mr.zen204...Avatar border
TS
mr.zen204...
Tradisi Kue Apem Dan Segala Filosofi Didalamnya
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Selamat sore agan sista semua, buat yang puasa masih semangat ga nihh? Semoga masih semangat dan jangan males-malesan ya. Sore waktu puasa gini gansis biasanya ngapain? Ngabuburit ga? Kalo iya jangan sampai lupa waktu ya gan hehe. Biar asik ngabuburit dibuat ngaskus aja gan. Seperti yang ane lakukan sekarang nih gan. Lumayan bikin thread sampai tiba waktu maghrib. Dan apa yang akan ane bahas? Ane kali ini akan membahas tradisi saat ramadhan yang ada di tempat ane. Yuk langsung cuss.

Sebelumnya ane adalah orang kediri gansis. Asli Kediri Jawa Timur. Disini budaya islam masih sangat kental gan sis. Salah satunya adalah tradisi Apeman di awal Ramadhan.

Spoiler for penampakan apem:


Apem sendiri adalah kue yang memiliki bentuk bulat dan tebal. Ukuran diameternya mungkin sebesar botol air mineral yang 1,5 Liter gan. Lalu tebalnya bisa sampai 2 Cm. Apem ini memiliki bahan dasar tepung beras yang diberi tambahan telur, santan kealap, gula, garam dan ada sedikit tape. Setelah adonan semua bahan tercampur, didiamkan selama semalam. Keesokan harinya adonan di bakar dengan cetakan seperti serabi gan.

Spoiler for makan rame-rame:


Apem sendiri pada hari biasa selain ramadhan juga ada yang menjual di pasar tradisional dengan harga yang cukup terjangkau. Namun ketika awal Ramadhan, masyarakat sekitar berbondong-bondong membuat kue ini. Tambahan informasi nih gan, Di daerah lain ada yang membuat kue apem ramai-ramai di satu tempat loh asik juga nih. Setelah jadi biasanya apem ini ditaruh di masjid atau mushola untuk dibagikan ada juga yang langsung dibagikan ke para tetangga dan kerabat.

Walaupun ada setiap saat. Kue apem ini ketika awal ramadhan memiliki filosofi berbeda gan. Apem adalah kata serapan dari kata bahasa arab yakni Afwanyang berarti maaf dalam bahasa Indonesia.

Spoiler for enak niih:


Jadi kue apem disini menjadi perwakilan dari pembuatnya untuk menyampaikan permohonan maaf. Karena memang untuk menyambut bulan penuh berkah ini kita harus mensucikan jiwa dari kesalahan terhadap sesama agar dapat lancar menjalankan rangkaian ibadah yang ada.

Begitulah tradisi apeman yang ada di daerah ane untuk menyambut #RamadhanBerkah. Bagaimana dengan daerah kalian gansis? Ada apeman atau tidak?? Kalau ada tulis di komentar apeman di tempat gansis apakah sama atau berbeda.

Mungkin cukup sekian dari ane. Jika gansis ingin tahu banyak tentang tradisi Ramadhan di daerah lain, yuk cek aja di forum the loungekesayangan kita bersama. Semoga penjelasan ane dapat dipahami dan sampai jumpa di threadnya mr.zen berikutnya.

Berdasarkan opini pribadi

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Diubah oleh mr.zen204... 17-04-2021 10:00
ujellyjello
m4ntanqv
indramamoth
indramamoth dan 19 lainnya memberi reputasi
20
2.7K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.