News
Batal
KATEGORI
link has been copied
246
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607b4dc00489dd3def0839ed/program-1-juta-kompor-listrik-erick-thohir-ri-hemat-rp-60-t
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan penggunaan kompor listrik/induksi dapat memberikan penghematan untuk negara dan rumah tangga sekaligus. Bahkan Erick menyebut penghematan bisa mencapai Rp 60 triliun bagi negara.
Lapor Hansip
18-04-2021 04:06

Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T

Past Hot Thread
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan penggunaan kompor listrik/induksi dapat memberikan penghematan untuk negara dan rumah tangga sekaligus. Bahkan Erick menyebut penghematan bisa mencapai Rp 60 triliun bagi negara.

Hal ini karena penggunaan energi listrik lebih murah ketimbang dengan penggunaan gas yang saat ini masih dipenuhi dari impor.

Dia mengatakan hal ini juga merupakan bagian dari upaya mencapai ketahanan energi nasional dan dilakukan dengan dukungan masyarakat.


"Saya optimis ini akan berjalan baik ketika semua BUMN Karya dan kebijakan di Kementerian PUPR untuk memastikan pembangunan rumah dan apartemen dilengkapi fasilitas listrik dan kompornya. Ini percepatan penekanan impor dalam 5 tahun ke depan, kalau kita bisa rubah minyak tanah ke LPG kenapa ga rubah LPG ke listrik saja," kata Erick dalam konferensi pers virtual, Rabu (31/3/2021).

Bacaemoticon-Big Grinuh! WSKT-WIKA Babak Belur, Masih Ada Harapan Gak Sahamnya?
Dia mengatakan, untuk negara, penggunaan kompor listrik ini akan memberikan penghematan biaya impor yang per tahun-tahunnya rata-rata memakan dana hingga Rp 60 triliun.

Sedangkan untuk rumah tangga, setelah dilakukan uji coba, penggunaan listrik untuk memasak akan menghemat biaya pengeluaran LPG dari sebelumnya Rp 147 ribu menjadi Rp 118 ribu.

"Ini kita harap ada penghematan luar biasa yang hampir Rp 60 triliun bisa dialihkan ke kesejahteraan rakyat. Tapi butuh dukungan masyarakat toh hemat 20% dari Rp 147 ribu jadi Rp 118 ribu," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, PT PLN (Persero) melakukan penandatangan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan sembilan perusahaan karya BUMN untuk penggunaan kompor listrik/induksi di satu juta rumah yang dibangun oleh perusahaan tersebut.

Hal ini merupakan bagian dari upaya memaksimalkan penggunaan listrik guna mencapai ketahanan energi nasional.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan upaya ini merupakan upaya perusahaan untuk memaksimalkan cadangan listrik. Sehingga cadangan yang ada bisa dialihkan penggunaannya dan masyarakat bisa beralih ke kompor listrik.

Baca:Ada Pertamina Hingga PLN, 4 BUMN ini Collabs Dirikan IBC
"Kesepakatan dengan sembilan perusahaan jasa konstruksi ini dilakukan untuk mewujudkan kemandirian energi nasional dan mewujudkan energi bersih," kata Zulkifli.

Adapun sembilan BUMN Karya yang ikut dalam MoU ini adalah PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT PP Tbk (PTPP), PT Waskita Karya Tbk (WSKT) dan PT Hutama Karya (Persero).

Lalu ada PT Nindya Karya (Persero), PT Amarta Karya (Persero), PT Brantas Abipraya (Persero) dan Perum Perumnas.

https://www.cnbcindonesia.com/market...-hemat-rp-60-t

Kalo mati listrik tetap bisa masak kah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
minhakim20 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 7
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 08:18
mungkin bisa sih buat diterapin pelan pelan ke masyarakat. tapi pasti awalnya ada yang kurang setuju sama perpindahan ini
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 08:22
Negara yg hemat
Rakyat yg tekor

Gobluk lu rik
Pantes jadi presiden klub bola aja gagal
profile-picture
MemoryExpress memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 08:23
Masalahnya 60T buat siapa?
Kalo buat rakyat ga masalah
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 08:25
He3... Jgn berburuk sangka dulu gan... Dulu pake gas jg banyak ditentang, .... Bahaya, alatnya mahal... Akhirnya kompor sama gasnya dibantu...skrg udah menikmati, coba kl masih pake kompor minyak,... Kotor dan lama... emoticon-Big Grin

Bukan membela pemerintah ya, tp liat kedepan, sapa tau ada kompor listrik yg pake inverter, ato teknologi apalah agar 900VA bisa masak sambil nyalain pompa air+kulkas.... Seperti chipset, dulu awal2 jg pd panas boros, skrg kinerja tinggi dan sngt efisien... Lampu jg, skrg pake LED hematnya minta ampun...

Jd misal sebulan abisin si melon 3x, asumsinya kl pake kompor listrik harus dibawahnya... Dan itu tugas pemerintah, ... emoticon-Big Grin

profile-picture
profile-picture
dewimetal dan cewieClown memberi reputasi
2 0
2
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 08:29
Bisa...skrg dunia sudah mulai ke listrik, mobil listrik, kompor klo bisa listrik ya bagus.
Pembangkit listrik kan banyak sumbernya, PLTU, PLTA...ke depannya bisa berdayakan air trjun, bkin bendungan,pake kincir angin kaya di luar...limitless menekan penggunaan gas bumi yg ada limitnya.
Dan..kita sendiri bisa bkin tenaga listrik rumahan, klo ada duit ya beli solar panel...mau inovatif ya carilah air mengalir deket rumah trus bkin sendiri kincir air listrik
0 0
0
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 08:29
Hanya cocok untuk daerah Yg jarang mati listrik, kalau kalimantan mah jangan harap, sering mati listrik
profile-picture
mionggarong memberi reputasi
1 0
1
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 08:31
Mati lampu mulu aja nyuruh pake kompor listrik. .
Dulu kompor minyak tanah disuruh ganti kompor gas, pas uda make gas, diajak make kompor listrik. .
profile-picture
MemoryExpress memberi reputasi
1 0
1
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 08:32
Samjubong...
listrik nya msh pake batubara.


Coba pake Nuklir.
Mgkn bs nyata hemat nya .
profile-picture
MemoryExpress memberi reputasi
1 0
1
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 08:34
dulu pakai minyak tanah suruh ganti gas, katanya cadangan gas kita banyak dan murah, skrg bilang gas mahal suruh pakai kompor listrik ( kalau mati lampu seharian auto kelaparan ), sekali semua da pakai kompor listrik, pln harganya naik bertahap dah, mati cong
profile-picture
profile-picture
yurikaede dan MemoryExpress memberi reputasi
2 0
2
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 08:37
Cocok buat di kota aja sih. Kalo di daerah yang sering mati listriknya ya rugi harus beli makanan diluar terus jadinya. Ini jg sebenarnya pengalihan aja sih biar yg untung di pihak PLN karena ya daya kompor listrik ini gede sekali dan ga efisien untuk pemakaian rumah tangga menengah kebawah yang dayanya masih rendah.
profile-picture
mionggarong memberi reputasi
1 0
1
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 08:39
Tau gini kenapa ada program minyak tanah ke lpg. Langsung kompor listrik aja.
0 0
0
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 08:40
Begini penjelasan ane:
1. Kebijakan itu bagaimana penerapan ke rumah tangga nya soalnya kita tau rumah tangga aja banyak kelas nya mulai dari 450,900,1300,dll

2.rumah rumah yang sdh d pasangi jalur pipa gas u/rmhbtangga gmana nasib nya

3. Rakyat d suruh hemat jangan sampai ntar duit 60t itu d garong pejabat pejabat lagi hayoo

Kalo d daerah luar jawa yang listrik bisa mati 5-10 jam gmana tuh bos,mau makan apa kalo listrik juga mati
Diubah oleh aljavari
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 08:43
Gas alam dong di galakam
0 0
0
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 08:45
Cocok sih buat orang menengah keatas yg penghasilan minimal 10jt/bulan.. Lha gue yg penghasilan cuma sedikit di atas ump yogya mau disuruh pake kompor listrik? Cemana lah itu nanti? Skrg tiap bulan gue make 2 tabung lpg 3kg alias cuma 40rb.. Bayar listrik 200rb/bulan masih ngos2an, nanti klo pake kompor listrik apa menjamin pengeluaran untuk masak dibawah 40rb?
profile-picture
Santri.Santuy memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 08:46
Udh beralih ke kompor listrik eh TDL naek emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 08:56
Kalo mati listrik bisa kok gan tetep masak wkwk
0 0
0
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 08:59
inget dulu di kost2 an pake kompor listrik mini buat masak indomie doang langsung turun listrik sekost emoticon-Wakaka

ampe sekarang mah klo masak aer make kompor gas aja, cepet
dispenser yg panas aja gak kepake, boros listriknya
0 0
0
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 08:59
gmn kl hematnya potong tunjangan pegawai bumn pak, pasti lumayan tuh
0 0
0
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 08:59
Tiap tahun aja ribut TDL naik, dipaksa pake kompor Listrik
0 0
0
Program 1 Juta Kompor Listrik, Erick Thohir: RI Hemat Rp 60 T
19-04-2021 09:09
Yang pake listrik token pada jantungan kena kompor listrikemoticon-Hammer2
0 0
0
Halaman 4 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia