islamisdeviAvatar border
TS
islamisdevi
Cabut Gigi Bisa Menyebabkan Kebutaan, Benarkah?


Assalamualaikum, Gansis! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga masih dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Aamiin. Semangat puasa!


Gansis! Di masa sekarang ini, kita gampang banget untuk cari informasi. Media cetak hingga media sosial semuanya menyediakan informasi yang kita butuhkan.

Nah, seiring menjamurnya sarana untuk mencari informasi, kita juga perlu hati-hati dengan adanya berita hoax atau berita palsu.

Dewasa ini, ada saja oknum-oknum tak bertanggung jawab yang mengolah sebuah informasi tak benar dan membagikannya sehingga banyak dipercaya masyarakat. Meresahkan banget!
Paling banyak, berita hoax itu beredar lewat media sosial, khususnya platform chat.

Quote:


Kita sebagai netizen harus extra hati-hati dalam menyikapi berita hoax ini. Belum lagi kalau sudah masuk ke grup Whatsapp keluarga. Waduh! Makin bahaya deh.

Nah, salah satu cara untuk memberantas hoax adalah menjadi Hansip Hoax.
Caranya mudah kok, kita nggak usah membagikan sebuah informasi yang kita dapatkan sebelum kita mengetahui faktanya. Untuk mencari fakta, kita bisa mengunjungi #HansipHoaxkarena ada banyak sekali informasi hoax yang bisa kita temukan faktanya.



Ngomongin berita hoax nih, ada satu berita yang sangat dipercaya masyarakat hingga saat ini.

Ceritanya, ane punya adik sepupu yang punya keluhan sakit gigi pada gigi atasnya. Sudah berkali-kali ane lihat dia meringis kesakitan akibat giginya yang berlubang parah.

Pernah ane saranin untuk ke dokter gigi, minta supaya giginya dicabut, tapi dia malah nggak mau. Alasannya takut karena ada berita yang beredar kalau cabut gigi bisa menyebabkan mata buta!

Hah, buta?

Jadi, berita ini tuh sudah beredar dari dulu, Gansis. Alhasil banyak orang yang lebih memilih untuk tidak mencabut giginya walaupun harus kesakitan. Mereka memilih tetap menggunakan obat-obatan baik dari apotek maupun obat tradisional.

Mendengar pengakuan dari adik sepupu ane, ane pun mencoba mencari tahu lewat internet. Akhirnya, ane menemukan sebuah artikel yang membahas hal ini.

Dari rsud.tulungagung.go.id, menurut salah satu Dokter Gigi RSUD Iskak Tulungagung, yakni drg. Danang Dewantara menyebut kalau informasi itu adalah palsu!
Katanya, tidak ada korelasi antara cabut gigi dengan indra penglihatan.

Menurut sang dokter, jaringan antara kedua organ ini tidak terhubung langsung. Cabang saraf pada mata itu terhubung langsung ke otak tidak pernah menyambung ke gigi. Begitu pula pada saraf gigi, cabang saraf langsung ke otak tidak menyambung ke mata.



Namun, walaupun mencabut gigi tidak menyebabkan kebutaan, ada beberapa gangguan pada penglihatan yang dapat muncul. Tenang, sifatnya hanya sementara kok.

Satu lagi informasi dari Kominfo bahwa berita tersebut adalah berita disinformasi karena jelas sekali bahwa saraf gigi dan saraf mata tidak berhubungan serta hal tersebut sudah ada faktanya.




Nah, Gansis. Sekarang kita bisa bernapas lega karena mencabut gigi itu tidak dapat menyebabkan kebutaan!
Jadi, kita tidak perlu lagi takut untuk mencabut gigi ya, GanSis!

Sekian dulu thread dari ane. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum.

Sumber gambar: 1,2,3,dan 4
Diubah oleh islamisdevi 14-04-2021 06:33
macaulay
m4ntanqv
ujellyjello
ujellyjello dan 26 lainnya memberi reputasi
27
7.7K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Citizen Journalism
Citizen Journalism
icon
12.5KThread3.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.