Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
52
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6077dbadf95acc68e213c3b0/kramat-djati-bus-putih-nan-legendaris-pelari-lintas-sumatera-jawa-bali
Pasti Gansis sudah tak asing dengan bus berlivery putih-oranye-merah ini. Yup, Kramat Djati. Bus yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat dan busmania, karena sudah sangat sering terlihat seliweran di jalanan.
Lapor Hansip
15-04-2021 13:22

Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar PO Kramat Djati, bus putih nan legendaris pelari lintas tiga pulau Sumatera, Jawa dan Bali.

Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali

Pasti Gansis sudah tak asing dengan bus berlivery putih-oranye-merah ini. Yup, Kramat Djati. Bus yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat dan busmania, karena sudah sangat sering terlihat seliweran di jalanan.

Cukup sulit untuk menemukan sejarah lengkap dari Kramat Djati. Oleh karena itu, bagian sejarah dari thread ini tak akan terlalu panjang. 

Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali

Sebenarnya, Kramat Djati berawal pada tahun 1968 ketika Bapak Arief Budiman mendirikan sebuah usaha yang bergerak di bidang pengangkutan barang dalam kota Bandung bernama "Sumber Djaja". Bermodal 1 truk pengangkut barang, Bapak Arief Budiman mulai menjalankan usahanya. 

Tak disangka, ternyata usahanya berjalan lancar. Beliau mulai memberanikan diri dengan membeli 1 unit bus kelas Ekonomi yang dijalankan untuk trayek Bandung-Jakarta dan sebaliknya Gansis. Bapak Arief Budiman juga mengubah nama "Sumber Djaja" menjadi Kramat Djati.

Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali

Pada tahun 1975, Kramat Djati membuka trayek Bandung-Merak dan sebaliknya via Jakarta. Trayek ini difokuskan untuk masyarakat Bandung yang ingin pergi ke Sumatera dan menyambung di pelabuhan Bakauheni, menuju kota-kota di Pulau Sumatera.

Trayek-trayek Kramat Djati pun kian sukses. Kramat Djati terus menambah armada seiring dengan kesuksesannya. Akhirnya, pada tahun 1986 Kramat Djati membuka trayek menuju kota-kota di Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan Yogyakarta.

Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali

Tak sampai disitu saja. Empat tahun kemudian, tepatnya tahun 1990 Kramat Djati membuka layanan trayek Bandung-Denpasar. Trayek ini difokuskan untuk orang-orang Bandung yang ingin berlibur ke Bali, maupun orang Bali yang ingin pulang ke kampung halaman ataupun merantau ke kota Paris Van Java.

Memasuki tahun 1995, Kramat Djati pun mulai mendirikan PT, sebagai badan usaha Kramat Djati yang bernama "PT Kramat Djati Asri Sejati". Seiring dengan itu, setahun kemudian PT Kramat Djati Asri Sejati mulai membuka trayek menuju Pekanbaru, Bengkulu, Lampung dan Palembang.

Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali

Krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998 dan membuat beberapa PO harus gulung tikar, tak menumbangkan Kramat Djati. Kramat Djati terus bertahan. Dan pada tahun 2000, seiring dengan ekonomi yang membaik KD membuka trayek ke Mataram, Nusa Tenggara Barat. 

Kramat Djati terus berkembang, berkembang dan berkembang. Menambah armada, trayek, dan lain sebagainya. Hingga kini, Kramat Djati memiliki ratusan armada, puluhan hingga ratusan trayek, dan memiliki usaha di bidang bus AKAP, pariwisata, jemputan karyawan, pengiriman paket, dan katering makanan.

Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali

Sasis yang digunakan oleh PO Kramat Djati biasanya Hino dan Mercedes-Benz. Memang, tak semua sasis yang dimiliki Kramat Djati adalah Hino atau Mercedes, ada beberapa armada bersasis Scania dan MAN. Tetapi, sasis dominan yang sering ditemukan di lapangan adalah Mercedes-Benz dan Hino Gansis.

Karoseri yang digunakan pun beragam. Mulai dari Laksana, Adiputro, Rahayu Santosa, dan lain sebagainya. Kebanyakan armada KD menggunakan karoseri Adiputro, dengan berbagai macam model mulai Setra, Marcopolo, Jetbus 1, Jetbus 2 Series, hingga Jetbus 3 Series.

Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali

Sementara, untuk harga tiketnya terbilang murah. Kramat Djati membandrol harga hanya 530 ribu rupiah untuk jurusan Jakarta-Denpasar kelas Eksekutif, dan sudah termasuk makan 3 kali dengan waktu tempuh yang tergolong singkat.

Kelas yang ditawarkan juga terbilang sangat sedikit. Hanya Ekonomi AC, VIP AC dan Eksekutif AC saja. Ekonomi AC menggunakan seat 2-2 atau 2-3, VIP menggunakan seat 2-2 berkapasitas sekitar 34 hingga 38 kursi, sementara Eksekutif AC menggunakan seat 2-2 berkapasitas sekitar 28 hingga 32-34 kursi.

Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali

KD setahu ane menggunakan sistem penjatahan BBM "solar jatah". Artinya, uang jatah BBM akan diberikan ke pengemudi ketika berangkat, dan jika pengemudi menyetir dengan irit uang jatah tersebut bisa diambil pengemudi. Tetapi, jika pengemudi menyetir dengan boros, dan uang jatah BBM habis pengemudi harus menanggung sisa uang BBM untuk sampai ke tujuan.

PO asal kota Bandung ini juga merupakan gudangnya bus langka. Mulai dari Neoplan, Scania K124IB, hingga MAN R33 pun dimilikinya. Armada-armada tersebut merupakan armada yang sangat langka di Indonesia, karena populasinya sangat sedikit Gansis.

Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali

Ane pernah menaiki bus ini. Sepulang dari liburan dulu, jurusan Denpasar ke Jakarta kelas VIP. Ingat sekali, dimulai dengan naik taksi online ke terminal Mengwi, memasukkan bagasi, menunjukkan tiket lalu naik bus. Seingat ane, tiket Kramat Djati sewaktu ane naiki harganya sekitar 400-450 ribu rupiah Gansis, ditambah diskon dari aplikasi tiket online. Kebetulan juga, ane mendapat unit Mercedes-Benz OH 1521 (kalau seinget ane), berbalut body Jetbus 1 buatan karoseri Adiputro.

Selama perjalanan, supir memacu busnya dengan kecepatan rendah dan tak ugal-ugalan. Servis makan pun dapat 3x sehingga kenyang. Bus ini berangkat sekitar jam 2 siang dari Denpasar, dan sampai di Jakarta sekitar malam atau subuh (ane lupa jamnya). Servis makannya sebenarnya cukup enak dan nikmat, seingat ane diberikan di RM Situbondo (ane lupa nama rumah makannya), RM Sari Rasa Kendal, serta RM Singgalang Jaya Indramayu. Perjalanan ditempuh cukup dalam waktu 27-30 jam saja, termasuk lambat karena PO-PO lain bisa menempuh trayek ini dalam waktu 24 bahkan 20-22 jam sebab Kramat Djati tak fulltol, melewati Jalan Raya Pantura hingga daerah Kanci. Tetapi, tak apa sebab dapat makan 3xemoticon-Big Grin.

Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali

Jadi, gimana pendapat Gansis seputar Kramat Djati? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yang salah!

Sumber: 12345
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star


Quote:Original Posted By ulungrinjani
Mohon maaf lahir dan batin Agan dan Sista, selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan 1442 Hemoticon-Maaf Agan
Diubah oleh ulungrinjani
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krupuksehat dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
15-04-2021 14:14
Kramat djati '95
emoticon-Ngacir
0 0
0
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
15-04-2021 15:11
Mohon maaf lahir dan batin Agan dan Sista, selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan 1442 Hemoticon-Maaf Agan
Diubah oleh ulungrinjani
0 0
0
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
15-04-2021 18:15
Murah dan cepet ini tp dengan kursi pariwisata kurang nyaman.
Dulu naik exe dr plate AD, yg lain sudah 180 ini masih 150 dgn kursi 28.
Servis makan standart lah...
0 0
0
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
15-04-2021 19:23
dr sisi safety, supirny bawany si bagus tp yg nggak tahun muter2ny nunggu penumpang. istri gue naik jam 15.00 trs muter2 di Jakarta, jam 18.00 br masuk tol merak
0 0
0
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
15-04-2021 20:02
Jakarta - surabaya. Sekitar tahun '94 - '95. Naik "neoplan" nya Kramat Djati. Terima kasih mas Ulung sudah nulis bus yang satu ini, memang susah-susah mudah ya nyari literatur nya... Jd flashback mengingat kala jaman tahun segitu.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
18-04-2021 20:54
ane pernah naik sekali, itu pun bus pariwisatanya dulu.. hehe rasanya sih biasa aja.. tp ane ingetnya dulu dapet bus yg ada toiletnya trus duduk bagian belakangnya rada tingkat gitu.. hehe
0 0
0
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
18-04-2021 22:02
Pas ane kecil dulu pernah naik ini tiga telor terbang emoticon-I Love Indonesia
Yang bodi van hool
Entah sekarang masih ada ato udeh dirombak itu bodi
0 0
0
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
18-04-2021 22:07
Wah.... Model bus nya sdh make versi yg trbaru nan canggih ya, gan....
0 0
0
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
18-04-2021 22:11
request PO budiman dong ganemoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
18-04-2021 22:16
Yaps ane ga asing sama itu bus tapi belom pernah cobain
0 0
0
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
18-04-2021 22:19
Gapapa jalannya agak lambat yang penting selamat
emoticon-Om Telolet Om!
0 0
0
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
18-04-2021 22:25
Zaman study dlu, pernah naik bus malam dri jogja- bandung, VIP AC, ktika brangkat sorenya msih oke lh ac kencang, tiba malam saat mw istirahat, mksud hati ingin kcilkan ac nya, eh trnyata gak bsa dmatiin, paksa mnggigil smpai bandung
0 0
0
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
18-04-2021 22:33
Kramat djati ini dari jakarta timur bukan asal nya ? Cmiiw
0 0
0
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
18-04-2021 22:35
Namanyaa serem yaa gansiss...
Serem jatii...
Selaluu selamaat sejatinya sampai selama lamanyaa yaa gansiss.. Karena tidak ada yang tidak mungkin jika diupayakan sedemikian rupaa....
0 0
0
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
18-04-2021 22:37
seumur hidup ya gansis. ane belum pernah yang namanya naik angkutan umum untuk tujuan yang tidak rombongan lo ya gansis... ane takut bener untuk naik angkutan kotaa... soalnya ane peloorr dan ane kasian kalau ada yang ngamen dan jualan gitu.. tapi ane kagak bisa beli karena ane buat jajan aja sering kagak adanya. hiks..
0 0
0
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
18-04-2021 22:38
legendaris sekali ya gansis ini bus....
dari wujudnya yang dahulu sampai wujudnya yang terbaru... hanya saja onggookan yang lama sekarang jadi apa ya gansis?? apakah ada yang mengetahuinya?
0 0
0
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
18-04-2021 22:56
dulu bus langganan kl mudik kuliah gan. brgkt dr kebayoran lama ke jawa tengah. abis magrib ni bis berangkat. wkwkkk
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
18-04-2021 23:06
Bis againemoticon-Leh Uga


Ikut ramekan aja bre emoticon-Jempol
0 0
0
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
18-04-2021 23:54
Ogut malah lebih sering liat bus expedisinya gan daripada bus penumpangnya... Oia ada yang tau bus expedisinya ini basic nya dari bis apa dari truk ya?
0 0
0
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
19-04-2021 00:33
bis indonesia ada yg pake man juga ya. selain kramat djati yg pake man armada mana lagi gan?
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia