Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
58
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6078444725c0f113eb0664a9/dunia-kerja-apakah-sekejam-itu
Halo agan dan sista, ini debut pertama gue di kaskus, mohon dukungannya hehe😅 Gue seorang fresh graduate dari salah satu universitas negeri di indonesia, luntang lantung kesana kemari nyari kerjaan tapi belum juga ada rejekinya. Sampai suatu hari gue dihubungi sama salah satu perusahaan distributor barang dikota gue, mereka nawarin buat kerja disana gantikan karyawan yang cuti melahirkan 3 bula
Lapor Hansip
15-04-2021 20:48

Dunia kerja, apakah sekejam itu?

Halo agan dan sista, ini debut pertama gue di kaskus, mohon dukungannya hehe😅

Gue seorang fresh graduate dari salah satu universitas negeri di indonesia, luntang lantung kesana kemari nyari kerjaan tapi belum juga ada rejekinya. Sampai suatu hari gue dihubungi sama salah satu perusahaan distributor barang dikota gue, mereka nawarin buat kerja disana gantikan karyawan yang cuti melahirkan 3 bulan. Sebenernya sih gue udah daftar juga disana dan ikut tes penerimaan karyawannya, tapi emang belum rejeki, jadi gue ga lolos tesnya. Dalam hati gue, "wahh kesempatan ni, bisa buat pengalaman kerja, bisa ketemu relasi baru juga, siapa tau kalau kerja gue bagus, bisa diangkat jadi karyawan tetap mereka" gue seneng dan bersyukur banget dapat kesempatan ini.

Singkat cerita, besok paginya gue langsung datang kekantor mereka, gue datang kepagian sangking semangatnya, sampe kantor gue disuruh nunggu di pos satpam karena ga punya akses masuk. Akhirnya kepala bagian yang akan gue tempatin datang dan ngajak gue buat masuk kekantornya. Sepanjang perjalanan gue happy bgt, dah kebayang tuu akhirnua gue bakalan kerja, ketemu orang baru, pengalaman baru.

Sampe deh gue sama tu ibu bos di dalam kantor, dia kenalin gue sama karyawan yang lain, termasuk ke buebu hamil yang bakalan gue gantiin kerjaannya. Masuk deh gue keruangan kerjanya, dalam ruangan itu ada 5 orang. Si bos cuma nganterin gue aja kesana setelah itu gue ditinggal dan diserahkan ke buebu hamil ntu.

Pas si bos keluar, mulai deh tu keanehan muncul, karyawan disana pada ngomongin si bos, intinya mereka agak kaget dan ga setuju si bos nyari orang baru yg notabene gue sendiri. Mereka gibah, ngumpat didepan gueee brooo. Kebayang ga sih rasanya? Lo diomongin ga enak didepan muka lo sendiri? Semua semangat, dan kebahagiaan gue diawal runtuhh. Lo bayangin aja, gimana caranya lo bisa berkembang kalau semua orang disekitar lo terang2an ga suka sama lo?

Sekitar 30 menitan kemudian si bos masuk lagi ke ruangan tim itu, langsung deh tu dia merintah ke anggota tim yang lain buat bantuin gue belajar karna gue bener2 baru di bidang ini. Salah satu kompor di tim itu langsung ga setuju dongg, dia bilang, "urus kerjaan masing2 aja deh, dibayarnya juga tetap kan, ga nambah juga. Enak bener ni anak dibantuin kerjaannya" rasanya kayak kesambar petir hati gueee dengernyaa, langsung ambyarr kalau kata anak2 sekarang mah. Terlibat adu mulut dan protes dong mereka keatasannya, tapi yaa tetep di menangkan oleh atasan mereka yg tetep keukeuh pertahanin gue dan minta mereka bantuin gue belajar.

Abis si bos keluar ruangan, bisa agan bayanginkan gimana kondisi didalam ruangan itu kan? Berlanjut dong cacian mereka buat gue. Rasanya gue pengen pulang aja. Dah nahan nagis bgt gue. Selidik punya selidik, ternyata mereka ga setuju karna kerjaan mereka nambah karna harus ngajarin gue, tapi gaji mereka tetap gituu.

Gue kuat2in hati gue kerja disana, dengan mereka yg ngajarin gue dengan ga iklasnya. Gue perhatiin kerjaan mereka sebenernya ga banyak2 amat, mereka selalu siap sebelum jam pulang kantor, kecuali kerjaan buebu yg bakalan gue gantiin ini, kerjaannya banyak bgt karena dia udah senior, dan bisa ngelakuin semua kerjaannya dengan cepat. Gue udah berusahan buat ngikutin ritme tu buebu tapi karna gue belum terbiasa ditambah tekanan dari mana2, gue lambat dan kadang ngelakuin kesalahan. Makin jadi olok2 dong gue. Sakitttt bgt hati gue.

Gue udah berusaha bilang ke bu bos buat kurangin kerjaan, bahkan gue gapapa kalau gaji gue dipotong dan dikasih ke temen satu tim yg bantuin gue (sesuai keinginan mereka yg pengen dapat gaji tambahan) tapi bu bos selalu semangatin gue, bilang gue pasti bisa lah, karna belum terbiasa aja lah. Jadilah tetep gue yg ngerjain semuanya.

Yang welcome sama gue cuma satu orang, sesama temen baru masuk keperusahaan itu, orang yg lolos seleksi karyawan yg gue ceritain diawal tadi, dia yg bilang buat jgn masukin hati, buat kuat2in disana. Dia juga ngalamin hal yang sama kayak gue, tapi tentunya ga separah gue. Mungkin mereka berpikir bakalan jadi partner sama dia, tapi gue kan cuma 3 bulan disana, jadi mereka bisa sesuka hati ngapain aja, toh gabakalan ketemu lagi after 3 bulan sama gue.

Puncaknya, waktu mereka limbahin semua tanggung jawab ke gue, anak baru yg gatau apa2 tentang perusahaan, resikonya kalau gue salah tentu aja bakalan dimarahin bahkan dimaki atasan mereka dikantor pusat. Mereka lepas tangan dan bilang, ini kan tugas gue, salah gue sendiri gantiin jobdesknya buebu yg hamil tu. Udah berkaca2 bgt mata gue, pengen nangis, tapi gue tahan.

Gue masuk kerja senin sampe sabtu, dari jam 8 pagi sampe jam 6 sore ketempat yang kayak neraka menurut gue. Setelah seminggu disana, gue ga tahan lagi, jadi gue nangis dikamar, apesnya emak gue masuk kamar dan ngeliat gue lagi nangis, abis dah gue diintrogasi, mana bokap juga ikutan masuk lagi. Dahlah kepalang tanggung, gue juga ga bisa lagi nahan ini semua, akhirnya gue ceritain semuanya keortu gue. Ortu gue langsung nyuruh gue berhenti aja kalau emang udah ga sanggup disana. Lagi pula jadwal kerjanya kayak kerja rodi gitu pendapat mereka.

Malam itu juga gue whatsapp kepala bagian yg nawarin gue kerja disana buat bilang kalau gue ngundurin diri. Ibu itu agak shock dan berusaha buat ngeyakinin gue. Tapi gue udah keukeuh sama pendirian gue. Gue gamau balik lagi kesana bahkan buat ngambil barang2 gue yg ketinggalan disana.

Pengalaman kerja pertama gue bener2 traumatik bgt, ketemu orang2 toxic, gila uang, tukang gosip akut dan tukang ngeremehin orang. Gue bersyukur dulu gue ga diterima disana, mungkin ini cara tuhan buat ngejauhin gue dari lingkungan yang kayak gitu dan buat nunjukin kegue kalau rencana-Nya pasti yang terbaik. Sekarang gue udah diterima kerja ditempat lain, tapi baru mulai masuk bulan juni nanti, semoga aja lingkungannya baik, dan mendukung buat gue bisa berkembang. Aamiin.

Sekarang salah satu prioritas gue buat kerja adalah lingkungan, gue ngerasain gimana lingkungan menaruh andil besar pada pekerjaan. Setelah gue pikir2 kemarin gue selalu ngelakuin kesalahan karena gue ga bisa fokus, hati gue ga nyaman ngejalaninnya. Gue selalu di remehin dan tidak dikasih kesempatan berkembang. Dan gue belajar banget bahwa lisan bisa lebih tajam dari pedang. Jadi, jgn sekali kali meremehkan seseorang meskipun kita sedang dalam keadaan mengajari.

Ms.Cinda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a.w.a.w.a.w dan 13 lainnya memberi reputasi
12
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
17-04-2021 19:06
sekitar belasan tahun yg lalu gw jg kurang lebih ngalamin kayak gini, meskipun ga setoxic lau sih..

saran gw.

1. disabarin dulu sebentaran, at least sampe porto di cv lo ada pengalaman kerja, minimal 3 bulan deh, anggap aja probation.

2. kalo ga kuat buru2 cabut. Inget, kita itu orang bukan pohon. Kita bisa 'gerak'. Kerja itu yg dicari uang + bahagia. Kalo lo ga bahagia buat apa? Lo dpt uang tp ga bahagia? buat apa? Pokoknya harus seimbang

3. Selama 3 bulan ini, nabung seketat mungkin, buat lo jaga2 kalo nanti lo ada vacant time 1-2 bulan buat nyari kerja semisal hoki lo tipis. Tapi yg pasti lo mulai sekarang harus cari2 kerja juga, tulis aja di cv lo mundur periode ke belakang 1 bulan (misal lo mulai april, tulis aja maret lo udh kerja).

4. Jgn lupa curhat ke bos lo yg sekarang, siapa tau dia ngasih solusi, atau at least lo bisa sekiranya minta pindah bagian.

Ingat, kita orang, bukan pohon
0 0
0
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
17-04-2021 21:53
Politik kantor itu dimana-mana ada gan, pernah mengalami juga, pintar2 membawa diri saja, semoga dapet kerjaan terbaik
0 0
0
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
18-04-2021 02:34
Bawahan membantah atasan di depan orang baru? Atasannya gak tegas. Harusnya langsung kasih SP.

Tapi ya, tapi... bukan bermaksud membela tuh perusahaan abal2. Tapi real world itu emang kejam. Lagian kontrak agan hanya 3 bulan. Kenapa gak bertahan? Grow a thicker skin. Maki balik tuh senior2. Peduli setan ama mereka. Toh agan gak bakalan jumpa mereka lg setelah 3 bulan.

Dengan agan berenti, senior senang. Atasan kecewa. Dan agan akan dianggap loser and quitter oleh yg memusuhi maupun mendukung agan. Setidaknya setelah ini, cobaan seberat apapun di tempat kerja selanjutnya bisa agan hadapi dengan kepala tegak sambil berkata "Di sono yg kayak neraka gw bisa survive, apalagi di sini yg cuman beginian."
0 0
0
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
18-04-2021 03:56
Ane belum pernah kerja swasta, tapi langsung jadi asn di lingkungan peradilan (ane gk pernah daftar swasta, fokus bumn dan pns). Pns di tempat ane malah ngajarin pekerjaan apa aja yang harus dilakukan, sering ditraktir di restoran, olahraga bareng, nongkrong bareng gk pandang jabatan. Kalau pulang jarang ada yang tepat waktu, rata-rata mereka pulang malam padahal jam kerja selesai jam 16.30 . Beban kerja ane gk terlalu tinggi, karena ane IT. Yang sibuk hakim dan paniteranya aja gan emoticon-Ngakak
Diubah oleh yumikaze007
0 0
0
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
18-04-2021 04:15
Udh biasa anjir bgitu. Cari muka juga
Gue dlu difitnah terang2n bett...
Gue diem aja dah, anak baru gtu loh cmn dlem hati gue blng awas lo pada... gue bikin lu bayar semua.

Krna gue org finance accounting jdi lama2 gue tahu dah busuk nya pada mainin duit operasional dan mereka tu gk jelas itu entertaint apaan...
Lama2 gue pnya kartu mati mereka. Gue cari selaaa ya...
Gue biikin mati kutu biar gue gk dinjek2 trus...

Lu mau matiin gue. Krtu mereka udh ada ditngan gue. Apalgi si bos lama2 percaya ma gue. Prnah loh gue berantem depan bos bner2 berantem kaget lah bos gue, krna gue typikal selama ini org pendiem gue bersuara.
Gue bilng gini. Ya gk pa2 saya dipecat. Kalau emg saya salah, gk prĺu nunggu pecat saya, udh saya ngundurin diri skg. Bos gue lgsung dah tuh nengahin semenjak tu gk da yg melakuin gue seenak jidat nya lagi.


Hal bgitu dh biasa gan... anggep aja makanan sehari2 krna mereka kdg lbih mentingin gaji gede. Drpda lingkungan bgitu. Anggep aja nguji mental lo. emoticon-2 Jempol
0 0
0
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
18-04-2021 04:41
Bisa jd mereka ngerasa takut tersaingi krn ad ente(orang baru) yg langsung -biarpun-sementara -handle jabatan paling senior . Mereka mikir Kaalo kinerja ente bagus kn bisa jd ente gantiin 1 dari mereka .
Nah makany it knp kelakuannya pada toxic.

Kalo ane prnah kerja sekantor cewe ber 3 .semuanya baik kecuali Ad 1 yg paling senior nih mulutnya sampah jahat banget ke ane, kalo ngomong nyolot , ngata²in ane , ane tu seolah g pernah ad baiknya , salah terus & ane dianggap ga pernah ada sama dia . Selama kerja disana ane g pernah ngelawan apapun yg dia buat . Ane mikirnya, kalo ane diem pasti lama² dia luluh & ane jg ga pengeen ad konflik di tempat kerja . Eh merasa ga ada perlawanan malah makin menjadi² dong dia.
Btw waktu it ane kerja sambil kuliah. Sampe akhirnya 1½ th bertahan , ane di PHK kantor krna kesalahan orglain 😅 wktu itu ane ga protes krna sebenernya ane jg mau ngundurin diri krn udah ga tahan kerja disana bareng rekan yg anj*ng bgt.
Senior gila ini kegirangan banget tau ane di PHK dong 😅 sampe dibikin status di sosmed 😅

.Pas ane ambil gaji terakhir , baru ane melakukan pembalasan (walaupun terlambat) . ane pamitin semua org dikantor , kecuali dia , trs ane sengaja bilang ke temen ane yg 1 nya kenceng² " Gapapa, gue ngalah sama yg lulusan SMU . Kasian kan kalo dia yg di PHK susah nyari kerjaan baru .ini sedekah gue buat dia. Kalo gue kn bentar lg jadi sarjana. Banyak kesempatan buat kerja ditempat lain. " hbis it ane melenggang dengan perasaan legaaaaa 😂
Alhamdulillah , Allah Maha penyayang dan maha mengabulkan doa .lulus kuliah ane lgsg dpt kerja ditempat yg bagus dg partner kerja yg saling dukung😇

Yakin aja, berusaha dan berdoa . Pasti akan datang saatnya .

Quotes : jika diammu bijak , maka diamlah. Jika diammu diinjak maka bicaralah agar mereka diam .
Diubah oleh a.rizzky
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
18-04-2021 10:40
Iya ada banyak lingkungan kerja yg kaya gitu.
Sabar2 saja, kalau nggak kuat ya keluar saja, tapi kalau nggak yakin cari cantolan dulu kalau diterima baru resign. Kalau pengalaman ane sih keadaan kaya gitu lingkungannya didominasi orang2 yg nggak welleducated.
Pernah juga ane di lingkungan yang enak,cara kerja nyambung tapi penuh dengan akal-akalan proyek. Misalnya buat anak perusahaan antar pemegang saham, menamakan proyek tapi dikerjakan sendiri. Ya logis untuk menambah penghasilan, tapi IMO itu tetep saja namanya korupsi, & kalau di Singapore dah kena UU korupsi. Jadi ya kalau orang2 tereak2 di instansi pemerintah penuh dengan KKN (sekarang), ya lihat dulu siapa yg ngomong, dan yakin lingkungan dia bersih ?, kalau ane sih nggak langsung yakin.
0 0
0
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
18-04-2021 11:52
klo di dunia pekerjaan semuanya pasti ada minusnya.tinggal balik lagi ke diri pekerjanya.lingkungan emang mendukung,tapi ada sebagian orang yg anggep lingkungan jg gak penting.

kalo sekarang gue kerja di lingkungan yg oke, meski gak besar honornya.cm sekarang gue lagi butuh tempat yg nyaman.klo duit tambahannya gua cari aja serabutan.emoticon-Peace
0 0
0
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
18-04-2021 14:40
Nggak kejam, kok.

Asal kita jangan baperan juga.

Ingat, kita kerja tdk untuk menyenangkan semua orang. Tetap tenang, profesional, kepala dingin dan objektif, ketika ada konflik.

emoticon-Shakehand2
profile-picture
Milkymeong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
18-04-2021 18:47
Temen aja bisa nusuk kalo.masalah duit dan jabatan...yakinkan itu!!!!
0 0
0
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
18-04-2021 19:06
Ya begitulah jadi anak baru. Banyak dikibulin dan cuma dimanfaatin saja. Sabar saja, penting kerja
0 0
0
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
18-04-2021 20:47
semangat sis. ane kok heran kenapa si bos selalu jadi bahan gunjingan. untungnya di pengalaman ane pertama kerja gak toxic kek ente lingkungannya. anggap aja ente waktu itu salah masuk pintu. nah sekarang ente dah keluar darin pintu tersebut. tentunya masih banyak pintu lain dan semoga ente nemu pintu yang gak toxic yaa emoticon-Big Grin
0 0
0
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
19-04-2021 07:06
tergantung lingkungan kerja yak.
0 0
0
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
20-04-2021 10:45
Semangaat sist...emoticon-Peluk
tapi walau gimanapun namanya lingkungan kerja pasti ada aja org macam kek begitu.
Kembali kediri lagi Bertahan atau Tinggalkan..emoticon-Toast emoticon-Toast
0 0
0
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
21-04-2021 10:32
gue dulu pernah di interview di salah satu perusahaan, dalam sesi interview gw selalu dijelasin resiko2 ini kerjaan yg bikin gue ilfeel.. dan puncaknya ketika si yg interview gw bilang klo ada apa2 kamu harus ganti dan klo mau keluar harus secara baik2 ... fix nih posisi NERAKA yg sering keluar masuk orang... dan akhirnya gw gak ambil sesuai kata hati gue. beberapa minggu kemudian gw search loker dan gw nemuin perusahaan itu itu lagi yg iklan posisi loker yg sama kyk gw dulu ckckck
0 0
0
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
21-04-2021 10:54
ane bisa posisiin TSnya sebagai cewe, ga kuat dengan hal" kek gitu

pengalaman ane waktu magang dulu di Petrokimia Gresik, persis seperti itu karyawannya

suka ngejatuhin mental utk anak magang, dibenak mereka anak magang kaga bisa apa"

ya ane sih cuman tutup mata, tutup telinga

ane kerjain sebisa ane, dan sesuai SOP & job desk ane

ane anggep ini semua hanya nguji mental ane, sebelum terjun ke dunia kerja

dann terbukti benar

selanjutnya setelah kerja

meskipun berbeda, tapi ada aja permasalahannya

mulai dari sesama teman saling menjatuhkan, menjilat bos, gosip, maen politik utk naik jabatan, atasan yg suka bentak" dan caci maki depan orang banyak

hal-hal kek gitu ga bisa dihindarin

mau pindah ke berapa tempatpun, masih ada kek gitu

kecuali mo bisnis sendiri, kita bisa ciptain lingkungan kerja yang positif..hehe

sekarang ya emang benar, mental ane uda setebal baja

mau ketemu yang negatif kek gimanapun ya ane jabanin, yang penting benefit & remunerasinya cocok emoticon-Big Grin

biar bisa dikit" inject modal ke usaha sampingan ane, sebelum nanti sepenuhnya fokus di usaha ane

maaf klo kepanjangan

buat TS, @Ms.Cinda, jangan patah semangat yaa
profile-picture
Ms.Cinda memberi reputasi
1 0
1
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
21-04-2021 18:05
Anjir, emang lingkungan menentukan prestasi. Kalo udah kayak gitu diawal mending menyerah sekalian.

Ngapain mertahanin kalo batin tersiksa, yang ada bikin dongkol doang
0 0
0
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
22-04-2021 01:14
emoticon-Keep Posting Gan
Diubah oleh kenaarok
0 0
0
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
22-04-2021 09:18
Menurut gw lu itu cuma pelampiasan senior2 lu doang kok. Mereka punya uneg2 ke bos/mangement yg gak bisa keluar seluruhnya, ya salah satunya masalah pendapatan segitu2 aja tapi kerjaan di tambah terus, tapi caranya pelampiasannya salah besar dengan cara begitu.

Opini pribadi gw kerja emang nyari duit, bukan gila duit, asalkan ngejarnya dengan cara nunjukin hasil kerja dan prestasi itu adalah hal luar biasa. Yang baji##an adalah gila duit dengan cara ngejilat atasan ngejilat management, itu gw enek banget sama orang begitu.

Mau tau gak hal yang lebih baji##an, prestasi jebot, gak bisa kerja tapi seolah2 bagus di depan management, kelihatan bagusnya bukan di bidang kerjaan dia tapi kelihatan bagus pada hal2 yang gak ada kaitannya dengan kerjaan. Dan baji##an maksimal adalah dia di promosikan naik level karena kelihatan bagus bukan di bidang pekerjaan wkwkwkk, sori yak curcol
Diubah oleh ekoaje
profile-picture
Ms.Cinda memberi reputasi
1 0
1
Dunia kerja, apakah sekejam itu?
22-04-2021 09:40
Lo pinter banget, baru awal masuk dunia kerja udah bisa ambil sikap bahwa prioritas lo adalah lingkungan kerja.
Salut gue, sis.
Jangan kayak gue, berusaha utk gak peduli dan akhirnya gue punya luka batin yg sampe skrg gak sembuh.
Lingkungan kerja di kantor gue yg dulu tuh mirip sama yg lo ceritain. Ada satu org kompor, dan sisanya adalah orang2 yg entah kenapa tunduk sama si kompor ini. Mereka kompak gak mau bantuin gue, kompak gak mau berteman sama gue. Bodohnya gue, mendingan dulu langsung cabut aja drpd jadi sakit jiwa.
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
illusi
Stories from the Heart
inilah-jalan-spiritualku
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Stories from the Heart
harta-tahta-peternakan-buaya
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia