Sambelterasi052
TS
Sambelterasi052
Tech-Wars ASU, AlphaDog Siap Menantang Spot Buatan Boston Dynamics
Foto: thenationalnews.com

Tidak bisa dipungkiri jika dunia teknologi sangat pesat perkembangannya, dan tentunya persaingan dalam pengembangannya juga akan semakin banyak. Perang teknologi (Tech-Wars) saat ini sedang menjadi perhatian publik antara negara Paman Sam (USA) dan negeri tirai bambu (Cina).

Permintaan pasar baru-baru ini meningkat secara dramatis untuk produksi robot anjing bertenaga AI, untuk melakukan tugas mendampingi manusia. Kita tau jika robot anjing (Spot) Boston Dynamics sudah memasuki puncaknya dimana robot anjing mereka sudah bisa sedikit membantu membereskan rumah.

Perusahaan Raksasa teknologi "Boston Dynamics Company" yang berbasis di AS adalah pelopor di bidang robotika, dengan robot anjingnya yang populer bernama Spot.

Foto: netral.news.com

Dan perusahaan dibidang teknologi Cina,Weilan, pada hari Senin, 11 April dilaporkan telah meluncurkan robot anjing yang bernama AlphaDog untuk menjadi pesaing Spot. Sebelumnya perusahaan teknologi Cina "Unitree" juga sudah memamerkan robot anjingnya.

AlpaDog siap diluncurkan kepasaran dan di banderol seharga 16.000 yuan ($ 2.400) atau setara 35 jutaan rupiah untuk wilayah Cina, jika dibandingkan dengan harga "Spot" milik Boston Dynamics yang harga mencapai $ 74.500 atau setara 1,1 miliaran rupiah, sangat jauh sekali selisihnya Gan Sist, tapi harga tidak mengkhianati kualitas.



Robot AlphaDog mengandalkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan perangkat sensor untuk melakukan banyak tugas. Dan pihak Welian telah mengonfirmasi bahwa akan melakukan peningkatan di masa mendatang untuk meningkatkan kemampuan anjing robotik untuk mengimplementasikan berbagai aplikasi, termasuk mengarahkan tunanetra, menggonggong dan bahkan menjalankan perintah suara dari pemiliknya.

Foto: Weilan.com

Weilan menambahkan bahwa robot AlphaDog agak mirip dengan anjing sungguhan, dan dapat mencapai kecepatan tertinggi yaitu 9 mph, yang menjadikannya salah satu robot tercepat saat ini mengalahkan Spot.

AlphaDog memiliki kemampuan luar biasa dalam menjaga keseimbangannya bahkan ketika ditendang oleh manusia, dan AlphaDog dapat menentukan jumlah gesekan dan menganalisis kondisi tanah untuk dapat menyesuaikan ketinggiannya, disamping itu AlphaDog dapat menyesuaikan kecepatannya dengan menganalisa langkah kaki majikannya, dan robot anjing ini bisa beradaptasi dengan lingkungannya, menurut Ma Jay, kepala petugas teknis Weilan.

Perusahaan Weilan menggunakan teknologi 5G untuk membuat AlphaDog berfungsi secara mandiri, dan lebih dari 1.800 unit telah terjual selama bulan pertama rilis. Menurut Weilan, sebagian besar permintaan saat ini berasal dari pengembang komputer, penggemar teknologi, dan anak-anak.

Dengan ini, masih harus dilihat kapan Weilan akan menggabungkan semua peningkatan yang diperlukan yang akan mengubah AlphaDog menjadi pemandu untuk membantu tunanetra, dan menjadi pengaman untuk mencegah penyusup melalui gonggongan yang mengancam layaknya anjing biasa. Kecerdasan buatan tersebut sedang dikembangkan perusahaan untuk menjadi yang terbaik dari pesaing.


Referensi: indiatimes.com - Chinese Have Copied The Robot Dog, Selling It As An AI Pet That Can 'Hear' And 'See'
Diubah oleh Sambelterasi052 18-04-2021 09:00
indramamothviqririatrayanriyanyan
yanriyanyan dan 22 lainnya memberi reputasi
23
3.8K
60
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread10.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.