mx667
TS
mx667
Jurusan Komputer Bukan untuk Belajar Bikin Folder
Halo gansis, selamat pagi siang sore! Saya mau share pengalaman saya nih. Barang kali ini bisa jadi pelajaran buat kita semua. Saya sedang kuliah di fakultas Teknik dan Informatika jurusan Sistem Informasi. Selama kuliah saya bertemu dengan beberapa teman khususnya teman wanita yang memutuskan ambil jurusan ini, padahal jarang pegang komputer atau sama sekali ga pernah pegang makhluk yang namanya komputer.

Bisa dibayangkan 'kan? Apa yang akan terjadi jika orang gak pernah pegang komputer tapi memutuskan untuk kuliah di fakultas yang banyak berhubungan dengan komputer. Bukan maksud saya untuk menjelekkan atau protes terhadap teman - teman seperti ini, seperti yang sudah saya jelaskan di paragraf pertama, yuk kita belajar sama - sama dari kejadian ini. Kira - kira apa saja sih yang akan terjadi jika memutuskan untuk ambil jurusan yang ada di fakultas Teknik dan Informatika, padahal kamu tidak suka dengan komputer.



1. Membebani Teman



Ini sudah pasti ya, karena terkadang sebagian dari kita lebih nyaman untuk bertanya pada teman ketimbang bertanya langsung kepada dosen. Alasannya karena malulah, tidak enak dengan teman - teman yang lain jika terlalu banyak bertanya, takut dengan dosen yang galak, dan masih banyak lagi. Kalau sudah gak paham gini, pasti akan sulit dalam mengerjakan tugas. Kalau sudah sulit mengerjakan tugas, pasti akan berusaha untuk nyontek, tanya - tanya sama teman, minta diajarin.



2. Susah Menangkap Pelajaran



Gimana gak susah, kalau disuruh bikin folder aja gak bisa. Mohon maaf sebelumnya, waktu pertama kali saya masuk ke lab komputer, kebetulan saya duduk di sebelah salah satu teman wanita yang ternyata gak tahu cara bikin folder dan minta diajarin. Udah gitu, gerakkin mouse kayak gerakkin kepala ular berbisa. Dosen gak mungkin bisa handle satu kelas untuk ajarin satu - satu. Pasti kita sebagai teman - teman yang bisa harus mau ngajarin supaya pelajaran bisa lanjut dan gak ada yang ketinggalan.

Di momen ini, penting untuk diketahui bahwa ketika kita masuk ke fakultas Teknik Informatika, kita dianggap sudah bisa mengoperasikan komputer. Betul, sekolah itu tempat belajar, tapi kalau tujuanmu masuk ke fakultas TI hanya untuk belajar komputer, kamu salah besar.

Biaya dan waktu kuliah itu gak sedikit, masak cuma mau belajar komputer? Supaya apa? Supaya bisa kerja kantoran dengan gaji UMR? Kalau misalnya tujuan kuliah hanya untuk bisa dapat gaji UMR, menurut saya itu sangat disayangkan ya. Kalau mau belajar komputer ada tempatnya: kursus komputer.

Punya cita - cita yang tinggi itu bagus, tapi kalau kamu berpikir hanya dengan lulus kuliah kamu bisa sukses dan dapat gaji besar, mohon maaf kamu salah, hidup tidak semudah itu.

Yuk kita lihat dulu daftar mata kuliah yang akan dipelajari, silabus dan kurikulumnya sebelum memutuskan ambil jurusan apa. Hal ini penting karena ada sebagian orang yang salah kaprah juga mengenai jurusan yang saya ambil (Sistem Informasi). Memang benar bahwa Sistem Informasi mempelajari komputer dan bisnis. Tapi tetap ada ngoding, matematika, dan pelajaran komputer lainnya.



3. Bingung Mau Skripsi Apa



Semester atas menjadi momok terbesar sepanjang sejarah perkuliahan dimana kita harus mulai menentukan mau kerja praktek dimana, skripsi bikin apa. Semester atas pula adalah tempat dimana kebanyakan mahasiswa dan mahasiswi mulai merasa malas kuliah dan ini juga yang saya rasakan, terlebih lagi jika kamu sudah kerja dengan gaji yang cukup besar sambil kuliah. Ini gak sebanding dengan mereka, ini akan jadi momok yang lebih besar lagi buat mereka yang gak suka komputer dan merasa salah jurusan.

Kalau saja kita mau coba belajar sendiri, dalam hal ini belajar coding, bikin aplikasi atau website sendiri. Kita gak akan kebingungan lagi mau bikin apa, karena bikin apa aja bisa.



4. Malas Belajar



Kalau pada dasarnya sudah gak suka, pasti akan merasa malas melakukan apapun. Teman saya yang suka komputer aja sampai semester 6 belum bisa bikin apa - apa, mengingat kuliah hanya mengajarkan basic dan bukan mempelajari apa yang ada di syarat - syarat lowongan kerja. Di persyaratan melamar kerja sebagai programmer contohnya, kita sering melihat harus paham RESTful API, Git dan Github, framework ini, framework itu. Sedangkan yang diajarkan di kuliah adalah cara membuat program penghitung segitiga.

Hal inilah yang juga jadi perdebatan antara kuliah dan tidak kuliah untuk menjadi seorang programmer. Kalau kamu berharap hanya dengan kuliah kamu bisa jadi programmer, saya jamin 100% gak akan bisa. Cukup belajar sendiri beberapa bulan lewat YouTube sudah cukup.



5. Buang Banyak Uang dan Waktu



Kalau sudah begini uang orangtua yang dikorbankan. Syukur - syukur kalau kamu bisa kuliah gratis, tapi waktumu yang bertahun - tahun tetap jadi sia - sia.

Itu dia pandangan saya mengenai kuliah di fakultas Teknik dan Informatika. Mohon maaf jika ada salah - salah kata dan terkesan kasar di beberapa bagian. Maksud saya bukan untuk menyindir maupun menyakiti siapapun. Justru saya ingin yuk kita kasih tahu, beri pengertian ke kerabat, keluarga, dan teman - teman dekat kita, orang - orang di sekitar kita. Jangan sampai ada lagi orang yang salah jurusan masuk jurusan - jurusan yang ada di fakultas TI. Syukur - syukur kalau Indonesia bisa jadi negara yang lebih cerdas, dimulai dari usia muda dengan memilih jurusan kuliah yang benar atau setidaknya cocok dengan minat masing - masing, bukan cuma gampang dan lulus sekedar lulus.

Sumber gambar : unsplash.com

Sumber tulisan : pikiran saya sendiri




Baca thread saya yang lainnya :
Punya Bisnis Tidak Harus Punya Website Toko Online
Rick32areszzjaySadhunter
Sadhunter dan 5 lainnya memberi reputasi
4
1.8K
28
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.