• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Komentator Indonesia Darurat Literasi Hingga Memunculkan Hastag #GerakanMuteMassal

dewakere
TS
dewakere 
Komentator Indonesia Darurat Literasi Hingga Memunculkan Hastag #GerakanMuteMassal


Assalamualaikum

Sedang trending di twitter tentang gerakan mute massal dengan hastag #GerakanMuteMassal sebenarnya apa yang terjadi sih kok bisa sampai keluar tagar seperti ini yuk iita baca tread di bawah.



#GerakanMuteMassal sendiri muncul karena penikmat sepak bola Indonesia sedang jengah dengan tingkah komentator yang tidak mengedukasi para penonton malah mengeluarkan kata-kata unik serta aneh, mungkin pada awalnya sih kita akan terhibur dengan kata-kata yang seperti itu tapi semakin lama semakin kesini kita muak bahkan mendengarkan komentator sepak bola menjadi tidak ada esensinya.



Padahal komentator dalam sebuah pertandingan sepak bola sendiri adalah pemberi info, penyemangat bahkan bisa meningkatkan adrenalin kita ketika sedang menonton pertandingan. Deperti video diatas ketika comeback dramtis Liverpool melawan Barcelona di Anfield bahkan walaupun kita hanya menonton dari layar kaca kita bisa merasakan ketegangan dan hype yang sama ketika orang tersebut menonton langsung.



Beda dengan komentator dan juga caster-caster turnament Indonesia yang lebih banyak membahas hal-hal di luar pertandingan seperti gimmick, masalah pribadi, cinta bahkan sesuatu yang tidak ada hubungannya tentang pertandingan tersebut di bahas. Padahal kita kadang mendengarkan komentator agar bisa mendengarkan strategi, analisis bahkan anti taktik yang ada dalam pertandingan jika pertandingan sudah mulai kita hanya dengan mendengarkan saja sudah tahu bagaimana alur pertandingan yang sedang berlangsung.



Mudah-mudahan trending twitter ini menjadi tamparan bagi para komentator Indonesia yang menurut saya kurang literasi dan penelitian tentang pertandingan yang akan dia komentari. Kadang kata-kata jebret, ini bahaya atau yang lain memang perlu untuk menarik atensi dari sebuah pertandingan seperti kita berkaca pada turnamen The Internasional dimana casternya mengatakan "Ceeeeeeebbbb" pada sebuah moment krusial yang akhirnya menjadi ikonik tetapi tetap dia tidak lupa menjelaskan jalannya pertandingan tersebut

Saya rindu sekali dengan komentator-komentator kelas atas Indonesia seperti bang toel dan bung kus yang benar-benar mengetahui bagaimana taktik serta pertandingan sepak bola berlangung tidak asal jebrat, jebret dan gooool saja hehe dan jika agan ada kuota coba bandingkan video diatas dengan komentator di negara ini sungguh miris bukan ?


Quote:
Diubah oleh dewakere 13-04-2021 02:15
hammyhamzzaygilagilityc4punk1950...
c4punk1950... dan 45 lainnya memberi reputasi
46
16.2K
181
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.