Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
245
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60832f6214b7ff677460401a/demi-takjil-es-cincau-hijau-nikmat-bikinan-sendiri-ane-berburu-daunnya-di-hutan
Cincau hijau umum dibuat dari tanaman rambat dengan nama latin cylea berbata. Tanaman ini bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Selain itu, daun cincau juga mengandung zat anti oksidan yang tinggi.
Lapor Hansip
24-04-2021 03:34

Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan

Hai, Sahabat Kaskus! Bagaimana nih puasanya? Apakah masih lancar? Ane doakan ibadah puasanya makin lancar bagi yang menjalankannya dan selalu dalam keadaan sehat wal'afiat bagi Agan dan Sista semuanya.

Agan dan Sista pernah lihat tanaman cincau? Kali ini ane ingin berbagi pengalaman berburu daun cincau, nih. Buat apa sih, ane sampai berburu daun cincau sedangkan cincau yang udah jadi banyak dijual di warung? Jawabannya ane pengen bikin cincau sendiri, GanSist. Ane ingin tahu prosesnya. Jika biasanya cincau yang dijual di warung berwarna hitam kecoklatan, kali ini ane mau bikin cincau hijau. Ane pengen membuat menu takjil dari cincau hijau bikinan sendiri. Pasti lebih nikmat.

Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan

Cincau hijau umum dibuat dari tanaman rambat dengan nama latin cylea berbata. Tanaman ini bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Selain itu, daun cincau juga mengandung zat anti oksidan yang tinggi. Daun cincau hijau yang ane buru di hutan memiliki daun berbentuk hati dengan warna hijau tua. Permukaan daunnya berbulu halus, GanSist.

Dokpri


Tanaman cincau di daerah tempat tinggal ane masih banyak tumbuh liar di antara semak belukar dalam hutan atau merambat di tepi hutan, GanSist. Namun, udah jarang ditemui di kebun-kebun dalam kampung. Makanya, kemarin ane menuju hutan untuk berburu tanaman yang satu ini.

Singkat cerita ane memetik satu kantong plastik warna hitam daun cincau. Saat masih di hutan, ane sengaja memisahkan daunnya dari ranting terlebih dahulu. Cara ini agar proses pembuatan cincau lebih cepat. Yuk cekidot, bagaimana ane membuat cincau sendiri sekaligus menjadikannya takjil yang super duper nikmat dan menyegarkan.



Dokpri


Bagaimana, GanSist, mudah bukan? Bagi ane memanfaatkan sumber daya alam yang masih melimpah, setidaknya sedikit menghemat uang belanja. Selain hemat, memetik daun cincau di hutan dan proses membuat cincau sendiri adalah pengalaman yang sangat berharga dan tak akan terlupakan.

Cukup sekian thread ane kali ini. Terima kasih telah membacanya, semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan jejak cinta berupa cendol, rate dan komentnya, GanSist.

Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan


Sumber: Opini pribadi
Gambar: Dokpri dan di sini

profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 03:35
Reserved
profile-picture
gustiarny memberi reputasi
1 0
1
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 03:35
Mampir Agan dan Sista
profile-picture
gustiarny memberi reputasi
1 0
1
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 03:36
Es cincau hijau nikmat menyegarkan sekaligus baik untuk kesehatan.
profile-picture
gustiarny memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 04:07
Enya dulu waktu kecil sering bikin ini. Kalau gak salah di tempat Enya namanya daun pagar. Malah ada jimatnya dari lelucon masa kecil kami dulu. Setelah diremas atau dibikin, supaya dia jadi cincau, harus disimpan di tempat yang gelap dan enggak boleh terkena cahaya. Entah ilmu dari mana, sehingga kami pun menyimpannya di bawah tempat tidur. 🤣🤣🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 04:12
Mantaaab. Bisa nambah-nambah pastinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 04:16
wow mantappp.. seger banget buat buka apalagi dapet bikin sendiri, ngomong2 itu hutan nya daerah mana? di hutan daerah ane mah udah ga ada daun cincau.. mungkin ada cuma mesti masuk k belantara hutannya..
Diubah oleh nasrul.putra
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 04:17
Di saudara ada tapi daunnya panjang-panjang
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 04:38
Di belakang rumah banyak daun cincau tapi ane malah gak pernah bikin emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 04:50
itu namanya camcau. lebih lembek dibanding cincau. kalau cincau tanamannya seperti rumput, pengolahannya lebih rumit, dan texturnya agak keras, dan warnanya agak gelap.
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 04:59
Lebih alami nih.. buat sendiri cincaunya.. joss gan.. salam Sehat emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 05:30
harus dicoba ne emoticon-Toast

jadi ngiler emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 05:43
seingat ane pas usia SD tahun 91 ane ama teman teman coba cari daun cincau hijau, emang bener kata TS di sekitar rumah / kampung masih banyak tapi saat ini udah jarang. entah kenapa?

tapi mantap juga agan TS sampe cari ke hutan buat cincau hijau. ane ga kebayang jika ane cari ke hutan demi buat cincau pulangnya keburu magrib. hahaha.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ronaldosmk4 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 05:47
Keren.
Ane kalau main ke kampung bojo, pasti dibawain daun ini dari hutan sama mertua. Jujur ane nggak bisa ngebedain kalau disuruh metik sendiri daunnya.
Emang rasanya beda, lebih seger bikinan sendiri.
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 06:32
Ane ada nanem daun ini di rumah, dapet dr mertua. Wew.. mrambat, rimbundan bagus. Daunnya ini kecil dan kalo dijadiin cincau lebih padat. Ada yg daunnya lebih besar ga enak. Banyak busanya dan jg lebih encer. Dr mertua dikasih ke ane, dr ane ngasih ke ortu murid di skul. Dari sono ngasih ke ponakannya yg di surabaya. Dan trakhir tak tanya masih terawat dgn baik smua
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 07:49
Es cincau hijau nikmat menyegarkan sekaligus baik untuk kesehatan.



192.168.100.1 192.168.1.1
Diubah oleh enilkate
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 08:42
ketemu macan ga?
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 08:47
Di daerah kami adanya cincau perdu bukan yang rambat. Tapi maaf bun itu hasilnya di atas kekentelan jadi kaya berbusa gitu. Kalo yang airnya pas ga bakal berbusa dan lembut. Ini punyaku kemarinDemi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 09:01
ajib nih, bisa sampe lebaran haji bikin es cincau terus emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 09:08
kenapa g ditanem dirumah juga gan kan kalo dah ditanem dirumah g usah repot2 ambil ke hutan
Diubah oleh isu152
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Demi Takjil Es Cincau Hijau Nikmat Bikinan Sendiri, Ane Berburu Daunnya di Hutan
24-04-2021 09:28
Banyak dipinggir empang tempat ane daunnya
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia