• Beranda
  • ...
  • Sista
  • Kesetaraan Gender Sering Diperbincangkan, Gimana Kondisi Sebenarnya Di Indonesia Ya?

rarirurerorAvatar border
TS
rarirureror
Kesetaraan Gender Sering Diperbincangkan, Gimana Kondisi Sebenarnya Di Indonesia Ya?


Sista pasti udah sering banget kan mendengarkan pembahasan dengan topik kesetaraan gender?
Kalau menurut Sista sendiri, kesetaraan gender itu apa sih?

Kalau menurut KEMENPPPA (Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), kesetaraan gender merupakan kesamaan kondisi bagi perempuan dan laki-laki untuk memperoleh kesempatan dan hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan, dan kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan.

Pada dasarnya, kesetaraan gender itu penting banget loh Sis. Pasalnya, kita sebagai perempuan juga memiliki hak yang sama, kita bukan makhluk lemah yang ga bisa apa-apa karena kita juga bisa kok melakukan banyak hal.

Saking pentingnya, isu kesetaraan gender ini sampai menjadi salah satu poin di SDGs (Sustainable Development Goals) loh. SDGs sendiri merupakan rencana aksi global yang sudah disepakati oleh para pemimpin di dunia, termasuk Indonesia. Dalam SDGs tersebut ada 17 poin serta 169 target yang diharapkan bisa tercapai di tahun 2030 nanti. Salah satu isu penting yang menjadi perhatian dari 17 poin yang ada adalah poin nomor 5 mengenai Kesetaraan Gender.

Quote:


Sudah terbukti kan, bagaimana pentingnya isu tentang kesetaraan gender ini?
Bahkan sampai menjadi isu dunia loh.

Yap! Kesetaraan gender memang sangat penting, bahkan di Indonesia sendiri sejak jaman dulu, R.A. Kartini telah memperjuangkan hak-hak para perempuan yang kita kenal juga dengan emansipasi wanita. Berkat perjuangannya lah, saat ini kita sebagai perempuan bisa menjadi orang yang maju.

Tapi kalau kalian perhatikan, kondisi kesetaraan gender yang terjadi di indonesia itu seperti apa sih?
Apakah sudah bisa dikatakan bahwa perempuan indonesia cukup maju?

Untuk mengetahui kondisi kesetaraan gender di Indonesia, Sista bisa melihatnya melalui indikator Indeks Pembangunan Gender (IPG), yaitu rasio Indeks Pembangunan Manusia perempuan dan laki-laki. Jika nilai Indeks Pembangunan Gender mendekati 100, maka semakin bagus.





Nah, kalau di lihat berdasarkan grafik di atas, IPG Indonesia dapat dikatakan bagus karena terus mengalami peningkatan. Nilai IPG yang awalnya 66,53 pada tahun 2010, meningkat menjadi 71,94 pada tahun 2020. Berdasarkan nilai tersebut, Indonesia berada di posisi 5 di antara negara-negara asean dan berada di posisi 107 dari 189 negara di dunia. Meskipun Indonesia berada di posisi tengah di antara negara ASEAN, Indonesia memiliki selisih nilai yang cukup jauh, sehinga tidak bisa dikatakan kondisi kesetaraan gender di Indonesia baik-baik saja.

Nah, supaya kondisi kesetaraan gender di Indonesia semakin baik, yuk sama-sama perjuangkan kesetaraan gender di Indonesia. Salah satunya dengan menjadi perempuan hebat!

Selamat Hari Kartini untuk semua Sista di Indonesia!



SUMBER
SUMBER
Diubah oleh rarirureror 20-04-2021 14:45
m4ntanqv
indramamoth
aygilagility
aygilagility dan 20 lainnya memberi reputasi
15
4.8K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
Sista
icon
3.9KThread7.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.