nevertalk
TS
nevertalk
Awas! Viral Tren Sujud 'Freestyle', Dokter Ungkap Bahayanya
Foto: Tangkapan Layar viral


Baru-baru ini tren melakukan 'handstand' saat sujud sewaktu salat viraldi media sosial, banyak diikuti anak-anak. Beberapa orang mengaitkannya dengan salah satu emote di game populer yang diperagakan salah satu karakter saat melakukan selebrasi kemenangan.



Menurut dr Bobby Nelwan SpOT(K-Sport), dokter ortopedi dari Royal Sport Medicine Centre, aksi ini tentu berisiko tinggi menyebabkan anak patah tulang. Pasalnya, kondisi tulang anak belum 'sekokoh' usia dewasa muda.


Terlebih, aksi handstand juga membuat tulang leher harus menopang beban tubuh. Ada risiko tulang leher akhirnya patah dan bisa memicu kondisi fatal.

"Ada perbedaan kondisi tulang pada anak-anak dan dewasa termasuk itu potensi patah dan lepas sendi atau dislokasi. Pada anak-anak tulangnya relatif tipis, lebih kecil dibandingkan pada orang dewasa sehingga pada anak-anak lebih mudah patah dibandingkan orang dewasa," jelas dr Bobby saat dihubungi detikcom Selasa (20/4/2021).
Ia juga menyebut, aksi handstand sebenarnya hanya bisa dilakukan oleh atlet atau orang yang sudah terlatih dan terbiasa melakukannya. Jika anak mengalami patah tulang, sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan secepat mungkin.

Hal yang sama diutarakan ahli ortopedi dan bedah tangan dari RS Fatmawati dr Oryza SpOT (K). Handstand berisiko memicu patah tulang jika dilakukan dengan teknik yang tidak benar.

"Handstand seperti itu Lazim pada gerakan-gerakan breakdance. beresiko jika tidak mengerti dan dilakukan dengan teknik yang benar. Jika terkilir dan atau terjatuh bisa memicu patah tulang," jelas dr Oryza saat dihubungi detikcom Selasa (20/4/2021).

"Yang perlu diperhatikan adalah posisi tangan terutama pergelangan tangan, penempatan kepala dan leher, dan keseimbangan," lanjutnya.
Menurutnya, berdasarkan literatur yang ada, kasus patah tulang memang banyak ditemukan pada pergelangan tangan.


https://health.detik.com/berita-deti...759.1618893745

ALAY, YG BEGINIAN DIIKUTIN

APA GAK TAKUT MASUK KE PASAL PENISTAAN AGAMA HEH? emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh kaskus.infoforum 20-04-2021 08:25
Junmai92Feraldi.Novalindramamoth
indramamoth dan 26 lainnya memberi reputasi
27
7.9K
130
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.