News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
28
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60831d5b9859f66c7d4a8bde/zaskia-kritik-bangunkan-sahur-teriak-di-toa-menag-wajar-merasa-terganggu
Jakarta - Artis Zaskia Adya Mecca protes soal cara membangunkan sahur dengan teriakan melalui Toa masjid. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menganggap wajar Zaskia terganggu. Dia lantas menyinggung bacaan salat yang dilarang mengeraskan suara agar tak mengganggu orang lain. "Jika Zaskia merasa terganggu, ya wajar saja," kata Gus Yaqut, sapaan akrabnya, kepada detikcom, Jumat (23/4/2021).
Lapor Hansip
24-04-2021 02:17

Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu

Jakarta - Artis Zaskia Adya Mecca protes soal cara membangunkan sahur dengan teriakan melalui Toa masjid. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menganggap wajar Zaskia terganggu. Dia lantas menyinggung bacaan salat yang dilarang mengeraskan suara agar tak mengganggu orang lain.

"Jika Zaskia merasa terganggu, ya wajar saja," kata Gus Yaqut, sapaan akrabnya, kepada detikcom, Jumat (23/4/2021).

"Orang yang salat saja dilarang mengeraskan bacaan salatnya yang bisa mengganggu orang lain yang sedang salat, apalagi orang yang teriak-teriak membangunkan orang seperti itu. Bagaimana jika yang di dekatnya situ sedang menjalankan salat? Apakah tidak terganggu?" lanjutnya.

Gus Yaqut mengatakan alangkah lebih baik jika takmir masjid bermusyawarah memutuskan seperti apa membangunkan warga untuk sahur di lingkungan sekitar. Sebab, tidak semua orang melaksanakan ibadah puasa. Dia meminta ibadah harus bertoleransi.


"Sebenarnya, pihak takmir masjid beserta lingkungan sekitarnya bermusyawarah, akan jauh lebih baik. Sejauh apa membangunkan orang sahur yang mungkin tujuannya baik, tidak mengganggu warga sekitar. Karena tidak semua orang, bahkan muslim sekalipun, berkewajiban berpuasa Ramadhan, sehingga tidak perlu dibangunkan di waktu sahur. Intinya, semua harus bertoleransi," ujarnya.

Lebih jauh Gus Yaqut menyebut adanya syarat-syarat penggunaan pengeras suara masjid yang tercantum dalam instruksi Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam. Di antaranya adalah orang yang terampil dan memiliki suara fasih atau tidak sumbang.

"Sebenarnya sudah ada instruksi Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 101 Tahun 1978 tentang 'Tuntunan Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musholla' ada syarat-syarat penggunaan pengeras suara, salah satunya 'pengguna pengeras suara adalah orang yang terampil dan bukan yang sedang coba-coba atau masih belajar, pengguna pengeras suara hendaknya memiliki suara yang fasih, dan tidak sumbang'," tuturnya.

Sebelumnya, dalam video yang diunggah di Instagram seperti dilihat Jumat (23/4/2021), Zaskia Adya Mecca bertanya-tanya model membangunkan sahur dengan berteriak di Toa masjid. Dia bingung kalau cara itu disebut tengah hits alias tren.

"Cuma mau nanya ini bangunin model gini lagi HITS katanya?! Trus etis ga si pake toa masjid bangunin model gini?? Apalagi kita tinggal di Indonesia yang agamanya pun beragam.. Apa iya dengan begini jadi tidak mengganggu yang lain tidak menjalankan Shaur?!" tulis Zaskia Adya Mecca.

https://news.detik.com/berita/d-5544...rasa-terganggu
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan peyronie memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu
24-04-2021 02:38
Ya bigitu itu beriagama gak pakai otak ....hrs nya masjid itu melayani umat bukan gangu umat.

profile-picture
Makati2019 memberi reputasi
1 0
1
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu
24-04-2021 02:41
Ya kalo mengganggu tolong ditertibkan dong pak, kalo cuma lipsing aja, artis Korea juga bisa.
profile-picture
Kepala.Jenggot memberi reputasi
1 0
1
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu
24-04-2021 03:01
Pak Menteri panutanque emoticon-Cool
0 0
0
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu
24-04-2021 03:21
Quote:"Sebenarnya, pihak takmir masjid beserta lingkungan sekitarnya bermusyawarah, akan jauh lebih baik. Sejauh apa membangunkan orang sahur yang mungkin tujuannya baik, tidak mengganggu warga sekitar. Karena tidak semua orang, bahkan muslim sekalipun, berkewajiban berpuasa Ramadhan, sehingga tidak perlu dibangunkan di waktu sahur. Intinya, semua harus bertoleransi," ujarnya.


soal ToA ini gak bisa antar sipil emoticon-Takut (S) harus ada aparat yang terlibat... menurut ane begitu sih

kalo antar sipil apalagi yang non muslim bisa macam2 entar emoticon-Takut (S)
profile-picture
Kepala.Jenggot memberi reputasi
1 0
1
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu
24-04-2021 03:39
Klo yg dlu dipenjara perkara toa..ap kabarny
profile-picture
akumidtorc memberi reputasi
1 0
1
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu
24-04-2021 03:57
di tempat bangunin sahur masih punya adab
walopun keliling pake alat musik tapi mainnya di jalan raya
kagak sampe masuk gang2 emoticon-Leh Uga
0 0
0
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu
24-04-2021 04:04
memang orang2 tolol itu mau musyawarah.?

yg ada malah maunya ganggu lebih kerass lagi..

itu yg pernah aku temuin.

lu hitung ada berapa toak di kampungmu. kalo lu bilang ga berisik. lu pasti bohong.


mau ibadah kok pamer. mulai magrib sampai jam 12 toak aktif terus diteruskan nanti jam 3 tereak terreak sahur diulang2 sampai adzan subuh. dan suara juga keras. harusnya pakai spiker dalam cukup. jadi yg kena berisik elu sendiri. itu baru satu toak. belum toak masjid laij yg saut sautan.

jaman dulu orang ga pake toak tetep bisa solat.
Diubah oleh TheTenant
profile-picture
Kepala.Jenggot memberi reputasi
1 0
1
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu
24-04-2021 04:38
Kayak ga punya alarm aja sih..abad modern tp kok gitu
0 0
0
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu
24-04-2021 04:42
paling males yg keliling2 itu,,
jam 2 udah berisik,
males banget,,
solanya mereka begadang dari malam,,
abis brisik2 jam 2, kek nya jam 4 dah pada tidur tuh pada bocah2 ampe zuhur.
0 0
0
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu
24-04-2021 05:04
tadi sempet jalan2 survey keliling, sampe jam segini 04.55. dah hampir jam 5 nih.

toak banyak masih aktif kenceng , musola ataupun masjid. bukan lagi suara adzan , bukan tereak sahur, tapi tadarus alquran.

dan ga cuma satu tempat.





hadehhh.
ya ampun gini amat ya umat muslim sekarang. apa dah ga pake akal sehat.

jaman gw kecil gw jaman orde baru ga gini.

menag sekarang gw kira bakal tegas soal2 kek gini. nyatanya juga Omong doang
profile-picture
gakjelasbgt memberi reputasi
1 0
1
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu
24-04-2021 06:50
meliana ungkap hal sama, dan berapa banyak vihara yang dibakar ???
kok beda penangganan ?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu
24-04-2021 06:51
Jiah, nih mentri juga cuma ngomong gini doang, gak ada aksinya..
0 0
0
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu
24-04-2021 07:04
wajar sih, karena ya itu waktunya ada yg istirahat juga bagi yg ga puasa, yg sahur pun mungkin sudah bangun
0 0
0
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu
24-04-2021 07:17
ude gitu doang .... cuman ngomong gitu doang ?

kayaknya ude banyak yg ngomong kek gitu ... terus ada hasilnya ? emoticon-Bingung
0 0
0
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu
24-04-2021 07:25
coba tapir yg ngmg begini, auto piral
profile-picture
akumidtorc memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu
24-04-2021 08:09
solusi dari pak menteri : pihak takmir musyawarah dengan lingkungan emoticon-Gila

kadrun : kalo gak suka silahkan minggat dr nkri


bayangkan kalo pihak yg di suruh musyawarah itu ada kadrunnya emoticon-Ngakak


endingnya juga bakalan : kami mayoritas (vs kafir ataupun vs internal berlainan mahzab)
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu
24-04-2021 09:02
Gw muslim dan gw setuju sama Zascia Mecca. Ini tahun 2021 dimana orang2 udah punya yang namanya Alarm. Bisa dari jam weker, apalagi dari alarm HP.

Yang jadi masalahnya sih bukan TOA nya tapi cara banguninnya, Bayangin bangunin sahur pake cara teriak2 pake toa begini udah dimulai dari jam 2 pagi buta sedangkan imsak / shubuh aja baru jam 1/2 5. Mau kemana daaaah buru2 amat bangunin sahur pagi2 buta begitu? Sedangkan pagi2 nya banyak orang yg udah harus mulai kerja lagi. Mau istirahat kapan? Toleransi? Toleransi yang mana? Jangan cuma teriak2 toleransi, tapi coba cari solusi bersama nya. Itu baru namanya toleransi dan tenggang rasa.

Semisal pun masih mau pake cara bangunin sahur kaya begini ya mininal mulai lah dari jam 1/2 4, jangan dari jam 2 pagi buta juga. Jadi yang emang ga kebangun karena alarm jg masih punya waktu sekitar 1 jam buat sahur, 1 jam itu udah jauuuuuhhh dari cukup loh buat sahur.

*NB: SEKARANG ZAMAN 2021 DIMANA ADA YANG NAMANYA ALARM. Jadi klo mau bangunin pake cara kaya gini pun minimal tunggu dulu lah 1 jam sebelum imsak / shubuh. Ini baru namanya tenggang rasa, sama2 saling pengertian. Jangan cuma maunya dingertiin terus...

emoticon-shakehand
Diubah oleh riecurl
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu
24-04-2021 09:09
Sahur dulu cuk!

{thread_title}
profile-picture
essholl memberi reputasi
1 0
1
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu
24-04-2021 10:06
Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu

Keroyok rame-rame gan emoticon-Ketupatemoticon-Ketupatemoticon-Ketupat
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia