vero.sanAvatar border
TS
vero.san
Telak Banget, Refly Harun Sebut Ahok Tak Akan Bisa Jadi Menteri!


Pakar hukum tata negara Refly Harun menyampaikan pandangannya terkait isu reshuffle kabinet yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia memahami bahwa reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif presiden. Namun, Jokowi tetap harus menjaga etika politik saat melakukan reshuffle kabinet.

“Paling tidak Presiden Jokowi harus mendengarkan pertimbangan dari wakil presiden,” ujarnya dalam video di kanal YouTube Refly Harun, Jumat (16/4).

Selain itu, Refly juga mengatakan bahwa publik tak perlu lagi menyebut-nyebut nama Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terkait isu reshuffle kabinet. Menurutnya, selama Undang-Undang Kementerian Negara tidak diubah, maka Ahok tak akan bisa menjadi menteri.

“Dalam Pasal 22 disebutkan bahwa seorang calon menteri sebelumnya tidak boleh pernah dipidana penjara. Sementara, Ahok sudah pernah dipenjara,” katanya. Advokat itu memaparkan walaupun Ahok hanya dipenjara selama dua tahun, tetapi ancaman pidananya adalah lima tahun.

“Oleh karena itu, sampai kapan pun Ahok tidak akan bisa menjadi menteri,” paparnya. Selain itu, Refly juga menyampaikan bahwa dirinya tak yakin Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno akan diganti oleh politisi Yusril Ihza Mahendra dalam reshuffle kabinet kali ini.

Pasalnya, faktor kedekatan kultural juga berperan dalam pembagian kursi jabatan dalam dunia politik. “Dibandingkan dengan Yusril, Pratikno jauh bisa lebih dekat dengan Jokowi. Pratikno orang Jawa, jadi Jokowi bisa lebih mudah dalam berkomunikasi dengan Pratikno dibandingkan dengan Yusril,” jelasnya.




Telak Banget, Refly Harun Sebut Ahok Tak Akan Bisa Jadi Menteri!

Kacian banget deh lo.. ibarat Nguik berharap di coliin si adik Chang'An emoticon-Leh Uga

Sampai ratusan ataupun ribuan kehidupan tak akan mungkin bisa diwujudkan emoticon-Wakaka
Napi penghianat keluarga mending jadi fresiden Papua aja emoticon-Wkwkwk
murayh0
danielpurnama
selldomba
selldomba dan 30 lainnya memberi reputasi
21
3.5K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.