• Beranda
  • ...
  • Sista
  • Ngeri! Ini Efek Buruk Minuman Bersoda Bagi Wanita

adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
Ngeri! Ini Efek Buruk Minuman Bersoda Bagi Wanita

Tidak dapat dipungkiri lagi, soda udah menjadi salah satu minuman kesukaan warga Indonesia khususnya yang tinggal di kota besar. Restoran Fast Food yang bermunculan di setiap sudut ini membuat kuantitas dari konsumsi soda meningkat di Indonesia, tak terkecuali untuk kaum wanita. Sebenarnya, meminum soda ini bukan hanya saat memakan fast food aja, tapi bisa di setiap saat, seperti ketika kepanasan pasti seger banget kan minum soda, makan gorengan, pokoknya kalau udah suka pasti apa aja enak banget nih minum soda.


Photo by Polina Tankilevitch  from Pexels

Jenis soda di Indonesia juga udah bermacam-macam nih dan banyak banget brand yang udah ngeluarin minuman ini, seperti Fanta, Coca Cola, Sprite, dsb. Bahkan ada juga minuman khas Indonesia yaitu Es Soda Gembira. Pertebaran minuman soda yang banyak ini berpengaruh banget dengan konsumsi gula pada tubuh kita. Konsumsi gula yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan badan kita nih, sist. Nah, kalian tau gak sih kalau sebenarnya gula yang ada di minuman soda ini banyak banget?

Kabarnya, banyak gula dalam setiap 100 ml minuman soda adalah 11 gram gula, dan biasanya setiap kaleng soda terdiri dari 390 ml yang berarti kita minum sekitar 40 gram gula. Banyak banget kan, sist? Ini cuma dalam satu kaleng minuman soda aja. Bayangin deh kalau kalian yang minum 2 kaleng atau lebih? Mungkin ada baiknya minuman soda dikonsumsi jangan terlalu sering dan jangan terlalu banyak. Untuk yang lagi diet, kayaknya harus dihindari dulu.


Photo By Klikdokter.com

Jika kalian terus menerus mengkonsumsi soda tanpa dikontrol, gula yang terlalu banyak ini dapat menyebabkan diabetes dan serangan jantung. Haduh, serem banget! Minuman jenis ini juga bisa meningkatkan resiko obesitas karena kadar gula yang tinggi. Gak cuma obesitas aja, kondisi ini juga bisa berpengaruh ketika menyusui pada wanita hamil. Sel telur pada wanita menjadi salah satu aset yang paling penting untuk masa depan. Penentuan kehamilan juga dapat ditentukan dari kualitas sel telur.

Bahaya yang ditimbulkan dari soda juga dapat berpengaruh pada kualitas dan produksi sel telur. Kok bisa begitu? Karena minuman ini memiliki efek pada hormon yang terbentuk menjadi tidak baik. Ketika produksi sel telur menurun, maka kualitas yang dihasilkan juga menurun dan dapat menyebabkan kemungkinan hamil untuk wanita menjadi berkurang. Berbicara soal kehamilan, mengkonsumsi minuman bersoda juga bisa menyebabkan resiko keguguran pada wanita hamil. Kandungan dan zat yang ada pada soda, akan berpengaruh pada tumbuh kembang embrio. Jika kualitas embrio buruk, maka semakin besar resiko keguguran.


Photo by Leah Kelley  from Pexels

Jika ibu hamil nekat untuk meminum soda apalagi dengan jumlah yang banyak, hal ini bisa menjadi salah satu faktor kelahiran bayi yang prematur. Kelahiran prematur adalah kejadian dimana seorang bayi lahir sebelum waktu yang ditentukan atau belum 9 bulan di dalam kandungan. Fenomena ini menyebabkan bayi yang dilahirkan memiliki organ yang belum matang dan biasanya mengalami sulit keluar dari perut sang ibu dan dilakukan prosesi operasi caesar. 

Selain untuk ibu hamil, ternyata mengkonsumsi soda terlalu banyak juga berbahaya bagi anak kecil perempuan yang dapat menyebabkan pubertas dini. Perempuan kecil yang masih di bawah umur beresiko mengalami menstruasi atau haid lebih dahulu dibanding umur yang seharusnya jika terlalu banyak minum soda. Jenis minuman ini juga tidak baik jika diminum saat haid karena dapat menyebabkan proses haid menjadi tidak lancar. 

Udah banyak banget nih sist iklan atau film yang biasanya menunjukkan bersendawa sehabis minum soda. Bersendawa sendiri itu terjadi karena banyaknya gas yang ada di minuman ini. Sebenernya ini bukan merupakan hal yang berbahaya kok untuk tubuh kita, tapi kebanyakan gas di perut biasanya bikin gak nyaman untuk beraktivitas. Terlalu banyak gas membuat sendawa dan kentut berlebihan serta rasa begah atau kembung dalam perut.

Pasti kalian udah pada tau kan kalo kopi beresiko membuat asam lambung naik? Nah, ini juga ada di minuman bersoda. Terkenal banget penyakit asam lambung atau GERD yang sekarang banyak diidap oleh anak muda karena gaya hidup yang berubah-ubah dan banyak mengkonsumi minuman mengandung pengawet. Kalau kalian mau beralih dari kopi ke soda itu adalah salah besar! Karena faktanya minuman jenis ini juga mengakibatkan penyakit asam lambung.


Photo By Halodoc.com



Yang terakhir adalah berkurangnya kekuatan tulang di badan kita. Tulang menjadi unsur terpenting dalam tubuh kita. Gak kebayang kalau dengan kenikmatan sesaat aja bisa mengganggu kekuatan tulang terutama tulang pinggul pada wanita. Waduh, ternyata efeknya gak cuma buat kandungan dalam badan kita aja, tapi sampai kesehatan tulang! Ini bukan berarti minuman soda harus dihindari atau gak diminum sama sekali ya, tapi mungkin harus dibatasin. Kalau sista sendiri, punya minuman soda favorit gak? Coba yuk tulis di bawah!


cheria021
aygilagility
MrJeffBezos
MrJeffBezos dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.3K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
Sista
icon
3.9KThread7.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.