• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • Tips Penyemaian Bibit Cabai Dan Tomat Untuk Konsumsi Pribadi

yunda.meAvatar border
TS
yunda.me 
Tips Penyemaian Bibit Cabai Dan Tomat Untuk Konsumsi Pribadi



Assalamualaikum gan sis,

Tahes?



emoticon-Wow



Sudah tiga bulan ini harga cabai, tomat dan beberapa lainnya mengalami kenaikan. Namun yang sangat tinggi terjadi pada harga cabai, saat ini sudah menembus harga 80.000 – 100.000 rupiah. Dengan harga yang mahal itu namun barang tidak ada. Bagi gansis yang suka sambal dan masakan pedas lainnya tentu merasakan dampaknya, di tukang sayur pun satu plastik cabai isi 10 biji, dihargai 6500 rupiah, yang mana harga normalnya 2500 rupiah.
untuk menyiasati hal kelangkaan dan harga yang tinggi, sebetulnya kita bisa mandiri untuk kebutuhan cabai dan tomat. Karena perawatan yang mudah dan juga gampang tumbuh. Bagi gansis yang tidak memiliki lahan, bisa menggunakan media tanam seperti polybag, timba bekas ataupun pot, dengan syarat memiliki ukuran yang besar agar pertumbuhannya bisa maksimal dan menghasilkan cabai yang banyak.

Lalu bagaimana mendapatkan bibitnya?
Kuy, simak tips mengenai pembibitan yang bisa diaplikasikan untuk tomat atau cabai.


emoticon-Wagelaseh




Media tanam ;
**
Gansis bisa menggunakan tempat plastic yang agak dalam ataupun wadah lainnya yang mana dapat menampung diameter tomat. Pot pun bisa, makin besar makin baik agar dapat menampung semua dalam satu tempat. Gunakan tanah yang halus, tidak mudah keras. Ane sendiri mengayak tanah yang ane ambil dari pekarangan. Kalau gan sis punya sekam atau cocopeat, itu bisa juga.








Benih yang akan dipakai.
**
Tips
Tomat ;
gan sis cari yang ukurannya besar atau sedang, dengan kuliat luar yang bersih dan juga terlihat sudah matang sempurna hingga kematangan, ditandai dengan tekstur yang tidak padat. Dan warna merah yang agak gelap. Lalu belah tomat dengan tipis seperti di foto.

Cabai ;
Gansis pilih cabai yang besar, karena memiliki biji yang banyak.
Belah dan keluarkan bijinya dari kulitnya dan serat yang menempel.








Penempatan bibit
**
Tomat ;
Penepatan tomat yang dibelah, gansis bisa memberi jarak , atau gan sis bisa belah menjadi dua, agar menjadi setengah lingkaran. Lalu tempatkan pada wadah dengan jarak yang disesuaikan.

Cabai ;
Nah untuk cabainya, gansis bisa tata perbiji nya, dengan demikian bisa lebih teratur, beda dengan tomat yang mana masih mengumpul.

Selesai penempatan, gan sis bisa taburin lagi sampai bijinya tertutup, tidak terlalu banyak agar biji mudah munculnya. Lalu siram dengan air dengan cara di semprot atau di percik secara merata dengan menggunakan tangan. Hal itu dilakukan agar biji tidak berantakan karena terkena tekanan air yang terlalu banyak.

Setelah semua selesai, tempatkan wadah pada tempat yang naung, tidak terkena matahari secara langsung dan juga tidak terkena percikan air hujan. Dan sesuai pengalaman ane nih gan sis, biji akan mulai bertunas pada hari ke 3-5 setelah penyemaian.




**cabai**








Memindahkan bibit ke wadah lain.
**
Yang perlu diperhatikan nih gan sis, untuk tomat yang tumbuh berdempetan, gan sis bisa memindahkan bibit saat bibit sudah memiliki daun sejati. Dengan cara mencongkel agak dalam agar tidak mengenai akar, lalu pisahkan bibitnya dan tanam dengan hati hati agat batang tidak tergores dan luka.









Spoiler for cabai:










Gimana gan sis? tertarik untuk mencoba? Semoga sukses dan jadi Bandar cabe tomat.
emoticon-Wow
danke





Spoiler for sumber referensi:










Diubah oleh yunda.me 18-03-2021 02:14
alizazet
rifaye
ogahruwet
ogahruwet dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
Tanaman
icon
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.