Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
34
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60792396b04b5f7a1b7bb552/aneka-nasi-khas-daerah-di-indonesia-negara-lain-mana-punya
Bagi kebanyakan warga Indonesia termasuk Ane dan Ente, belum sah makan kalau belum makan pake nasi. Hidangan berbahan dasar beras ini sudah jadi makanan pokok penduduk Indonesia. Saat bulan puasa seperi sekarang kita biasanya makan takjil dan cemilan lainnya sampai kenyang bukan? Tapi tetap saja nasi bisa masuk perut dengan lancar. Saking mendarah dagingnya nasi di Indonesia sampai setiap daerah m
Lapor Hansip
16-04-2021 12:41

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!

Bagi kebanyakan warga Indonesia termasuk Ane dan Ente, belum sah makan kalau belum makan pake nasi. Hidangan berbahan dasar beras ini sudah jadi makanan pokok penduduk Indonesia.

Saat bulan puasa seperi sekarang kita biasanya makan takjil dan cemilan lainnya sampai kenyang bukan? Tapi tetap saja nasi bisa masuk perut dengan lancar.

Saking mendarah dagingnya nasi di Indonesia sampai setiap daerah mempunyai nasi kebanggaannya masing-masing. Berikut @saya.kira hadirkan berbagai jenis nasi yang ada di Indonesia. Tentu belum semuanya karena pasti banyak banget, ini hanya sebagian kecil.
Apa aja, yuk simak GanSist!


1. Nasi Penggel

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi Penggel, makanan khas dari daerah Kebumen.
Nasi Penggel disajikan bersama sayur dan lauk. Sayur ini merupakan lodeh yang dicampur ‘gori’ atan nangka muda, daun singkong, tempe, tahu dan melinjo. Adapun lauk Nasi Penggel adalah kulit dan jeroan sapi seperti babat, iso, kikil, ‘tetelan’, jantung, ginjal, paru, tempe mendoan dan semacamnya.
Ane biasa makan Nasi Penggel buat sarapan,inget ya nasi penggel bukan penggal.


2. Nasi Gandul

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Sewaktu ke daerah Pati ane menemukan yang namanya Nasi Gandul. Nasi khas Pati, ini disajikan bersama tempe, lidah sapi, usus sapi, dan tambahan lauk lainnya. Rasanya manis pedas dan berkuah. Hemmm lezat.


3. Nasi Balap

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nama nasi ini sangat unik tapi bukan berarti nasinya balapan ya gan. Dinamakan nasi balap karena nasi khas lombok ini disajikan dengan suiran ayam yang dimasak pedas. Lauk pelengkapnya antara lain, kering kentang, telur dadar dan taburan kedelai goreng. Mungkin nasi balap ini masih sepupuan sama lontong balap.


4. Nasi Megono

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi Megono ini berasal dari Pekalongan gan. Menurut ane yang bikin khas nasi ini yaitu sayur Megono yang dibuat dari nangka muda yang cincang halus lalu dikasih sambal terasi,maknyus dah. Pas ane tinggal di Jogja ada penjual nasi megono langganan,di pasar STAN.


5. Nasi Jamblang

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Ciri khas nasi Jamblang ini menggunakan daun jati dalam penyajiannya. Lauknya juga buanyak,agan bisa milih sambal goreng, paru, daging, semur ikan, tempe, dan ikan asin dll. Oiya hampir lupa,nasi jamblang ini berasal dari Cirebon ya gan


6. Nasi Grombyang

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Olahan nasi yang satu ini dari Pemalang. Penyajian nasi ini menggunakan kuah khas yang sangat banyak dibanding isi nasinya sendiri. Sehingga terlihat seperti goyang-goyang atau 'grombyang-grombyang' dalam bahasa Jawa gan. Kaya rawon dalam mangkok kecil khas soto Kudus ya gan,tapi ini wenak tenan.


7. Nasi Lengko

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Kembali ke Cirebon ya gan,ada nasi Lengko. Nasi Lengko ini banyak banget sayurannya gan sist,jadi jauh-jauh sembelit deh. Dikasih kecap khas Cirebon bikin makin maknyus rasanya


8. Nasi Boranan

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi Boranan ini berasal dari Lamongan gan,konon namanya berasal dari tempat nasi yang terbuat dari anyaman bambu. Kalo ente makan nasi boranan jangan lupa lauknya ikan Sili ya gan,makin enak deh. Inget Boranan,bukan buronan.


9.Nasi Gegok

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi Gegok khas Trenggalek ini disajikan dengan dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang. Pembuatannya unik loh gan sebelum di kukus nasi ini di taburi dengan sambal teri di bagian atasnya sehingga rasa dan aromanya sangat nikmat.


10. Nasi Tumpang

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Jujur aja ane bingung nasi tumpang ini asalnya darimana,di Malang ada daerah namanya Tumpang,orang Kediri bilang nasi tumpang dari Kediri,eh di Solo juga banyak yang jual. Kalo menurut ane mirip sama pecel cuma ada sambal atau bumbu tumpang yang bikin beda


11. Nasi Liwet

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi Liwet yang ane maksud ini yang khas Solo yah,bukan yang dari Sunda. Nasi liwet terkenal dengan teksturnya yang pulen dan rasa gurih. Disajikan dengan daun pisang, aromanya makin nikmat. Lauknya juga buanyak gan, ada ayam, hati/ampela ayam, tempe, tahu dan telor bacem.


12. Nasi Jagal

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!

Walapun terdengar sadis tapi jangan diragukan nikmatnya gan. Konon katanya dinamakannya nasi jagal karena makanan satu ini banyak dijajakan di dekat sebuah tempat penjagalan hewan bertempat di Bayur, Kota Tangerang. Jadi sudah pasti daging sapi yang jadi andalan kuliner ini dijamin segar. Fresh from the penjagalan sapi.


13. Nasi Krawu

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi krawu merupakan makanan khas dari daerah Gresik, Jawa Timur. Cirinya adalah nasinya yang pulen dan disajikan dengan daun pisang. Lauknya dapat berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal terasi dan serundeng. Sambal terasi yang disajikan bersama dengan nasi krawu memiliki rasa pedas yang khas.


14. Nasi Bekepor

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi ini dari Kutai Kaltim gan,Nasi khas raja-raja ini rasanya mirip nasi liwet yang penuh rasa santan. Kalau nasi liwet dimakan bersama ayam goreng, nasi bekepor ini dimakan bersama daging masak bumi hangus yang nggak kalah enak.


15. Nasi Subut

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi satu ini tampil unik dan cantik sekali dengan warna keunguan. Warna ungu dari nasi ini dihasilkan oleh ubi ungu yang menjadi bahan utamanya. Selain ubi ungu, masih ada butiran jagung yang dicampur ke dalam nasi khas Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara ini.


17. Nasi Minyak

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Kali ini nasi khas dari Palembang gan,Dahulu, kuliner satu ini dianggap panganan mewah bagi masyarakat Palembang karena hanya boleh disantap oleh Sultan dan pada saat-saat tertentu saja lho!


18. Nasi Tutug Oncom

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi Tutug Oncom atau Sangu Tutug Oncom dalam Bahasa Sunda sering disingkat Nasi T.O adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Nasi ini umumnya disajikan dalam keadaan hangat gan biar lebih mantul.

19. Nasi Tepeng

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi Tepeng ini khas Gianyar gan,enaknya dimakan buat sarapan. Nasi ini teksturnya lembek tapi gak selembek bubur ya gan. Bumbu rempah yang kaya bikin rasanya makin nendang loh gan sist

20. Nasi Bungkus

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi bungkus adalah nasi putih beserta lauk untuk satu orang yang dibungkus pake kertas minyak. Yang bikin unik nasi ini biasa untuk amunisi pasukan pendukung capres 02. Nasbung,ada-ada aja ya netijen Indonesia.


21. Nasi Kotak

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi ini sebenarnya juga nasi biasa seperti nasi bungkus,cuman yang ini buat pendukung capres 01. Nastak.


22. Nasi Indomie

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Kalo yang satu ini ane gak usah jelasin ya gan sist, pasti dah pada tau
emoticon-Ngakak


23. Nasi Padang

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!

Terakhir pasti udah gak asing lagi kan GanSis!
Nasi Padang adalah nasi putih yang disajikan dengan berbagai macam lauk pauk khas Indonesia.
Padang merujuk pada ibu kota provinsi Sumatra Barat, kampung halaman orang Minangkabau.

Nasi Padang adalah sebuah hidangan yang disajikan secara lengkap secara prasmanan dengan daging, ikan, sayuran, dan makanan pedas dimakan dengan nasi putih, itu adalah komoditas ekspor paling terkenal dan masyarakat minangkabau mempunyai kontribusi yang besar untuk masakan Indonesia


Sebenarnya masih banyak nasi-nasi lainnya tapi karena keterbatasan waktu dan tempat ane cukupkan aja.
Oh iya,agan dan sista udah nyobain yang mana nih?

Belum makan kalau belum pake nasi


Sumber dari:
1. Sini
2. Sini
3. Sini

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
16-04-2021 12:42
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan falesthine.f10 memberi reputasi
2 0
2
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
16-04-2021 12:47
Nasi-daria...?
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!

Legend juga, tuh..!!
emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
16-04-2021 12:48
Yang enak itu nasi pecel-tumpang pakai peyek ikan teri beuhhhhh apalagi makannya pakai tangan langsung (mulok bahasa jawanya) bumbunya double triple triple nikmatnya emoticon-Genit

Apalagi minumnya es teh... Beuhhhh

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!

Enak e dadi wong deso mangan ora usah tuku sing aneh-aneh + regone larang emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
telah.ditipu dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
16-04-2021 13:36
Indonesia kaya ragam kulinernya
profile-picture
falesthine.f10 memberi reputasi
1 0
1
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
16-04-2021 13:38
Nasi indomie
emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
telah.ditipu dan rausanvikri memberi reputasi
2 0
2
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
16-04-2021 14:28
Waaah... Bener2 menggugah selera nih...
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
profile-picture
telah.ditipu memberi reputasi
1 0
1
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
16-04-2021 17:32
nasi Jamblang, dulu kirain nasi yg gimanaa...gitu emoticon-Smilie
ternyata nasi + sambel diatas daun jati, cuma tambah lauk pauk aja emoticon-Big Grin
0 0
0
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
16-04-2021 17:38
Nasi uduk sama nasi kuning kagak ada tapi malah ada nasi indomie? 😂
profile-picture
telah.ditipu memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
16-04-2021 17:55
Nasi tumpang sama liwet sih nyam nyam nyam untung bacanya pas udah buka
0 0
0
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
16-04-2021 19:04
Nasi padang kapau emoticon-Leh Uga
0 0
0
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
16-04-2021 19:09
PECEL PINCUK gak masuk kang?
profile-picture
telah.ditipu memberi reputasi
1 0
1
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
16-04-2021 20:00
No 22-23 paling gampang dicari.....
0 0
0
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
16-04-2021 21:03
emoticon-Wow jangan lupa Nasi Hat ngab ! emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak
0 0
0
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
16-04-2021 21:34
iya lah.. mayoritas warga Indonesia kalo belum kesentuh nasi belum diitung makan hehehe emoticon-Shakehand2
Diubah oleh sedotninja
0 0
0
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
16-04-2021 23:33
Nasi lemak
0 0
0
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
17-04-2021 08:05
momennya pas baca trit ini emoticon-Big Grin
0 0
0
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
17-04-2021 09:49
Kek nya sudah ancang2 kalau buka nanti bini pada mau buat indomie sama Roti...

Tetap aja buatan Bini selalu enak....emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
17-04-2021 10:10
Quote:Original Posted By saya.kira


Ternyata banyak yg saya baru tahu

Quote:Original Posted By junaedi1982new
Nasi-daria...?
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!

Legend juga, tuh..!!
emoticon-Recommended Seller


Qosidahan ya gan?
0 0
0
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
18-04-2021 17:59
Gembok
emoticon-Cool
0 0
0
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
18-04-2021 20:03
Gembok
emoticon-Cool
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia