News
Batal
KATEGORI
link has been copied
21
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6076fdcfdfc6354e573135ba/maruf-amin-ibadah-ramadhan-di-zona-merah-covid-19-boleh-quotrukhsahquot
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, mengatakan, daerah-daerah dengan angka kasus penularan Covid-19 tinggi atau zona merah boleh menggunakan prinsip rukhsah atau kemudahan dalam menjalankan ibadah Ramadhan. "Perlu disosialisasi bahwa untuk daerah yang masih tinggi penularan Covid-19 atau daerah yang masih merah, zona merah, itu dianjurkan untuk menggunakan rukhsah," kata di
Lapor Hansip
14-04-2021 21:35

Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"

Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, mengatakan, daerah-daerah dengan angka kasus penularan Covid-19 tinggi atau zona merah boleh menggunakan prinsip rukhsah atau kemudahan dalam menjalankan ibadah Ramadhan.

"Perlu disosialisasi bahwa untuk daerah yang masih tinggi penularan Covid-19 atau daerah yang masih merah, zona merah, itu dianjurkan untuk menggunakan rukhsah," kata dia, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Tradisi baik jelang Ramadhan perlu dilestarikan

Rukhsah merupakan kemudahan bagi umat Islam yang karena suatu alasan tidak dapat menunaikan ibadah wajib.

Ia menyebutkan kemudahan-kemudahan tersebut antara lain boleh tarawih di rumah, sehingga tidak perlu berkerumun di masjid atau di tempat umum yang dapat meningkatkan potensi penularan Covid-19.

Baca juga: Kegiatan Ramadhan di Bantul disesuaikan zona kasus COVID-19

"Kemurahan yang dibolehkan (ialah) tidak melakukan tarawih atau tadarus di tempat umum, di masjid-masjid; tetapi (menurut) anjuran Majelis Ulama Indonesia (MUI) ialah supaya dilakukan di rumah saja untuk menghindari daripada penularan," kata wakil presiden yang berlatar ulama itu.

Ia meminta masyarakat mematuhi anjuran MUI dan Pemerintah, untuk tidak menyebabkan kerumunan, sehingga bahaya penularan Covid-19 dapat ditekan dan dikendalikan supaya tidak meluas.

Baca juga: Masjid Amir Hamzah-Seniman TIM gelar pentas seni sambut Ramadhan

"Saya kira anjuran itu sangat benar sekali; karena tarawih itu sunah, tadarus itu sunah, tetapi menjaga daripada penularan (Covid-19) itu wajib," katanya.

Merujuk pada perkataan ulama asal Banten, Syekh Nawawi, dia mengingatkan kembali agar masyarakat ikut menjaga diri sendiri dan sesama dari bahaya Covid-19.

Baca juga: BMKG: Konjungsi awal Ramadhan terjadi pada 12 April

"Beliau mengatakan wajibnya menjaga diri, menjaga orang lain dari bahaya yang diduga akan datang. Kalau itu sudah wajib kita hindari, maka Covid-19 ini bukan lagi mazmumah melainkan diyakini, dipastikan adanya. Oleh karena itu, tentu kewajibannya lebih tinggi," ujarnya.


link


Ia meminta masyarakat mematuhi anjuran MUI dan Pemerintah, untuk tidak menyebabkan kerumunan, sehingga bahaya penularan Covid-19 dapat ditekan dan dikendalikan supaya tidak meluas.
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"
14-04-2021 21:37
Wapres satu agama doank...

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"
14-04-2021 21:46
Suka suka km lah. Lagian saya puasa jg gak demi km.
profile-picture
Somad.Monyong memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"
14-04-2021 21:46
Wapres rasa radikaL




emoticon-Traveller
SuweK
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Somad.Monyong dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"
14-04-2021 21:48
mau ibadah bergerombol ya silakan

itung-itung bantu seleksi alam emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pisangkepok008 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"
14-04-2021 22:00
Iya, istirahat ya kong, awas encok kumat
0 0
0
Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"
14-04-2021 22:01
Sehari cukup 1 pernyataan aja, itupun pernyataan internal
Sekarang sikat gigi, trus bobo. Jangan lupa pake pampers
profile-picture
profile-picture
pisangkepok008 dan reep1000 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"
14-04-2021 22:37
Kalau rukhsah bukannya harus diperbaiki?

Jangan sampai lah karena nila setitik, rukhsah susu sebelangga. emoticon-Cape d...
0 0
0
Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"
15-04-2021 01:51
Jangan lupa besok jumat ya kongemoticon-Ngakak
0 0
0
Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"
15-04-2021 04:25
Kadrun idola cebong2 emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"
15-04-2021 04:52
eh masih muncul dia? gw kira bakal vakum karena lemes atau gimana, dia puasa ga sih? emoticon-Wakaka
0 0
0
Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"
15-04-2021 05:24
agama di indonesia buat komoditi, di dunia pendidikan buat dapetin income tapi menggaji pegawainya rendah + siraman rohani.

di dunia pemerintahan dan politik, buat kepentingan mereka juga.


emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"
15-04-2021 05:26
Banyak yg berkerumun tuh
Aman2 aja dari kopit



Semut

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"
15-04-2021 07:08
Mohon maaf pak maruf ane kalo teraweh dirumah siapa yg jadi imam nya?? 😑

Beberapa tempat lain pada kebanjiran alhamdulillah kalo komplek ane baik baik aja pak selepas hujan di kala senja tiba..
Dan sholat teraweh pun di mesjid komplek lancar.. Sekalipun ibu ibu nya yg biasa teraweh udah gak nampak lagi disana wkkwk

Sholat di mesjid jaga jarak plus pake masker.. Itu cuma dua shaf doank terisi buat perempuan. Shaf laki laki 3shaf terisi..

Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"

(Sorry tempat ane gak zona merah.. Pasti ada yg gondok baca postingan ini kwkw..)
Diubah oleh bang.0don
0 0
0
Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"
15-04-2021 07:10
dasar sticker mobil...
0 0
0
Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"
15-04-2021 10:19
Wo.. Bisa ngomong tah kirain patung
0 0
0
Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"
15-04-2021 11:34
ban serep emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"
15-04-2021 15:01
Zona merah itu dimana saja ?? Yang mengawasi dan memastikan sabda Maaruf amin diikuti dan dilaksanakan siapa ??
Kalau tidak ada, berarti ini cuma sekedar omong kosong saja
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia