• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Hino Ranger FLX 260 JW, Truk Trinton 32 Ton Tanpa Terbentur Regulasi ODOL!

ulungrinjani
TS
ulungrinjani
Hino Ranger FLX 260 JW, Truk Trinton 32 Ton Tanpa Terbentur Regulasi ODOL!
Ciao Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar Hino Ranger FLX 260 JW, Truk Trinton yang bisa membawa beban sebanyak 32 ton tanpa terbentur regulasi ODOL.


Kalau bicara seputar truk, mungkin truk dengan konfigurasi 6x2, 6x4 apalagi 4x2 sudah sangat biasa. Tetapi, pernah gak sih Gansis melihat truk dengan konfigurasi 8x2 atau trinton? 

Hino Ranger FLX 260 JW ini adalah salah satu truk dengan konfigurasi 8x2, artinya truk ini memiliki 4 gandar atau axle, dengan 2 axle belok, 1 axle penggerak dan 1 axle pengikut di belakangnya. Tentu, konfigurasi ini akan lebih unggul sebab efisiensi bahan bakar yang tinggi mengingat kapasitasnya yang juga tinggi pula. 


Spesifikasi dari Ranger FLX 260 JW sebenarnya standar-standar saja, tetapi ada beberapa yang spesial dari truk "trinton" satu ini. Spesifikasi dari Hino Ranger FLX 260 JW adalah:

- Mesin J08E-UF 6 silinder 7.684cc Turbo Intercooler, menghasilkan tenaga 260PS dan torsi 76kgm.
- Transmisi M009DD 8 speed dengan 1 gigi crawler dan 1 gigi mundur, final gear ratio 5,857.
- Dimensi panjang 11,95 meter, lebar 2,49 meter, wheelbase 3,85 meter dengan power steering,
- Jenis sasis ladder frame, standar truk.
- Suspensi rigid axle dengan leaf spring semi elliptic, dengan G.V.W mencapai 32 ton.
- Tangki solar 200 liter.


Truk ini dijual dengan chassis dan kabin saja, jadi bisa dikirim ke karoseri lalu dipasangkan body untuk memuat barang, mulai dari box besi, box eskrim, bak besi, bak kayu, dan lain sebagainya. Tetapi, tanpa karoseri pun Ranger FLX 260 JW ini bisa dipakai untuk berangkat kerja, karena sudah include dengan body depannya yang tertutupemoticon-Big Grin.

Mesin yang digunakan di Ranger FLX 260 JW ini adalah mesin legendaris Hino yang berkode J08E-UF, karena sudah dipakai di hampir semua lini produk Hino, mulai dari FM 260 JD, SG 260 T/H, RK8 R260, R260 AS, RN 285 dan lain-lainnya. Mesin yang memiliki 6 silinder berkubikasi 7.684cc ini mampu menyalurkan tenaga sebesar 260 PS dan torsi sebanyak 76kgm.


Teknologinya tentu standar-standar saja. Tak ada yang namanya ECU apalagi commonrail, itu tak ada. Hanya ada sistem yang sederhana tanpa commonrail, ECU dan teknologi canggih lainnya. Sistem di Hino FLX 260 JW ini kurang lebih sama seperti bus Hino R260 dan truk-truk seperti Hino FL 260 JW. Tetapi, dasbor dan setir, serta interior sudah lebih modern, dan truk ini sudah dilengkapi kursi bersuspensi udara, AC dan kamera mundur (CMIIW).

Untuk tangki solarnya tergolong sangat kecil, mengingat FLX 260 JW bersaing ketat dengan truk-truk trinton lainnya. Hanya 200 liter saja. Jika FLX 260 JW ini memiliki konsumsi BBM 1:3, maka dalam kondisi tangki full FLX 260 JW dapat menempuh jarak sejauh 600 kilometer saja.


Perawatan dari FLX 260 JW ini tergolong mudah karena memiliki teknologi yang sederhana dan tak canggih. Belum lagi, diler-diler Hino sudah tersebar di seluruh penjuru Tanah Air, sparepart juga banyak dan harganya terbilang murah.

Tentu, sebagai truk trinton berkonfigurasi 8x2, Hino FLX 260 JW ini bisa membawa beban hingga 32 ton. 32 ton adalah GVW maksimal dari truk ini, sementara berat kosongnya adalah 8,5 ton tak termasuk bak atau box, jadi truk ini bisa memuat 23,5 ton termasuk berat bak atau box. 


Sementara untuk urusan dimensi, sebenarnya masih sama dengan truk seperti FG 235 JU hanya saja memiliki 4 axle. Panjang totalnya mencapai 11,95 meter, lebar mencapai 2,49 meter dan tinggi kabinnya adalah 2,85 meter (tinggi kabin lho ya, bukan tinggi muatan, bak atau box). Sementara, panjang box/baknya mencapai 9,7 meter, sebenarnya standar saja untuk ukuran truk trinton.

Tetapi, tak ada kendaraan yang tak mempunyai kelemahan dan kekurangan. FLX 260 JW sebagai kendaraan yang hanya memiliki roda penggerak di belakang bagian tengah, akan kesulitan ketika melewati "peralihan" antara jalan datar dan tanjakan. Karena, ketika axle depan sudah diatas dan axle paling belakang menahan, axle penggerak akan sedikit "mengambang" atau "nggantung" kalau istilah awamnya. Traksi akan hilang dan jadilah spin.


Harga dari truk Hino FLX 260 JW ini adalah 930 juta rupiah off the road termasuk sasis dan kabinnya, belum termasuk bak/box. Jika ditotal dengan bak atau box, mungkin akan menyentuh harga di kisaran 960-970 jutaan rupiah off the road. Mengingat G.V.W truk ini yang sangat besar, sepertinya angka tersebut worthit untuk sebuah truk trinton.

FLX 260 JW ini baru diluncurkan beberapa hari sebelum thread ini dibuat. Tentu masih sangat jarang terlihat di jalanan (atau malah belum pernah). Wajar saja, sebagai truk baru tentunya masih sangat jarang orang yang memesan. Tetapi, semoga saja banyak deh yang mesan biar bisa liat langsungemoticon-Big Grin.


Jadi, gimana pendapat Gansis seputar FLX 260 JW ini? Berminat untuk membelinya? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yang salah! 

Sumber: 123
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh ulungrinjani 09-04-2021 06:05
nowbitoolpulaukapokBlueGuy.Banci
BlueGuy.Banci dan 19 lainnya memberi reputasi
20
5.9K
85
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.