Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
204
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607ed0800045f120f21c2c3f/jika-kulit-gelap-adalah-ukuran-tidak-cantiknya-wanita-bagaimana-dengan-kartini
kulit yang mati-matian dihindari dan ingin diubah oleh banyak orang, khususnya perempuan Indonesia. Karena berkulit gelap kini kerap dianggap 'tidak lebih baik' daripada si kulit terang, sasaran empuk hinaan atau ledekan, atau kesimpulannya adalah: sering jadi objek atau korban rasisme lingkungan.
Lapor Hansip
20-04-2021 20:00

Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?

Past Hot Thread
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
(Ibu Kita Kartini/Wikimedia Commons)

Apa yang bisa Gan Sis lihat di foto ini? Sosok Kartini dengan mukanya yang sendu namun menyiratkan kobaran semangat di dalam dirinya? Gaya rambut dengan sisiran rapi dan sanggul khas wanita Jawa? Kebaya? atau kulitnya yang sawo matang?

Diantara semua deskripsi tersebut yang akan Ane bahas pada thread kali ini adalah terkait kulit sawo matangnya Kartini atau yang dewasa kini dikategorikan sebagai kulit gelap.

Yap! kulit yang mati-matian dihindari dan ingin diubah oleh banyak orang, khususnya perempuan Indonesia. Karena berkulit gelap kini kerap dianggap 'tidak lebih baik' daripada si kulit terang, sasaran empuk hinaan atau ledekan, atau kesimpulannya adalah: sering jadi objek atau korban rasisme lingkungan.

"Hah kok kini? Bukannya rasisme terhadap kulit gelap sudah ada dari zaman dulu ya?"

Singkat cerita. Memang, stereotip buruk untuk orang-orang yang berkulit gelap sudah ada dari dulu, terutama di Negara-Negara Barat. Namun jika bicara hal ini di Negara Indonesia, rasanya agak aneh karena melihat kulit-kulit kakek nenek moyang kita zaman dahulu yang tertangkap di banyak arsip foto sejarah berwarna kuning langsat, sawo matang dan hitam.

Ironisnya, semakin berkembangnya zaman standar kecantikan di Indonesia semakin bergeser jauh dari akarnya. Akibat adanya globalisasi, pandangan dan standar kecantikan wanita nusantara pun berubah.

Entah siapa yang memulai, wanita cantik Indonesia zaman sekarang mayoritas dideskripsikan dengan badan yang kurus, rambut lurus nan jatuh, hidung mancung, bibir tipis nan imut, tinggi semampai, dan jangan lupa... kulit harus terang! harus putih! hitam atau gelap itu buruk! jelek!

Maka tak heran, produk pemutih instan atau skin care dengan iming-iming mencerahkan laku di pasaran. Tidak hanya itu, perempuan bisa dikatakan glow up atau berubah menjadi lebih bersinar dan cantik jika kulitnya yang tadinya sawo matang atau hitam berubah menjadi putih, terang, dan berkilauan~

Sebenarnya perkara kulit memang hak masing-masing sih ya... tetapi, karena adanya pergeseran standar kecantikan yang sepihak (entah dibuat oleh siapa) tersebut banyak hal yang berubah.

Mau tidak mau, suka tidak suka, setuju tidak setuju. Nyatanya di lapangan, perempuan berkulit putih atau terang lebih diuntungkan daripada perempuan berkulit hitam atau gelap.

Baik dari segi lingkungan pertemanan, percintaan, kesempatan, atau bahkan peluang pekerjaan.

"Di Indonesia, kalau kamu good-looking 99% masalahmu akan selesai!"
Nah masalahnya, good-looking di Indonesia memandang kulit! Ya kan?
Putih YES! ✅ | Hitam NO! ❎


Padahal, kecantikan dan kehebatan perempuan jauh lebih besar dari warna kulit dan penampilannya.

Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
(akarnews.com)

Mimpinya yang tinggi, pemikirannya yang luas, kemampuannya yang mumpuni, nyalinya yang berani, dan wajah bahagianya yang berseri terlepas dari apapun jenis kulit dan bentuk badannya. Ciri-ciri itulah yang adil untuk menjadi patokan cantik atau tidaknya seorang wanita.

Dengan adanya standar kecantikan baru yang datang dari dunia antah berantah, nilai perempuan di tengah masyarakat semakin kecil dan sempit. Tidak usah ada standar kecantikan baru saja perjuangan menjadi perempuan yang merdeka sudah susah, ditambah pula!

Kini, baik perilaku dan kepintaran sudah bukan lagi pertimbangan wahid. Asal cantik, ups sorry maksudnya asal berkulit terang atau putih, mau jadi terkenal? mau dapat kesempatan lebih? mau tampil unjuk gigi? Jalan terbuka luas... (plus, terhindar dari stereotip masyarakat yang menyakitkan lagi).

Seperti yang kita semua pelajari, jalan Kartini untuk menjadi sosok emansipasi wanita yang berpengaruh juga penuh terjal dan berliku.

Kalau dulu Kartini berjuang melawan adanya diskriminasi status sosial, tingkat kebodohan, dan ruang gerak untuk wanita yang masih banyak diperjuangkan hingga kini, tantanga n Kartini masa kini bertambah, yakni diskriminasi kecantikan melalui warna kulit, bentuk tubuh, dan standar kecantikan yang serba tidak masuk akal.

Malu berkulit gelap dan hitam di negara yang nenek moyangnya  berkulit gelap dan hitam? Huft, benar-benar tidak masuk akal.

Jika kulit gelap adalah parameter tidak cantiknya,  tidak hebatnya , dan sempitnya ruang kebahagiaan seorang wanita, lalu bagaimana dengan mayoritas perempuan Indonesia yang berkulit sawo matang dan gelap?

atau...

Jika kulit gelap adalah ukuran tidak cantiknya wanita, lantas bagaimana dengan Kartini?
Diubah oleh anyahebat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 33 lainnya memberi reputasi
32
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 6
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 06:03
Pahlawan pesanan belanda sampe ada hari khususnya.

negara sendiri yang bikin kecemburuan antar daerah.

emoticon-Malu
0 0
0
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 07:16
jaman dulu belum ada skincare yang canggih
0 0
0
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 07:37
dulu mantan pacar ane sering ngehina ane, terutama kulit ane gak putih n gak cantik trus dia bilang gak sesuai selera dia jd terpaksa mo pacaran ama ane. untung nya skrng ane udh dapet yg nerima ane dlm kondisi ala kadar nya boro2 dandan, dulu mah dekil kuncir kuda modal lipstik murah meriah msh ada yg mau. skrng jd glowing, n para mantan menyesal..
0 0
0
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 07:47
Sifat rakyat negara ex-jajahan biasanya begitu.....
0 0
0
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 07:59
Kartini: woi gw dikenal bkn karena gw cantik... jgn kecantikan dijadikan barometer kebahagiaan
0 0
0
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 08:04
Hahahahaha
0 0
0
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 08:05
dulu seneng pas hari kartini karena banyak acara di sekolah,.sudah tua tiba2 berubah pemikiran..sekeren itu kah kartini?,atau sekedar gimmick dari negara barat untuk menaikkan bahasa yang katanya emansisapi wanita..emoticon-Malu
0 0
0
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 08:08
kalau dilihat dari suku jawa yang pelosok ndeso, mayoritas memang wanita berkulit cerah (bersih putih bukan seperti eropa), dan memang anak anak keluarga bangsawan rata-rata hasil campuran jadi berkulit lebih cerah. kalau sekedar dilihat foto sendiri ya aneh, kecuali disandingkan orang eropa wanita berfoto bersama dengan wanita bangsawan baru bisa dibuat kesimpulan.
profile-picture
wisudajuni memberi reputasi
1 0
1
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 08:28
cantik mah biar item juga cantik aja. tapi klo jelek item nah itu yg cewek2 ga mau. ibaratnya biarin dah jelek yg penting putih, masih ada yg mau. tapi klo orang yg sejatinya wajahnya emang cantik, walaupun kulitnya udah putih malah sun bathing biar kulitnya jadi tan
klo ngomongin soal kartini yang beda zaman yah kartini termasuknya ya cantik. orang zaman itu ga banyak yg putih kanyanya. zaman itu perempuan item2 bukan karena ga mau putih, tapi karena emang gak ada caranya aja kali, ga ada yg jual krim malem emoticon-Big Grin
0 0
0
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 08:34
ya klo cantik memang patokan nya visual gan,,,

klo kemampuan kan beda sama kecantikan,,

kartini boleh diukur sebagai tidak cantik,, tapi kemampuan dia berkelas gan,,,

beda parameter yg diukur,,
0 0
0
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 08:51
ada yg nyariin ane?
0 0
0
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 09:02
Putri sejati. Putri Indonesia, harum namanya.
0 0
0
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 09:05
Muka cindo
Body pir
Kulit javanese
Suku maduranese


Tapi saya cantik di mata bule🤪
profile-picture
wisudajuni memberi reputasi
1 0
1
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 09:06
Kenapa harus kartini?

Dia kan ningrat belanda.....

Cut nyak dien dong emoticon-Big Grin
0 0
0
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 09:07
Perempuan cantik atau tidak nya tergantung isi dalam kepala dan karakternya...
0 0
0
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 09:09
Ane malah gak mau putih.. Kulit gelap yg ane punya banyak dapet pujian klo ane tuh manis.. Hehehe
0 0
0
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 09:20
Kasih tau tuh tengkujul... Seenaknya sendiri klo ngomong
0 0
0
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 09:29
Tukar nasib gimana? Tuh, orang bule malah ingin punya kulit sawo matang alasan utama untuk kesehatan, bukan seperti orang indonesia ingin punya kulit putih hanya untuk penampilan, dari sini kita bisa lihat kedewasaan seseorang menarik atau tidaknya seseorang bukan dilihat dari warna kulit tapi dari karakter.

Buat wanita indo yang berkukit sawo matang dan ingin punya pasangan bule, pertahankan dan rawat warna kulit mu. Siapa tau dipinang bule tajir spt tetangga ane dan dia pernah cerita kalau bule suka dengan wanita asia yang berkulit sawo matang. emoticon-Kaskus Banget
0 0
0
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 09:38
Ni cantik wajah apa cantik warna kulit sih yg dibahas?

Kalo cantik wajah mo warna kulit apapun tetap cantik.

Kalo patokan warna kulit selama putih wajah jelek dianggap cantik

Ane sih lebih baik cantik wajah, ketika warna kulit berubah-ubah ya tetep cantik
0 0
0
Jika Kulit Gelap Adalah Ukuran Tidak Cantiknya Wanita, Bagaimana dengan Kartini?
21-04-2021 09:42
Standar kecantikan itu bukan ditentukan oleh warna kulit atau ras. Melainkan pada bintang panggung yang sedang populer pada saat ini. Coba saja lihat dari tahun 1980 sampai sekarang. Selera orang berubah terus. Tapi tetap sejalan dengan bintang top pada masanya.

Zaman sekarang standar kecantikan wanita orang Indo itu kiblatnya bintang panggung Korea dan Jepang; Pada saat yang sama, ketampanan seorang pria juga menjurus pada bintang panggung Korea.Terutama boyband mereka. Makanya aku takut, lama-lama cewek lebih suka cowok feminim daripada maskulin.
Diubah oleh Yuwen
0 0
0
Halaman 3 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Pemahaman Hari Kartini dan Emansipasi
pemahaman-hari-kartini-dan-emansipasi
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia