Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
55
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607ab16d0bbafa06f65ad4ce/tradisi-kue-apem-dan-segala-filosofi-didalamnya
Selamat sore agan sista semua, buat yang puasa masih semangat ga nihh? Semoga masih semangat dan jangan males-malesan ya. Sore waktu puasa gini gansis biasanya ngapain? Ngabuburit ga? Kalo iya jangan sampai lupa waktu ya gan hehe. Biar asik ngabuburit dibuat ngaskus aja gan. Seperti yang ane lakukan sekarang nih gan. Lumayan bikin thread sampai tiba wa
Lapor Hansip
17-04-2021 16:59

Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya

Selamat sore agan sista semua, buat yang puasa masih semangat ga nihh? Semoga masih semangat dan jangan males-malesan ya. Sore waktu puasa gini gansis biasanya ngapain? Ngabuburit ga? Kalo iya jangan sampai lupa waktu ya gan hehe. Biar asik ngabuburit dibuat ngaskus aja gan. Seperti yang ane lakukan sekarang nih gan. Lumayan bikin thread sampai tiba waktu maghrib. Dan apa yang akan ane bahas? Ane kali ini akan membahas tradisi saat ramadhan yang ada di tempat ane. Yuk langsung cuss.

Sebelumnya ane adalah orang kediri gansis. Asli Kediri Jawa Timur. Disini budaya islam masih sangat kental gan sis. Salah satunya adalah tradisi Apeman di awal Ramadhan.

penampakan apem


Apem sendiri adalah kue yang memiliki bentuk bulat dan tebal. Ukuran diameternya mungkin sebesar botol air mineral yang 1,5 Liter gan. Lalu tebalnya bisa sampai 2 Cm. Apem ini memiliki bahan dasar tepung beras yang diberi tambahan telur, santan kealap, gula, garam dan ada sedikit tape. Setelah adonan semua bahan tercampur, didiamkan selama semalam. Keesokan harinya adonan di bakar dengan cetakan seperti serabi gan.

makan rame-rame


Apem sendiri pada hari biasa selain ramadhan juga ada yang menjual di pasar tradisional dengan harga yang cukup terjangkau. Namun ketika awal Ramadhan, masyarakat sekitar berbondong-bondong membuat kue ini. Tambahan informasi nih gan, Di daerah lain ada yang membuat kue apem ramai-ramai di satu tempat loh asik juga nih. Setelah jadi biasanya apem ini ditaruh di masjid atau mushola untuk dibagikan ada juga yang langsung dibagikan ke para tetangga dan kerabat.

Walaupun ada setiap saat. Kue apem ini ketika awal ramadhan memiliki filosofi berbeda gan. Apem adalah kata serapan dari kata bahasa arab yakni Afwan yang berarti maaf dalam bahasa Indonesia.

enak niih


Jadi kue apem disini menjadi perwakilan dari pembuatnya untuk menyampaikan permohonan maaf. Karena memang untuk menyambut bulan penuh berkah ini kita harus mensucikan jiwa dari kesalahan terhadap sesama agar dapat lancar menjalankan rangkaian ibadah yang ada.

Begitulah tradisi apeman yang ada di daerah ane untuk menyambut #RamadhanBerkah. Bagaimana dengan daerah kalian gansis? Ada apeman atau tidak?? Kalau ada tulis di komentar apeman di tempat gansis apakah sama atau berbeda.

Mungkin cukup sekian dari ane. Jika gansis ingin tahu banyak tentang tradisi Ramadhan di daerah lain, yuk cek aja di forum the lounge kesayangan kita bersama. Semoga penjelasan ane dapat dipahami dan sampai jumpa di threadnya mr.zen berikutnya.

Berdasarkan opini pribadi

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Diubah oleh mr.zen204...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
17-04-2021 18:33
Pertamax diamankeun
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
17-04-2021 18:41
Baru tau makna kue apem tuh ini ya ternyata. Ane jadi kepengen kue apem nih emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
21-04-2021 11:02
Apem emoticon-Belo


















































emoticon-Genit
profile-picture
mr.zen204... memberi reputasi
1 0
1
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
21-04-2021 11:03
Klo di bandung apem setau ane apem biasanya dikukus emoticon-Bingung
profile-picture
mr.zen204... memberi reputasi
1 0
1
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
21-04-2021 11:06
Saya suka apem
profile-picture
mr.zen204... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
21-04-2021 11:06
foto2 apem dibanyakin dong
profile-picture
mr.zen204... memberi reputasi
1 0
1
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
21-04-2021 11:12
enak nih
lama ga nemu emoticon-Big Grin
profile-picture
mr.zen204... memberi reputasi
1 0
1
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
21-04-2021 11:14
apem ame ku cucur emoticon-Big Grin
profile-picture
mr.zen204... memberi reputasi
1 0
1
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
21-04-2021 11:19
Pinjaman instan tersedia untuk individu dan entitas perusahaan. Pertanyaan serius saja! Hubungi kami hari ini melalui email (sawda.finance@gmail.com) untuk mendiskusikan skenario Anda dan untuk mempelajari lebih lanjut tentang prosedur transaksi, syarat dan ketentuan kami.
profile-picture
mr.zen204... memberi reputasi
0 1
-1
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
21-04-2021 11:23
kalo di Cirebon tradisi bagi² apem malah bulan Safar...

tradisi apem Cirebon
profile-picture
mr.zen204... memberi reputasi
1 0
1
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
21-04-2021 11:28
makanan enak neh
sambil ngupi
nunggu buka puasa emoticon-Big Kiss
profile-picture
mr.zen204... memberi reputasi
1 0
1
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
21-04-2021 11:33
Apem nya bagus. Halus, mengkilat, licin, putih.. emoticon-Smilie
Mendadak pikiran saya kemana-mana dan lidah langsung berasa agak asin emoticon-Smilie

Diubah oleh direktur.muda
profile-picture
profile-picture
mr.zen204... dan Reizkyzx memberi reputasi
2 0
2
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
21-04-2021 12:07
Wihh mantep nih kue apem, sayang banget dah kemaren ane nggak sempet nyicipin kue apem pas dirumah
profile-picture
mr.zen204... memberi reputasi
1 0
1
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
21-04-2021 12:18
Waa nice threads nih. Baru tau ane artinya apem adalah maaf..
profile-picture
mr.zen204... memberi reputasi
1 0
1
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
21-04-2021 12:21
kalo ane doyannya apem berbulu bre emoticon-Leh Uga
profile-picture
mr.zen204... memberi reputasi
1 0
1
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
21-04-2021 12:53
Hayo puasa puasa, pikiran diluruskan emoticon-Malu


Kue Apem ini semakin kesini semakin kalah saing sama jajanan resep modern,
Di Penjual Jajan Pasar saja sudah susah nyarinya, kalaupun ada rasanya beda sama dulu, entah lidah ane yang mulai rusak atau emang pembuat apem sekarang kurang bisa menjaga rasa ori khas Apem yang kenyal dan lembut emoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
mr.zen204... dan nirankara memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
21-04-2021 12:59
Kirain singkatan dari anak pemalu
profile-picture
mr.zen204... memberi reputasi
1 0
1
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
21-04-2021 13:28
owh makna apem ketika akan memasuki bulan Ramadhan adalah maksud permintaan maaf dari seseorang ya, dimulai lagi dari nol ya 🤭
profile-picture
mr.zen204... memberi reputasi
1 0
1
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
21-04-2021 13:40
Kue Apem tante item gw makan tetanus Mending gw kantongin akh buat s brino #kasino

emoticon-Ngakak
Diubah oleh pmanozawa
profile-picture
mr.zen204... memberi reputasi
1 0
1
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
21-04-2021 13:58
salah satu kue kegemaran gua, dicelupin di kopi susu maknyusss
profile-picture
mr.zen204... memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia