• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Dulu Permainan Sekarang Jadi Bentuk Tawuran, Inilah Aksi Perang Sarung Bulan Ramadhan

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Dulu Permainan Sekarang Jadi Bentuk Tawuran, Inilah Aksi Perang Sarung Bulan Ramadhan

Pernahkah Agan dan Sista bermain perang sarung di masa kecil?
Sekarang menjadi bentuk aksi tawuran!


Tradisi perang sarung, mungkin bagi Agan da Sista yang lahir sebelum tahun 90an masih kebagian euforia dari permainan yang satu ini ya GanSis. Permainan perang sarung adalah permainan yang biasa dilakukan di setiap bulan ramadhan tepatnya pada waktu sehabis sahur atau setelah shalat subuh.

Permainan perang sarung sebenarnya bukan permainan yang berbahaya GanSis, karena memang permainan ini hanyalah permainan perang-perangan yang dimainkan oleh anak-anak kecil sampai anak usia remaja dengan menggunakan sarung yang pada bagian ujungnya diikat. Meskipun di dalam permainan ini dua kubu atau kelompok saling memukul dan saling menyerang menggunakan sarung tapi mereka tidak merasakan sakit atau dendam setelah melakukan permainan ini karena memang tujuan mereka murni hanya untuk bermain dan saling bercanda saja.

Permainan perang sarung mulai punah dan bahkan sempat dilarang sejak akhir tahun 90an karena sudah mulai mengalami kemelencengan niat dari permainan ini GanSis.
Banyak anak-anak yang melakukan perang sarung tapi tidak untuk melestarikan permainan tradisional melainkan melakukan aksi tawuran dengan membentuk kubu-kubu dan berujung pada pertarungan sengit sampai beberapa kasus kejadian perang sarung memakan korban.




Entah apa alasan sebenarnya yang melatar belakangi permainan perang sarung menjadi sebuah aksi tawuran ini GanSis. Menurut pendapat ane pribadi sih nampaknya pergeseran kebiasaan ini merupakan dampak dari semakin merosotnya tingkat moralitas anak sejak dini GanSis. Karena terpengaruh dengan tontonan atau bahkan lingkungan mereka menjadi lebih berani, mudah tersulut emosi dan berusaha menjadi seorang pemenang meskipun itu hanya dalam sebuah permainan yang notabene hanya sebagai hiburan saja!

Sebenarnya miris ya GanSis melihat fakta ini, sebab perang sarung adalah permainan tradisional yang telah diturunkan secara turun temurun dari masa ke masa. Namun karena banyak orang menyalah gunakan permainan ini menjadi sebuah bentuk kriminalitas saat ini permainan perang sarung masuk ke dalam permainan yang memperlihatkan bentuk arogansi.




Jika Agan dan Sista diminta untuk memberikan pendapat mengenai permainan perang sarung ini, apakah GanSis masih mendukung adanya permainan tradisional ini di era modern seperti sekarang?
Atau mungkin Agan dan Sista juga akan menentang permainan perang sarung karena melihat bahaya yang akan terjadi jika permainan ini tetap dilakukan oleh anak-anak sekarang?
Silakan berikan tanggapan GanSis dengan berkomentar di bawah ya!

Terima kasih tekat singgah dan sampai jumpa di thread ane yang lain




Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar: Google pict

gustiarny
triwinarti
istijabah
istijabah dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3.7K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.