dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Tips Menyimpan Bawang Merah dan Bawang Putih Agar Tidak Cepat Busuk!



sumber

Hai, Gansist! Selamat pagi, siang, dan malam.

Menjelang hari raya lebaran seperti ini biasanya harga kebutuhan pokok atau sembako semakin melonjak. Entah, kenapa selalu terjadi fenomena seperti itu? Mungkin disebabkan karena banyak yang butuh, sedangkan stok sedikit jadi harga biasanya akan naik.

Untuk menyiasati lonjakan harga yang terjadi saat mendekati hari raya, ada sebagian konsumen yang membeli kebutuhannya jauh-jauh hari.

Namun, ada kelemahan bila membeli belanjaan jauh-jauh hari, terutama sembako yang tidak tahan lama dalam penyimpanan, misalnya bumbu-bumbu bisa busuk.

Sebenarnya ada sih, bumbu-bumbu dapur yang telah dikemas secara pabrikan, misalnya mrica bubuk, kunyit bubuk, ketumbar bubuk, cabe kering, dll.

Bagaimana caranya bila mengonsumsinya bumbu dapur tersebut kudu dalam keadaan fresh, misalnya bawang putih dan bawang merah?

Nah, berikut ini ada sedikit thread dari yang membahas agar bawang merah dan bawang putih awet di dalam penyimpanan.

1. Jaga kelembapan bawang.



Memang bawang putih dan bawang merah, bila dalam keadaan lembap akan mengalami pembusukan. Usahakan pada saat membeli bawang pilihlah bawang yang kering, dengan ditandai 'kemrisik' saat dipegang.

2. Sering diangin-anginkan.



Bila memiliki stock bawang yang agak banyak, jangan lupa untuk selalu dicek kelembapannya. Jika sudah berasa lembap, sebaiknya bawang-bawang tersebut diangin-anginkan. Bukan dijemur langsung di bawah sinar matahari ya, Gansist! Bawang-bawang bila langsung tertimpa matahari langsung biasanya akan lanas dan cepat busuk.

3. Disimpan secara terpisah.



Agar lebih awet dan tidak cepat busuk, sebaiknya bawang merah dan bawang putih penyimpanannya disendirikan ya, Gansist. Karena bawang merah dan putih akan mengeluarkan aroma zat yang berbeda, sehingga bila dicampur zat tersebut akan saling mempengaruhi dan membuat bawang cepat busuk.

4. Disimpan dalam keadaan dikupas.



Untuk menghemat waktu saat akan digunakan, bawang juga boleh disimpan dalam keadaan terkupas. Syaratnya, setelah dikupas lalu masukan ke dalam wadah kedap udara, baru kemudian simpan di dalam kulkas.

5. Simpan dalam bentuk irisan.



Cara ini hampir sama dengan di atas. Masukkan ke dalam wadah kedap udara, lalu masukan ke dalam kulkas. Hanya saja, pisau yang digunakan harus bersih, atau sebaiknya terlebih dahulu dicuci agar steril. Sebab pisau yang tidak bersih pada saat mengiris-iris bawang bisa mempercepat pembusukan.

Nah, itu tadi 5 tips menyimpan bawang merah dan bawang merah agar tidak cepat busuk. Silakan Gansist memilih kira-kira yang sesuai sikon Gansist. Tentu akan memilih yang paling praktis sesuai selera Gansist.

Sekian tips dan thread dari aku, selamat mencoba dan mempraktikkan. Sampai ketemu di thread aku selanjutnya.

Referensi dan ilustrasinya, dari ini

Cahayahalimah
Shyesun.pucha
embunsuci
embunsuci dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.