News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
279
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607701bab599507dfd6dfb80/kfc-berdarah-darah-toko-ritel-bertumbangan-1-toko-per-hari
Contoh terbaru adalah waralaba restoran KFC yang setahun terakhir didera masalah hubungan industrial dengan pekerja karena soal penutupan gerai, upah, sampai berujung masalah keuangan yang berdarah-darah.
Lapor Hansip
14-04-2021 21:52

KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!

Past Hot Thread
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan selama lebih dari satu tahun belum juga menunjukkan perbaikan di sektor konsumsi seperti ritel hingga restoran.
Contoh terbaru adalah waralaba restoran KFC yang setahun terakhir didera masalah hubungan industrial dengan pekerja karena soal penutupan gerai, upah, sampai berujung masalah keuangan yang berdarah-darah.
Di sisi lain, sektor ritel juga tak kalah pelik, hari ke hari jumlah gerai ritel yang tutup bertumbangan. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey mengatakan setiap harinya toko ritel di Indonesia yang tutup kian bertambah.

Menurutnya, toko yang harus tutup atau bangkrut ini disebabkan karena permintaan lemah di sektor konsumsi. Padahal konsumsi masyarakat sangat menentukan keberlanjutan usaha ritel.
"Setiap hari kami hitung dari sisi asosiasi, hampir 1 toko tutup setiap hari, di seluruh Indonesia termasuk di Bali," ujarnya dikutip Rabu (14/4).

Ia bilang pelaku usaha ritel yang harus gulung tikar dan menutup usahanya masih berlanjut di tahun ini. Sejak awal tahun hingga saat ini sudah ada 90 toko yang harus menutup usahanya.
"Kalau kita lihat 3 bulan ini kita sudah ada 90 toko yang tutup termasuk minimarket, supermarket, department store maupun juga tenant," katanya.

Minta Perlindungan Pemerintah

Kondisi yang terus berlarut tanpa adanya perbaikan membuat pelaku usaha risau. Roy meminta perlindungan pemerintah agar tidak semakin banyak pelaku usaha ritel yang bangkrut.
Perhatian khusus dari Pemerintah sangat diharapkan, apalagi industri ritel adalah salah satu usaha yang harus bertahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
"Ini bagaimana relaksasi untuk tetap bertahan dan beroperasi sebagai sektor kedua yang harus tetap buka selain RS," jelasnya.

Ia menyebutkan, salah satu stimulus yang dibutuhkan oleh pelaku usaha ritel adalah tambahan dana dari Pemerintah. Diharapkan tambahan anggaran dari Pemerintah bisa membantu sektor ritel tetap bertahan dan melayani UMKM yang berbelanja di mereka.
"Kami butuh vaksinasi keuangan selain vaksinasi pandemi, karena tanpa itu kemana kita. Kita punya 7 juta UMKM yang dagang di ritel, tapi UMKM enggak bisa dagang karena toko (ritel) tutup. Jadi mereka (pelaku usaha ritel) butuh diberikan bantuan untuk bisa tetap berdagang dengan menjaga sektor hilirnya," tegasnya.

KFC yang Berdarah-Darah

Memburuknya kondisi ritel juga diikuti oleh usaha sejenis tenant restoran. Setelah tahun lalu menutup ratusan gerainya, persoalan internal soal hubungan industrial dengan pekerjanya menjadi masalah belum berkesudahan.

Pada Senin (12/4), kalangan buruh yang tergabung dalam Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia (SPBI) SBT PT Fast Food Indonesia Tbk menggelar aksi demonstrasi di depan gerai KFC Gelael, MT Haryono, Jakarta, yang juga sebagai lokasi kantor pusat.
Para pekerja mendesak PT Fast Food Indonesia Tbk untuk mengeluarkan kebijakan pembayaran upah sebagaimana mestinya dan mengembalikan upah yang selama ini ditahan oleh perusahaan.
"Upah dipotong dan dihutang 30% yang otomatis upah di bawah UMK (upah minimum kota)," kata Koordinator SPBI Anthony Matondang kepada CNBC Indonesia, Rabu (14/4/21).

pada April 2020 lalu perusahaan mengeluarkan kebijakan pemotongan dan penahanan upah. Bahkan, Tunjangan Hari Raya (THR) yang dibayarkan tidak sesuai dengan ketentuan Perjanjian Kerja Bersama (PKB).
"Akibat dari kebijakan ini, sebagian pekerja KFC mendapatkan upah jauh di bawah upah minimum kota atau kabupaten yang berlaku tahun 2020," jelasnya.
Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk Justinus Dalimin Juwono akhirnya buka suara. Ia menegaskan ihwal persoalan kebijakan perusahaan yang terkait para pekerja sudah disampaikan, dirundingkan, dan ada kesepakatan dengan serikat pekerja lain, yakni SPFFI. Ia menegaskan segala persoalan sudah selesai dibahas dengan serikat pekerja.
"Jadi sudah ada pembicaraan klarifikasi sama serikat pekerja kita sudah beres dengan serikat pekerja kita. Sudah tuntas," katanya.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-toko-per-hari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
luweh dan 26 lainnya memberi reputasi
25
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 15:01
Ya iyalah ayam gorengnya kemahalan 50rb seporsi sedangkan gerai ayam goreng fredchiken kampung 15rban + nasi dah kenyang rasanya juga enak gk kalah ma KFC emoticon-Ngakak orang indo mah rata rata kalo soal makanan 90% lihat harga dulu bisa kenyangin perut gakemoticon-Ngakak kalo harga 50rb up ya biasanya orang indo rata rata malah ke resto prasmanan atau rumah makan padangemoticon-Ngakak wajar kalo gerai KFC tutup ya harganya gk bisa bersaing, kalau ritel busana sama barang fashion benar banyak yg tutup y kalah bersaing sama barang barang marketplace online, kalau ritel sembako+kebutuhan pokok y masih lumayan rame
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 15:02
‏‏‎
‏‏‎
Diubah oleh Mie88888
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0 1
-1
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 15:33
KFC berdarah2 tp sean si "pay driver" ttp ikut balapan mah sama aja boong tuh duit drpd buat bayar seat balapan gak guna mending bayarin gaji karyawan deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 16:32
barusan kemarin ane makan KFC gan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DoDoLanDoDoL dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 16:33
lama aku tak beli compact disc di KFC emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 16:36
Masa sih KFC berdarah"? Kayanya banyak beli dhe
profile-picture
profile-picture
DoDoLanDoDoL dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 16:40
Iya yah dampaknya ke mana mana
0 0
0
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 16:49
entah CFC harga nya related dengan KFC atau enggak tapi sumpah ane syok teh pucuk 7500 padahal modal nya cuma 2300

kenapa ane tau? karena ane warung sembako, jual nya cuma 3000

ga lagi" dah makan di tempat begituan
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan ATR42 memberi reputasi
2 0
2
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 16:50
Enakan ayam olive yg ada di jogja.rasa enak harga luar biasa murah 😆.7rb udh dpt nasi,wing besar plus teh hangat.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan ATR42 memberi reputasi
2 0
2
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 16:52
kaefci beli yg original donk

klo selain itu, sabana aja

0 0
0
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 16:53
masa pandemi membuat masyarakat untuk berani membuka usaha (kepepet). dan ternyata memang bisa masak, enak.
seperti nasi goreng di Surabaya, banyak yang baru2 buka dan rasanya TOP.
meski pandemi selesai pun saya yakin akan tetap banyak orang yang bertahan berjualan/ bekerja sendiri karena sudah menemukan pasarnya.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 16:59
kasian banget gaan
banyak usaha kuliner yang besar juga pada tumbang
0 0
0
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 17:12
Sulit memang di masa pandemi gini. Roda ekonomi puterannya lambat. Saran ane cobak sektor pertanian. Walopun dikota bisa kok berkebun
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 17:34
Toko yg tutup 1 hari cuma 1? Lha di Indonesia emang ada berapa juta toko? Mau 100 tahun lagi juga nggak sampai 10% kan yg tutup.

Terlalu dilebih2kan nih.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 17:44
Ane yg mau sewa tempat aj, pada ngasih harga normal kan gila kita nyari omset susah mati pandemi gini mereka yg sewain lahan pada jual mahal asoo tenan kelaut ae lahh....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 17:54
KFC boleh makan di tempat ga?
0 0
0
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 18:05
Bisnis warteg ga ada sepi2nya
0 0
0
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 18:32
Sudah saatnya berganti masa kejayaan nyaemoticon-Cool
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 18:33
Kondisi ekonomi masyarakat belum pulih akibat adanya pandemi ini sehingga uang yang di keluarkan hanya untuk kebutuhan-kebutuhan yang penting saja. Nasib apes dialami usaha-usaha yang menjual barang dengan harga mahal tentu akan mengalami banyak penurunan penjualan, bahkan sampai turun kelas dan menjual barangnya di pinggir jalan.
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
15-04-2021 18:45
Fastfood di indonesia kegedean pajak. Penjual kena pajak, pembeli juga kena pajak. Lalu harga ketinggian. Abang gw kerja di arab, disana ayam kfc segede gaban. Pas pulang ke indonesia, kaget dia, ayam kfc kayak anak ayam tapi harganya lebih mahal
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan ATR42 memberi reputasi
2 0
2
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia