• Beranda
  • ...
  • Lifestyle
  • Menyambut Bulan Suci, Berikut Hal-hal yang Biasa Dilakukan Menjelang Ramadhan!

rarirureror
TS
rarirureror
Menyambut Bulan Suci, Berikut Hal-hal yang Biasa Dilakukan Menjelang Ramadhan!


Tak terasa Bulan Suci Ramadhan sudah di depan mata, GanSis. Pasti Agan dan Sista semua udah pada ga sabar kan? Yap! Kemungkinan besar, malam ini, semua umat muslim akan ramai-ramai melaksanakan ibadah Shalat Tarawih dan akan mulai berpuasa keesokan harinya. Kita tunggu kepastiannya saja melalui sidang isbat sore nanti.

Nah, dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, banyak tradisi-tradisi yang dilakukan oleh masyarakat muslim. Biasanya tradisi tersebut dilakukan bukan karena adanya anjuran dalam agama, melainkan budaya yang sudah menjadi kebiasaan turun menurun masyarakat Indonesia.

Berikut ini beberapa hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat Muslim di Indonesia menjelang Bulan Suci Ramadhan!



Ziarah Kubur



Salah satu tempat yang ramai pengunjung menjelang Bulan Suci Ramadhan adalah Tempat Pemakaman Umum. Yap! Biasanya, masyarakat muslim pasti akan meluangkan waktunya untuk melakukan ziarah kubur. Selain untuk mendoakan mereka yang sudah meninggal dan mengingatkan diri sendiri akan kematian yang kian mendekat, ziarah kubur sendiri bertujuan untuk merawat dan membersihkan makam. Makam yang dikunjungi saat ziarah kubur biasanya adalah makam keluarga, khususnya orangtua. Tapi ternyata ga hanya mengunjungi makam keluarga saja, banyak masyarakat Indonesia yang juga berziarah ke makam Wali dan juga pemuka agama Islam lainnya loh.


Silaturahmi ke Rumah Saudara



Tradisi berkunjung ke rumah saudara tak hanya dilakukan saat Hari Raya saja, GanSis. Sebelum masuk Bulan Ramadhan pun banyak orang yang menyempatkan diri untuk bersilaturahmi ke rumah saudara. Berbeda dengan Hari Raya Idul Fitri yang juga mengunjungi rumah saudara di kota-kota sebelah yang terbilang cukup jauh, silaturahmi saat menjelang Bulan Ramadhan biasanya hanya mengunjungi rumah saudara yang berada di kota yang sama dan memprioritaskan orang-orang yang lebih tua seperti kakek dan nenek.


Cucurak



Agan dan Sista tau ga apa itu cucurak? Cucurak biasa juga disebut curak curak, sebuah kata dari bahasa sunda yang memiliki arti senang-senang. Nah, biasanya sebelum sebulan penuh melaksanakan ibadah Puasa Ramadhan, cucurak menjadi salah satu kegiatan yang juga sering dilakukan. Biasanya sih orang-orang akan berkumpul bersama keluarga, teman atau sahabat untuk bersenang-senang dengan makan-makan bersama. Yap! Makan-makan bersama dengan oragn-orang terdekat dianggap menjadi hal yang wajib dilakukan sebelum memasuki bulan puasa, soalnya kalau bulan puasa ga bisa makan siang-siang, ehehehe.


Belanja Stok Makanan


Kalian pernah ga sih belanja ke pasar atau supermarket di hari-hari menjelang Bulan Ramadhan? Pasti kalian merasa kalau belanja menjelang Bulan Ramadhan lebih ramai dari pada biasanya kan? Kalau menurut ane memang seperti itu, biasanya orang-orang akan berbelanja dengan jumlah yang lebih banyak. Nah, abis belanja, para ibu rumah tangga biasanya langsung akan menguasai dapur untuk masak besar buat stok sahur dan buka puasa. Tapi tak hanya belanja buat stok dapur aja kok, stok cemilan untuk menemani sahur dan buka puasa juga pasti menjadi incaran banyak orang menjelanng Bulan Puasa.


Berpuasa



Meskipun banyak orang yang akan pergi main dan puas-puasin makan bersama dengan orang-orang terdekat. Tapi banyak juga loh yang justru rajin banget puasa bahkan sebelum Bulan Ramadhan tiba. Nah, orang-orang yang rajin berpuasa ini biasanya adalah perempuan-perempuan yang masih punya utang puasa di tahun lalu. Yap! Sebelum hutang-hutang puasa menumpuk dengan hutang puasa yang akan datang, makanya banyak yang mengejar membayar puasa sebelum Ramadhan datang.


Semoga puasanya lancar dan berkah ya!
#RamadhanBerkah
Diubah oleh rarirureror 14-04-2021 04:09
khoirul48blunarnauvalaziz
nauvalaziz dan 11 lainnya memberi reputasi
12
5K
128
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
Lifestyle
icon
10.3KThread10.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.