai pada hari Rabu kemarin.

Pesawat Air Asia dengan kode penerbangan QZ988 dari Chennai, India memboyong para penumpang tersebut ke bandara Soekarno Hatta.

Dirjen Imigrasi Jhoni Ginting menjelaskan secara rinci siapa saja warga India tersebut.

"Mengangkut 129 penumpang, adapun uraian daripada para penumpang tersebut bisa saya jelaskan sebagai berikut, yang pertama pemegang visa kunjungan WN India itu ada 38 orang, pemegang KITAS WN India 46 orang, pemegang KITAS WN Amerika Serikat 1 orang, pemegang KITAS WN India 32 orang, WNI 12 orang, kru 11 orang semua WNI," sebut Jhoni.

Demi mengetahui varian corona di kedua belas warga negara India ini, mereka juga telah diambil sampel whole genome sequencing.

Melansir dari CDC, whole genome sequencing sendiri dilakukan dengan empat langkah.

Pertama, para peneliti memotong DNA dengan gunting molekuler agar ukurannya sesuai dengan alatnya.

Kedua, peneliti menambahkan potongan kecil barcode DNA untuk mengidentifikasi masing-masing potongan DNA dengan bakteri yang sesuai.

Ketiga, DNA yang sudah mendapat barcode dari berbagai bakteri ini kemudian disatukan untuk kemudian diletakkan di dalam mesin pengurut genome.

Terakhir, para peneliti akan menganalisis menggunakan alat analisis komputer untuk membandingkan urutan bakteri dan mengidentifikasi perbedaannya.

Inggris dan Amerika Serikat sendiri sebenarnya sudah melarang warga negara India untuk datang ke wilayah negara mereka. Hal ini dilakukan oleh kedua negara tersebut demi menghindari corona dari India yang disebut memiliki mutasi hingga membuat antobodi lebih kebal dari vaksinasi.

Kewaspadaan juga datang dari mantan Direktur WHO Asia Tenggara, Prof. Tjandra Yoga Aditama yang mewanti-wanti pemerintah soal risiko varian baru corona di India lewat warga negara India yang memasuki Indonesia.

Terkait dengan kedatangan WN India yang masuk tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga mengeluarkan himbauan terhadap warga negara Indonesia (WNI) yang baru saja datang dari India.

Para WNI yang baru datang dari India tak hanya wajib melakukan karantina 14 hari, namun juga dihimbau untuk melakukan tes PCR dua kali.

"Bapak atau ibu juga harus mengambil PCR testnya sebanyak dua kali pada saat datang dan pada saat pergi. Kemudian bapak dan ibu juga akan kita sampel genome sequencingnya untuk melihat virus yang bapak ibu kena itu apa supaya kita bisa tahu," ujar Menkes Budi dalam Media Gatehring Perkembangan Perekonomian Terkini dan Kebijakan PC-PEN, pada Jumat (23/4/2021).

Masih terkait dengan kedatangan corona di India yang ditakutkan dibawa oleh para warga India yang baru datang tersebut, Jhoni Ginting menyebutkan bahwa kini pemerintah telah menghentikan permohonan izin visa dari India sejak hari Kamis kemarin (22/4/2021).

https://news.detik.com/berita/d-5544...from=wpm_nhl_8

Bila ampe kebobolan dan ada yg lolos, pack you tuk pihak imigrasi.
Kalian merusak bangsa sendiriemoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh samsol...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gmc.yukon dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
23-04-2021 20:54
Kok bs masuk??
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
23-04-2021 20:57
Tolak wn india !

emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
23-04-2021 21:02
bijimane ini imigrasi rejim plonga plongo masa pajeet shitskin street shitter dibiarin masuk emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
23-04-2021 21:03
Nyusahin aja nih org2 India. Udh gk pake masker, kerumuman dimana2, jorok pula. Dan gobloknya lg org2 India malah percaya di negaranya udh herd imunnity padahal vaksinasi masih belum merata di seluruh dunia. Makanya tuh bisa sampe meledak gitu kasusnya ampe 300rb lebih bahkan sampe muncul mutasi ganda yg membahayakan umat manusia dan bisa2 membuat pandemi menjadi semakin lama. Udh gitu pihak imigrasi jg goblok gk serius karantina warga2 negara yg dateng dari luar negeri termasuk dari India. Ahh fuck emg taik kucing.... emoticon-fuck emoticon-fuck emoticon-Tai emoticon-Tai emoticon-Tai

Mending hukum aja itu seberat2nya org2 ato pemerintahan yg gk tegas ngatasin pandemi ini. Klo perlu desak WHO / PBB utk buat aturan baru mengenai pengetatan sosial di seluruh dunia agar pandemi cepat berakhir. Kalo perlu hukuman seumur hidup / hukuman mati sekalian biar org2 pada sadar / peduli. Capek tau kondisinya kyk gini terus pandemi gk kelar2. emoticon-Tai emoticon-Tai emoticon-Tai emoticon-Tai emoticon-fuck emoticon-fuck emoticon-fuck emoticon-fuck emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
Diubah oleh sotong.ayam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
23-04-2021 21:13
imigrasi ini sering bgt kebobolan...ga cuma brang2 aja yg bisa diselundupin dan lolos sama imigrasi dimari,,sampe orang2 pun lolos,,ga becus bgt dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
elefana dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
23-04-2021 21:35
Harun masiku aja lolos, apalagi vijay
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
23-04-2021 21:38
emoticon-Ngakak tegakkan aturan dimari? Tampol duit petugasnye, semua bisa diatur emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
23-04-2021 21:39
ini yang kemaren mandi di sungai rame2 jadi salah satu penyebab meledaknya corona disana gak ya ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
23-04-2021 21:43
Makin makin aja nih pandemi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
23-04-2021 21:48
sampe virus india masuk, bakal membeludak yg positif

india sehari rata2 300rb,,,, sangat2 ceroboh yg masukin org2 india

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
23-04-2021 21:59
India populasinya 1 miliar lebih, ngak bisa bayangin kalau kolaps sistem nya, baca berita di Guardian. Anak kecil, anak muda, yang baru nikah pada dikremasi, seperti di neraka, baca berita di Kumparan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
23-04-2021 22:07
apa akan ada pelarangan imigran india seperti pelarangan mudik?
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jerrystreamer1 memberi reputasi
2 0
2
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
23-04-2021 22:22
kan goblok... negara lain udah kapan hari nge larang, indon malah santuy, padahal berita outbreak india itu udah viral
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
23-04-2021 22:43
Jangan salahin imigrasi doank.. emoticon-Big Grin

Kebijakannya dari pucuk tertinggi aja udah salah, karena ngotot kesehatan dan ekonomik harus sama-sama jalan. Padahal pengalaman dari negara lain sudah menunjukkan, ekonomi gak akan jalan selama kesehatan masih burik (ga ada yang buka lapak, kalau penjual dan pembeli diopname di RS).

Di Indonenong ini, lain di mulut lain di kelakuan. Sesumbarnya pemerintah selalu kedepankan kesehatan, tapi nyatanya diam-diam membiarkan kesehatan loss demi ekonomik. Mulai dari kebijakan masa karantina WNA yang cuma 5 hari (bukan 2 minggu seperti negara lain), sampai penyalahgunaan visa bisnis oleh turis, tapi dipake buat wisata (kayak di bali).

Akar masalahnya karena penanganan setengah-setengah, gak mau fokus ke kesehatan dulu dengan tutup ketat perbatasan buat WNA. Akhirnya buah simalakama nya makin besar dan makin pahit, karena dari awal gak mau korbankan ekonomik.
Diubah oleh wiry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
24-04-2021 02:01
njir.. rakyat sendiri dilarang mudik, tp wn luar dibolehkan masuk apalagi dari India.. dah tau disana lg viral outbreak covid.. tp masih aja diperbolehkan masuk, bukannya dilarang..

Bener2 dah gk ngerti gw pola pikir pemerintah zaman now
profile-picture
profile-picture
reid2 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
24-04-2021 02:41
Fuck off!!! knp bisa masuk kesini.. emoticon-Ngamuk


Dinas imigrasi... DEPORTASI SEGERA..!!! DRPD NANTI JADI MASALAH...!!! emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
K.Q.5 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
24-04-2021 03:16
Mau virus umbrella juga, kita welcomin
gak usah heran.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
24-04-2021 03:24
Satu kata, GOVLOk
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
24-04-2021 04:04
Kebodohan yg di ulang2 ga oernah tegas soal imigrasi...
emang sejenis sih indon ma indihe kalo soal beginian,sama2 terbelakang
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Corona India Terkini: Ibu Kota Lockdown dan Seratus Warganya Masuk Indonesia
24-04-2021 07:08
semoga ga kejadian juga di Indonesia ya gan, semoga kasus turun terus
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia