c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!




Myanmar berdarah ratusan orang terluka dan kehilangan nyawa, mereka menuntut keadilan. Namun semua itu sia-sia, suara di bungkam penembakan bagi pembangkang terus berjalan.

Ekonomi Myanmar pun seakan lumpuh, kedamaian jauh didepan mata junta militer terus mengasah senjata untuk melanggengkan kekuasaan di tanah yang mereka tempati.





Jenderal Min yang mengkudeta pemimpin sipil Aung San Suu Kyi, tentu ada alasannya walau hanya klaim sepihak Jenderal Min Aung Hlaing memberikan alasan bahwa telah terjadi ketidak adilan dalam pemilu yang dimenangkan Aung San Suu Kyi yang kini menjadi tahanan politik.

Lantas apa selanjutnya langkah sang Jenderal? Akan memberikan pemilihan umum yang lebih jujur dan adil. Namun hal itu dianggap lucu oleh para pendemo yang merasa demokrasi sengaja di suntik mati, yang membedakan demo Myanmar dengan Indonesia adalah ketertiban tak ada yang menjarah toko-toko. Apalagi sentimen ras, hingga pembakaran terjadi semua itu tidak ada yang ada hanya berisik menyuarakan pendapat hingga harus berhadapan dengan polisi, bisa dibilang aksi ini murni politik.





Hal ini pernah terjadi ketika masa orde baru, peralihan kekuasaan orde lama yang dikudeta merangkak oleh orde baru tidak bisa dipandang dengan sebelah mata. Walau terasa bukan kudeta, tapi akhirnya Sukarno seperti tahanan rumah hingga sakitnya menyerang.

Bahkan organisasi politik yang bernama PKI pun hangus tinggal nama, para simpatisannya ada yang bertemu dengan Tuhan ada juga yang terlunta-lunta di Penjara. Setelah orde baru lahir, siapa berani yang bersuara menentang kebijakan Suharto dijamin besok hilang tanpa jejak.





Hingga tibalah keputusan di tahun 1998 yang membuat Indonesia terpuruk dari segi ekonomi, gelombang reformasi bukan tanpa tumbal beberapa mahasiswa pun rela meregang nyawa. Bahkan kerusuhan yang memilukan terjadi, suasana ibukota mencekam, suku, ras dan agama sangat meruncing dimasa itu.

Rakyat sipil ikut menjadi korban, pembakaran toko sengaja dilakukan agar ada korban yang sedang sibuk menjarah. Disinilah kita merasa bangsa ini tak lebih dari penjahat yang mengagungkan ramah tamah.





Kudeta militer saat itu bisa saja terjadi, tapi sepertinya kekuasaan di tangan Habibie yang menggantikan Suharto dapat meredam hal itu semua.

Pengerahan pasukan kostrad di bawah kendali Prabowo membuat Habibie mencopot jabatan Letjen Prabowo Subianto sebagai Panglima Kostrad pada 23 Mei 1998, yang digantikan oleh Letjen Johny Lumintang.







Debat antara Prabowo dan Habibie pun tak terelakkan, dan Prabowo ingin memegang pasukannya dalam beberapa hari saja namun ditolak. Ia juga menyanggah akan kudeta militer, karena saat itu pasukan kostrad mengepung kediaman Habibie untuk menjaga Presiden, walau Habibie membantah itu bukan tugas kostrad tapi paspampres. Setelah itu karir Prabowo pun menghilang hingga saat ini sukses menjabat sebagai Menteri.

Namun yang menarik, rintihan dan jerit sipil yang ditembaki, yang terbakar dalam kerusuhan yang "katanya" ada yang bermain bukan dari keinginan masyarakat sendiri. Ini menjadi tanda tanya apakah militer sebenarnya ada gerakan ingin inskonstitusi?





Hingga saat ini cerita kelam itu masih abu-abu, namun buat ane ketika militer sudah mengambil alih tentu keduanya sama-sama sadis. Walau Indonesia tidak ada sejarahnya kudeta militer namun pemberontakan oleh bagian militer kerap terjadi.

Sebagai seorang prajurit akan tunduk pada pimpinan, bahkan pemberontakan di Indonesia hampir seluruhnya ada peran militer di dalamnya. Permesta, PKI, DI TII, Apra dan lainnya tak lepas dari militer yang tidak sejalan dengan kubu militer lainnya.

Untuk itu ketika saat ini demokrasi kita sudah kebablasan, hingga hate speech menjadi biasa apakah kita masih memerlukan pemimpin eks militer?



Sebenarnya yang di inginkan rakyat itu simple, cari makan mudah, ekonomi berjalan, damai dan aman, kerjaan gampang agar banyak uang, beribadah tak dipersulit, tak ada sentimen ras. Maka siapapun pemimpinnya mereka akan tutup mata!!

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star




Diubah oleh c4punk1950... 21-04-2021 14:28
yusuf2210indramamothm4ntanqv
m4ntanqv dan 56 lainnya memberi reputasi
55
12.2K
183
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.