hayosayasiapaAvatar border
TS
hayosayasiapa
Sentuhan Seorang Ibu, Obat Mujarab Untuk Atasi Kecemasan Pada Anak!


Rasa gugup, cemas, atau stress adalah hal yang wajar dialami oleh setiap orang. Tak hanya orang dewasa, tapi anak-anak pun kerap merasakan kecamasan atau stress. Orang dewasa yang sudah memiliki banyak pengalaman mungkin sudah memiliki caranya sendiri untuk atasi kecemasan atau rasa stress tersebut, entah dengan bernyanyi, berjalan kesana-kemari, atau melakukan hal-hal lainnya dengan tujuan untuk mengurasi rasa cemas dan stress itu sendiri.

Tapi bagaimana dengan anak-anak? Apakah ada cara ampuh untuk redakan rasa cemas dan stress pada anak? Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa salah satu cara paling ampuh untuk meredakan tingkat kecemasan dan stress pada sentuhan orangtua khususnya ibu.



Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa kulit sebagai indra yang merasakan sentuhan meupakan salah satu panca indra yang berkembang pertama kali pada manusia. Oleh karenanya itu, sebagai indra yang paling sensitif yang dimiliki oleh manusia, pengalaman sentuhan tersebut dapat mengelola emosi dalam diri kita khususnya ketika kita sedang menghadapi situasi yang tidak menyenangkan alias dapat “menyembuhkan” baik secara fisik maupun secara emosional.

Misalnya pengalaman bencana alam yang terbilang sebagai suatu hal yang tidak mengenakan. Sebagai akibatnya, bencana alam akan menimbulkan rasa cemas dan stress, terlebih bagi anak-anak. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa cemas dan stress tersebut? Ada baiknya sang ibu melakukan massage atau sentuhan terhadap sang anak sebagai terapi medis dan psikologis, karena selain berguna untuk mendekatkan hubungan antara ibu dan anak, terap ini juga bisa menurunkan tingkat kecemasan dan stress pada anak.



Aktivitas memijat atau menyentuh yang dilakukan ibu terhadap anaknya adalah gerakan keluar pada seluruh tubuh anak. Hal pertama yang bisa dilakukan ibu adalah menyentuh bagian kepala, wajah, leher, pundak, punggung, tangan, paha, betis hingga ujung kaki si anak. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan sentuhan pada kedua sisi tubuh anak mulai dari bagian depan hingga bagian belakang.

Cara tersebut bisa Sista coba aplikasikan kepada anakmu guna memberikan ketenangan dan mengurangi rasa cemas ataupun stress pada anakmu. Semoga bermanfaat ya!



SUMBER
tata604
dhinyzfrn
red.wangyi
red.wangyi dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.9K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.